Cara Optimasi Instagram Marketing untuk Bisnis

Cara Optimasi Instagram Marketing untuk Bisnis

Cara Optimasi Instagram Marketing untuk Bisnis

Instagram adalah salah satu platform sosial media paling populler selain facebook dan twitter. Melihat banyaknya instagram user yang ada di Indonesia membuat beberapa pemilik usaha melakukan optimasi instagram untuk menambah jumlah konversi pada produk yang mereka jual.

Jika pelanggan Anda adalah generasi milenial dan generasi Z, instagram memang bisa menjadi salah satu strategi sosial media marketing yang hukumnya wajib. Mengabaikan hal ini sama saja dengan mengabaikan jutaan transaksi yang mungkin akan terjadi.

Dari latarbelakang ini tentu saja optimasi instagram adalah salah satu strategi marketing yang harus Anda persiapkan.

 

Cara Melakukan Optimasi Instagram

Lalu bagaimanakah cara optimasi Instagram  marketing untuk bisnis yang mudah dengan biaya murah? Berikut kami hadirkan beberapa tipsnya.

 

1. Content Marketing

Pertama Anda harus menyiapkan strategi content marketing untuk akun instagram Anda. Tidak bosan-boasannya kami sampaikan bahwa content marketing bukanlah membuat konten untuk jualan, namun definisi content marketing jauh lebih luas.

Content marketing adalah strategi untuk merencanakan, menerbitkan, dan mendistribusikan konten yang tujuannya untuk memperkenalkan produk Anda kepada audiens.

Jadi didalamnya ada banyak tahapan dimulai mencari ide konten, melakukan publikasi, dan bagaimana caranya agar konten itu sampai pada audiens.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat content marketing, beberapa hal penting tersebut seperti:

  • Konten harus bisa menjelaskan diri Anda, bangun citra yang baik produk Anda melalui konten tersebut.
  • Pilihlah topik yang relevan dengan audiens Anda.
  • Tema harus beragam, Anda harus memiliki perbandingan yang tepat terkait tema tersebut, misalnya antara tema edukatif dan jualan, maka perbandingannya bisa 5 : 1, atau 3 : 1, dan sebagainya.
  • Utamakan kualitas konten.

Rencanakan konten instagram Anda, setelah itu Anda bisa lanjut kepada hal penting lainnya.

 

2. Tujuan yang Jelas

Jika konten sudah Anda tentukan, lanjut pada cara optimasi Instagram yang kedua yaitu menentukan tujuan. Beberapa tujuan yang kami maksud disini seperti meningkatkan follower, meningkatkan interaksi dengan follower, meningkatkan konversi, dan lain sebagainya.

Dengan tujuan yang jelas akan membuat Anda lebih mudah dalam membangun roadmap strategi optimasi ig yang akan Anda jalankan. Umumnya, tujuan dari pengembangan akun instagram adalah seperti ini:

  • Meningkatkan Follower: ini adalah tujuan yang seharusnya dilalui oleh siapa saja, khususnya mereka yang baru saja memanfaatkan instagram untuk jualan. Tanpa adanya follower, konten yang Anda buat tidak akan sampai pada audiens.
  • Membangun Brand Awareness: ketika Anda sudah memiliki follower namun tingkat konversi masih rendah, Anda bisa menggunakan tujuan ini, fungsinya untuk meningkatkan kesadaran pelanggan kepada produk Anda. Baca materi cara meningkatkan brand awareness yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu.
  • Meningkatkan Konversi: sebenarnya ini adalah efek dari dua tujuan diatas, jika dua tujuan diatas sudah tercapai, biasanya tujuan yang ketiga ini akan mengikuti, namun jika tidak Anda bisa melakukan beberapa perubahan agar konversi menjadi lebih tinggi.

Buat tujuan Anda, dan gunakan hal tersebut untuk membangun strategi yang akan Anda jalankan.

 

3. Karakter yang Kuat

Tentukan karakter dari sosial media Anda, ini penting agar strategi optimasi instagram Anda berhasil. Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa karakter adalah point penting selain kualitas yang memiliki pengaruh cukup besar, terlebih jika terlebih jika usaha Anda bersifat entertain.

Ingin contoh yang lebih jelas?

Anda sudah kenal dengan tiketdotcom? Jika Anda sering mengikuti mereka, entah mengikuti sosial medianya, iklannya, atau websitenya, Anda pasti akan sadar bahwa mereka selama ini menonjokan satu karakter yang cukup kuat.

Anak muda, fun, lucu, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan milenial.

Ketika Anda akan memilih karakter, usahakan sesuai dengan audiens atau follower Anda. pastikan karakter yang Anda bangun sesuai dengan minat mereka. Anda bisa membaca materi ini lebih lengkap di halaman belajar strategi sosial media marketing.

 

4. Gunakan Hastag

Sebenernya ini bukanlah sesuatu yang jarang diketahui, hampir sebagaian besar pengguna instagram juga memanfaatkan salah satu fitur yang kini sudah sudah ada pada setiap sosial media yaitu hastag.

Cari hastag yang sesuai dengan akun instagram Anda, atau konten yang sedang Anda buat.

Fungsi hastag tidak hanya untuk membuat konten Anda terlihat lebih keren, namun juga bisa memicu terjadi interaksi dari pengguna diluar (yang belum menjadi follower Anda) di konten, dan juga bisa menambah jumlah follower.

 

5. Setting Lokasi

Akun sosial media tidak hanya digunakan untuk ajang pamer, kadang ia juga digunakan untuk mencari informasi. Selain hastag, pencarian informasi yang dilakukan oleh pengguna sosil media, termasuk instagram adalah dengan memanfaatkan lokasi.

Misalkan Anda ingin pergi ke restoran A, dan ingin tahu seperti apa suasananya. Jika Anda tidak tahu akun resminya, tentu saja Anda bisa mendapatkan gambaran ini melalui postingan pengguna lain.

Ketika hastag tidak berhasil menemukan, biasanya orang akan mencarinnya melalui lokasi. Hal inilah yang membuat kami menyarankan untuk selalu mensetting lokasi pada setiap konten instagram Anda.

 

6. Jadwal Posting

Dan cara optimasi Instagram yang terkahir adalah menentukan jadwal posting untuk akun instagram Anda. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa akun yang sering atau berlebihan dalam posting konten akan membuat followernya bosan yang akhirnya unfollow.

Begitu juga sebaliknya, akun instagram yang jarang posting konten perlahan akan ditinggalkan.

Cobalah mencari jadwal posting yang tepat, lakukan itu secara konsisten, dan lihat pergerakan akun isntagram Anda yang perlahan naik. Dari yang kami pelajari, konsisten dalam update konten juga akan menambah jumlah follower instagram.

 

Kesimpulan

Instagram adalah salah satu sososial media yang cukup potensial untuk melakukan pemasaran. Selain hemat anggaran, instagram juga akan membuat hubungan antara konsumen dan perusahaan lebih dekat.

Anda hanya perlu konten yang menarik, strategi yang jitu, dan waktu untuk melakukannya. cara optimasi Instagram marketing untuk bisnis yang kami hadirkan ini bersifat umum, dibutuhkan beberapa inovasi yang sesuai dengan akun instagram Anda agar hasilnya optimal.

belajar digital marketing untuk pemula

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan