Panduan Cara Optimasi SEO On Page dari A – Z [TERLENGKAP]

cara optimasi on page SEO

Panduan Cara Optimasi SEO On Page dari A – Z [TERLENGKAP]

Bagi yang bergelut dibidang SEO, pasti menyadari betapa pentingnya melakukan optimasi SEO on-page. Karena on page memang bagian paling penting, bahkan kita bisa melupakan hal lainnya jika website kita memiliki on-page yang bagus.

Jika dibandingkan dengan dulu, SEO On-page sudah berkembang sangat luas, maka dari itu penting selalu mengetahui dan update terbaru tentang hal ini.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai SEO on page, mulai dari pengertian umumnya, seberapa pentingnya, hingga sepuluh elemen penting dari on-page SEO .

Artikel kali ini akan sangat panjang, jadi pastikan anda memiliki waktu, atau bookmark dulu dan baca pada saat anda memiliki waktu luang. Selamat membaca, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar.

Apa itu SEO On Page dan Seberapa Pentingnya?

SEO on page adalah optimasi halaman web untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari yang berfokus pada website itu sendiri.

Disebut juga dengan on-site SEO, teknik ini mencakup mengoptimasi headline, internal link, tags HTML (berupa judul, meta, dan header), hingga  desain.

Secara sederhana, optimasi SEO on-page berguna untuk membantu mesin pencari memahami website secara keseluruhan, termasuk mengidentifikasi apakah konten tersebut relevan dengan pertanyaan oleh pengguna mesin pencari.

Bagaimana SEO On-page Bekerja?

Diatas sudah saya katakan bahwa ini adalah bagian yang paling penting. Optimasi off-page tidak akan bermanfaat jika Anda melupakan hal yang satu ini.

Lalu bagaimana cara kerja SEO on page yang membuatnya sangat penting?

Contohnya seperti ini, ketika Anda melakukan update konten, maka mesin pencari akan segera melakukan crawling untuk mengambil inti sari dari konten yang Anda posting.

Jika Anda tidak menerapkan SEO onpage dengan baik, maka mesin pencari kesulitan untuk menemukan konten baru tadi.

Apa yang terjadi?

Robot google gagal dalam memahami konten website anda, dan akhirnya diabikan begitu saja, meskipun sajian konten anda berkualitas. Hal inilah yang membuat SEO on site begitu penting, dan optimasi SEO off page juga tidak akan bekerja jika hal ini tidak kita lakuan.

10 Cara Optimasi SEO On Page Website

Dalam on-page SEO terdapat sepuluh elemen penting yang dapat membantu meningkatkan konten Anda dan menaikkan rangking, trafik, dan juga konversi. Kesepuluh cara optimasi SEO on page tersebut akan dibahas satu-persatu di bawah ini.

1. E-A-T

Apa Sebenarnya E-A-T dan Bagaimana Menggunakannya untuk Menaikkan On-Page SEO?

Faktor pertama adalah E-A-T yang merupakan kependekan dari Expertise Authoritativeness and Trustworthiness.

E-A-T adalah sebuah kerangka yang digunakan oleh Google untuk menilai keseluruhan konten, webpage, dan website anda.

Dan tentu saja, E-A-T berperan dalam hasil pencarian di Google.

Apa itu E-A-T (Expertise Authoritativeness and Trustworthiness)?

Sebelum menilai pentingnya E-A-T, mari lihat setiap faktor dalam E-A-T secara individual.

  • Expertise

Apakah pembuat konten Anda termasuk orang yang ahli? Google tentunya ingin menampilkan konten yang informatif dan menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya.

Sehingga Google tidak mau memberi penggunanya konten atau website yang tidak benar atau menyesatkan. Maka dari itu, pembuat konten harus memiliki nilai Expertise.

Pastikan bahwa pembuat konten pada website Anda adalah orang-orang yang ahli dan melakukan sedikit research mengenai subjek yang ditulis dan juga fast checking. Jika Anda masih kesulitan, gunakan jasa penulisan artikel dari Jawarakonten.

  • Authoritativeness

Jika expertise adalah mempunyai keahlian atau pengetahuan tertentu, maka authoritativeness (keberwenangan) berarti apa  mereka memiliki wewenang atas topik tersebut. Jika iya, biasanya anda mendapatkan pengakuan atas expertise tersebut.

Pengakuan tersebut bisa didapatkan dalam bentuk link, review, share, mentions, atau kutipan apapun. Bisa dibilang, authoritativeness adalah reputasi online Anda. Maka, untuk meningkatkan reputasi tersebut Anda perlu membuat konten yang bermanfaat.

  • Trustworthiness

Google hanya ingin merangking website dan konten yang dapat dipercaya. Orang-orang harus mempunyai rasa percaya terdapat website Anda dan konten apapun yang tersedia di dalamnya.

Untuk meningkatkan pekercayaan, bisa dengan menyoroti surat kepercayaan dari content creator website Anda. Selain itu, juga dengan testimoni, penghargaan, endorsements, dan faktor lain.

Pentingnya Meningkatkan E-A-T Website Anda

E-A-T merupakan hal penting dalam strategi SEO Modern. Konten atau halaman yang berkualitas tinggi akan mempunyai tingkat E-A-T yang tinggi pula.

Sebaliknya pula, E-A-T yang rendah berarti konten yang buruk. Konten buruk berarti SEO juga buruk.

Dengan SEO yang buruk, maka Anda dapat kehilangan trafik dan konversi yang bernilai karena rangking yang rendah.

Jadi, bagaimana caranya memastikan website Anda berkualitas tinggi dengan tingkat E-A-T yang tinggi? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

  • Identifikasi Diri

Anda pasti sering menemui blog yang kontennya ditulis oleh Admin atau Anonim. Apabila pembuat konten ditulis seperti ini, maka tingkat kepercayaan pada website dapat menurun. Maka dari itu, letakkan nama penulis dari setiap pembuat konten Anda.

Itulah artinya profesional.

Anda bahkan bisa membuat halaman sendiri yang berisikan biografi pembuat konten termasuk karya terdahulunya.

  • Buat Kontak Info

Karena E-A-T mengevaluasi website secara keseluruhan, maka buatlah detail agar pelanggan dapat menemukan kontak info atau customer sevice dengan mudah.

Pastikan untuk membuat link “About us” atau “Contact us“.

Terlebih jika website Anda adalah website perusahaan, about us akan sangat membantu pengunjung untuk mengenal perusahaan Anda, dan akhirnya menghubungi Anda melalui halaman contak.

  • Hapus atau Tingkatkan Konten Kualitas Rendah

Jika Anda mempunyai konten yang sudah tidak bermanfaat atau mungkin memang karena begitu buruk sehingga tidak perlu buang-buang waktu untuk ditingkatkan, maka cara terceoat untuk meningkatkan E-A-T adalah dengan cara menghapusnya.

Anda harus bisa memutuskan untuk menghapus atau meningkatkan konten yang sudah ketinggalan.

2. Optimasi Title Tag

Title <title> tag adalah HTML tag yang ada di head section setiap website. Title tag berisikan petunjuk atau konteks apa yang menjadi subject matter dari website tersebut.

Title tag tidak terlihat seperti konten web lainnya atau given page.

Bahkan, title tag bukanlah elemen visual yang langsung dapat dilihat oleh pengguna dalam suatu webpage. Ini adalah apa yang dilihat oleh robot mesin pencari untuk mengidentifikasi konten Anda.

Title tag memang memiliki efek yang kecil terhadap peringkat, namun Anda tetap harus memperhatikannya. Apalagi jika konten Anda berkualitas rendah, optimasi Title tag akan sangat bermanfaat untuk website anda secara keseluruhan.

Berikut ini adalah aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mengoptimasi title pag Anda.

  • Konteks Halaman dalam Situs

Sebelum membuat title tag yang teroptimasi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu akan diletakan pada halaman mana di dalam keseluruhan hierarki website.

Memetakan situs untuk mengetahui dimana setiap halaman masuk dalam konteks subjek sangat penting dilakukan. Ini akan membuat halaman website Anda lebih rapi dan mudah di jelajahi oleh pengguna.

Semakin dalam halaman yang dituju dalam website, maka seharusnya semakin spesifik pula konteksnya.

Contoh

Home page

jasa digital marketing

Kategori Produk

SEO

Sosial Media

Advertising

Halaman Produk

SEO

Jasa SEO

Jasa Page Speed

Jasa Artikel

Sosial Media

Jasa Instagram

Jasa Facebook

Jasa Twitter

Advertising

Jasa Fbads

Jasa Instagram ads

Jasa Google Adwords
  • Keterkaitan antar Topik dalam Website

Selanjutnya, untuk mengetahui dimana setiap halaman berada dalam hirariki website, Anda perlu mengevaluasi setiap konten yang akan dibuat.

Anda sebaiknya menggunakan kata dalam suatu tittle tag yang juga digunakan di bagian-bagian penting lainnya seperti bagian bandan konten, alt gambar, deskripsi meta, dan URL.

  • Tags yang Unik

Ketika beberapa laman memiliki tags yang sama, hal tersebut justru tidak berguna bagi mesin pencari maupun penggunanya. Terkait duplikate tags, biasanya akan ada laporan di search console.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengetahui bagian mana aja yang terdapat duplicate dan memperbaikinya.

  • Keyword yang Tepat

Mengetahui apa yang pelanggan cari dan seberapa jauh mereka mencari merupakan hal penting dalam optimasi tittle tag.

Tujuan optimasi title tag adalah untuk mencocokkan kata yang Anda gunakan pada konten website dengan apa yang sedang dicari pengguna. Temukan keyword tersebut, dan gunakan pada saat membuat konten.

Terkait hal ini, saya sudah menjelaskan lebih detil di panduan cara riset keyword.

  • Call to Action dalam SERP

Title tag akan muncul sebagai link biru dalam SERP (Serach Result Page). Anda harus bisa memanfaatkan title tag ini sebaik mungkin, temukan frasa yang paling tepat yang pada akhirnya membuat pengguna segera melakukan klik pada judul Anda.

optimasi title tags

Ketika menulis titke tag, ingat bahwa title tag akan dipotong Google sebanyak 70-71 karakter. Pengguna tidak akan melihat kata melebihi jumlah tersebut.

Maka dari itu, letakkan kata dan frasa penting dan jadikan ringkas namun juga jelas. Title tag harus cocok dengan maksud pengguna untuk mendapat klik dari mereka.

Jika Anda memiliki banyak produk, bisa dibuat pada halaman terpisah. Dengan begitu, title tag Anda akan tetap optimal.

  • Jangan Berlebihan

Hindari penggunaan title tag yang berlebihan seperti pengulangan yang pada akhirnya terlihat seperti spam.

Selalu ingat, Google sekarang ini bukan melihat dari seberapa banyak keyword tersebut diulang, melainkan dari konteks konten secara keseluruhan.

Pilih kata yang jelas dengan topik konten tersebut dan jangan berlebihan atau menggunakan pengulangan kata.

3. Memaksimalkan Meta Deskripsi

Elemen selanjutnya yang penting dalam SEO on page adalah meta deskripsi. Meta deskripsi adalah atribut HTML yang berisikan deskripsi atau penjelasan mengenai website Anda. Lihat gambar diatas.

Meta deskripsi tertera dalam SERP dibawah judul laman.

Meta deskripsi memang tidak membantu rangking, tetapi ada beberapa meta deskripsi yang juga dikategorikan sebagai hal penting. Meta deskripsi yang ditulis dengan baik dan dioptimasi dapat berguna menaikkan daya tarik website yang akirnya trafik akan mengalami peningkatan.

Meta deskripsi yang baik mempunyai jumlah karakter sebanyak 160-165 atau 156-160 tergantung siapa yang diajak bicara. Jumlah ini membantu menghindarkan dari pemotongan jumlah karakter pada SERP.

Dalam melakukan riset SERP, pasti akan ada keyword yang mencolok.

Padahal Google sendiri berkata bahwa keyword dalam meta deskripsi tidak berpengaruh pada rangking. Tetapi, meta deskripsi akan menarik pembaca kepada hasil yang paling relevan dengan pertanyaan mereka.

Jika meta deskripsi Anda mampu membuat puas keinginan pelanggan dibanding hasil yang lain, maka tinggal bagaimana caranya menarik perhatian mereka untuk mengelik pada hasil website Anda.

Salah satu caranya adalah menyisipkan keyword yang kemungkinan akan di higlight oleh Google.

Dalam membuat meta deskripsi, Anda juga bisa memanfaatkan hal-hal yang sedang trending. Perbanyaklah berlatih agar tidak jatuh dalam menulis meta deskripsi yang sama terus-menerus.

Selain itu, selalu buat meta deskripsi Anda lebih spesifik. Meta deskripsi yang mengandung kata-kata yang umum atau general dapat mematikan calon pelanggan.

4. Penulisan Headline

Elemen lain dalam panduan cara Optimasi SEO on page adalah headline.

Lalu, bagaimana cara menulis headline yang baik?

Tentunya yang pertama adalah dengan meletakkan keyword yang tepat dengan volume pencarian paling banyak. Jadikan headline Anda relevan dengan kandungan keyword dan mendemonstrasikan nilai dari konten secara keseluruhan.

Jika Anda kebingungan headline seperti apa yang harus dibuat, cobalah untuk menulis berbagai headline. Anda juga bisa melihat headline yang dibuat oleh pesaing Anda.

Bukan untuk menconteknya, tetapi jadikan inspirasi untuk mendapat ide bagi headline Anda sendiri.

Ingatlah bahwa headline yang baik tidak harus selalu panjang.

Headline yang pendek dan terus terang justru lebih baik. Anda bahkan bisa menambahkan kutipan dalam headline Anda. Headline dalam bentuk pertanyaan juga bisa Anda pertimbangkan.

Selain itu, headline tidak melulu soal kata. Anda bisa menambahkan data statistik atau angka pada headline Anda. Terkadang Anda juga bisa membuat headline Anda berhuruf kapital semua. Tidak selalu, tapi beberapa artikel saja sudah cukup.

5. Memanfaatkan Header

Header tags juga menjadi salah satu elemen penting dalam SEO on page. Anda juga perlu mengoptimasi header dan melatih bagaimana memanfaatkan atau menggunakan header.

Header berguna untuk menyediakan struktur dan konteks dalam artikel. Setiap header dapat memberikan ide kepada pembaca mengenai informasi apa yang akan didapat selanjutnya.

Selain itu, header yang memisahkan teks dapat membantu pembaca untuk scanning atau membaca cepat. Faktanya, para pembaca internet lebih banyak melakukan scanning dibanding membaca tiap kata dalam web.

Ketika artikel anda berkualitas dan pembaca bisa scanning dengan mudah, maka pelanggan akan lebih betah untuk membaca dalam website tersebut dibanding kembali lagi ke laman pencarian Google. Bouncerate menjadi rendah dan rangkin akan meningkat.

Anda juga bisa menambahkan keyword dalam header Anda.

Tidak harus seluruhnya dan terkesan spamming, namun cukup beberapa saja. Kemudian, jangan gunakan banyak H1, satu saja sudah cukup.

Terakhir, buatlah header Anda semenarik mungkin.

Aturan ini tidak hanya berlaku untuk halaman utama, tetapi juga seluruh isi konten Anda. Buat header yang baik dan menarik, terutama h1, karena h1 lah yang disadari oleh pengunjung bahkan bisa menentukan apakah pengunjung akan lanjut membaca atau tidak.

6. Teknis SEO Dalam Menulis Artikel

Kesuksesan suatu website tidak hanya dinilai dari cara anda mengerjakan SEO on page ataupun off-page, tetapi juga karena seni dalam menulis itu sendiri.

Baca Juga : Apa Itu Google RankBrain?

Bukankah pengunjung senang dengan isi konten yang menarik, mudah dipahami, dan bermanfaat? Istilah Konten adalah RAJA tentu sudah sangat sering anda dengar.

Tips Menulis Konten SEO

Untuk mulai meningkatkan SEO writing Anda, berikut ada beberapa hal penting yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam menulis.

  • Hal-hal Dasar

Hal paling mendasar dalam penulisan SEO adalah mempelajari keyword. Tulisan Anda perlu disertai dengan keyword. Anda perlu melakukan riset dan pelajari tingkat persaingan keyword tersebut.

Letakkan keyword di tempat-tempat penting seperti title tag, headline, dan meta deskripsi.

Tidak hanya keyword utama, namun Anda juga bisa memasukkan keyword yang berkaitan dengan keyword utama.

  • Keahlian Mengarang

Anda harus berlatih menulis dengan rutin. Tulis, lalu ulangi lagi, tulis lagi, ulangi lagi hingga benar-benar artikel anda menarik untuk dibaca. Anda bisa juga menggunakan outline dan rancangan dengan menetapkan headline dulu.

Berlatihlah menulis setiap hari kalimat demi kalimat. Ini akan membuat Anda lebih mahir dalam menulis.

Seorang penulis juga seorang pembaca. Maka dari itu, sempatkan untuk selalu membaca dan menambah referensi.

Anda juga bisa mulai berpikir seperti jurnalis dengan mengedepankan pertanyaan 5W+1H, dan buat tulisan seperti itu. Tapi bukan berarti 5W+1H dijabarkan dalam satu paragraf.

Jika Anda merupakan seorang yang bersahabat dengan deadline, maka hal itu tidak mengapa. Tapi, sebaiknya Anda bisa memecah proyek yang panjang menjadi beberapa bagian pendek agar terasa lebih mudah dan ringan.

Jangan lupa untuk selalu mengecek fakta dalam tulisan anda agar semakin menambah kredibilitas. Karena kredibilitas merupakan hal yang sangat penting dalam SEO on page. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek ejaan dan penulisan.

  • Bentuk Tulisan

Buatlah tulisan yang kuat pada awal dan akhir paragraf. Tulis apa adanya dan hindari menggunakan kata-kata yang tidak bermakna. Gunakan berbagai kalimat panjang dan pendek bergantian.

Selain itu, lebih seringlah menggunakan paragraf pendek untuk memberi ruang bagi pembaca mencerna kalimat anda.

7. Hindari Keyword yang Sama

Salah satu masalah dalam SEO on page adalah kanibalisasi keyword.

Istilah apa itu?

Apakah keyword satu dan lainnya saling memakan?

Kurang lebih seperti itu, lebih tepatnya keyword satu dan lainnya dalam satu website saling bersaing di mesin pencari.

Kanibalisasi keyword terjadi apabila banyak halaman dalam website Anda dioptimasi dengan keyword yang sama.

Misalnya, jika Anda mempunyai website yang menjual sepatu dan “sepatu” adalah satu-satunya keyword Anda, maka sama saja Anda memberi tahu Google bahwa setiap halaman tentang sepatu, tidak peduli meskipun ada sepatu basket, sneakers, dll.

Dengan adanya kanibalisasi keyword, sama saja Anda mengurangi otoritas website Anda sendiri. Karena Anda membuat halaman tersebut saling bersaing satu sama lain.

Selain itu, keyword lah yang membantu Google memahami website Anda. Jika keyword sama semua, maka Google akan mencoba memahami halaman mana yang lebih cocok, dan jika konten Anda terlalu mirip, mungkin bisa saja menjadi kesalahan.

Hal ini juga semakin penting karena beberapa waktu lalu Google mengumumkan kalau di SERP, satu website maksimal hanya akan mendapatkan dua posisi.

Adanya keyword yang sama juga menjadi tanda bahwa halaman Anda kualitasnya cukup rendah, juga sebagai sinyal kepada Google bahwa konten Anda mungkin tidak cocok dengan keyword Anda pada setiap halaman.

Cara Memperbaiki Pengulangan Keyword

Sebenarnya untuk mengidentifikasi adanya kanibalisasi keyword caranya cukup mudah. Anda tinggal membuat spreadsheet yang memuat daftar seluruh URL penting situs Anda dan keyword yang berhubungan dengannya.

Anda juga bisa menggunakan alat keyword mapping.

Setelah melihat seluruh daftar tersebut, jika Anda menemukan keyword yang sama atau terduplikat, maka Anda terkena kanibalisasi keyword.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Ada cara mudah untuk memperbaiki kanibalisasi keyword.

  • Restruktur Website Anda

Solusi paling sederhana adalah dengan membuat halaman paling resmi Anda menjadi landing page yang menautkan ke berbagai variasi lain yang berada di bawah target keyword Anda.

  • Membuat Landing Page Baru

Anda juga bisa membuat landing page baru sebagai sumber halaman paling resmi dan dapat menautkan kepada seluruh variasi Anda dari situs.

  • Gabungkan Konten Anda

Jika halaman Anda tidak cukup unik untuk menjamin beberapa halaman dengan target keyword yang sama, Anda mungkin bisa menggabungkan konten-konten tersebut dalam satu halaman. Hal ini juga bisa mengurangi isu kurang atau tipisnya konten.

  • Cari Keyword Baru

Jika Anda sudah memiliki halaman dengan banyak isi konten yang beragam dan satu-satunya masalah Anda adalah kurangnya strategi dalam perencanaan keyword, maka Anda tinggal membuat keyword baru yang mendeskripsikan konten Anda secara akurat.

8. Audit Konten Secara Berkala

Kebanyakan pembuat konten lebih sibuk membuat konten baru lalu selalu lupa untuk mengedit konten mereka yang lama. Padahal, konten audit penting juga dilakukan dalam SEO on page.

Ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya melakukan konten audit.

  • Tujuan

Apakah konten Anda sudah mencapai target dan tujuan yang sudah ditetapkan? Apakah Anda mendapat ROI dari konten yang sudah produksi? Anda tidak akan mengetahuinya kecuali dengan mengukur performa konten Anda dan melakukan audit secara rutin.

  • Konten yang Outdated

Ada kemungkinan bahwa konten yang sudah Anda buat outdated atau sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Tentu itu bukan salah Anda karena konten yang Anda buat 2 tahun lalu bisa sesuai dengan tahun ini.

Maka dari itu, dengan melakukan audit Anda bisa mengetahui konten outdate tersebut dan melakukan sedikit perubahan.

  • Informasi yang Salah

Semakin berumur konten Anda, maka fakta dan data yang dulu digunakan mungkin sudah tidak relevan lagi dan bisa menjadi tidak akurat. Melakukan audit secara reguler mampu membantu menjaga keakuratan konten Anda dan menjaga reputasi website Anda.

  • Mengetahui Apa yang Berhasil

Jika Anda tidak pernah melakukan audit, bagaimana Anda akan tahu tentang konten mana yang paling sukses diantara semua postingan Anda? Anda bisa kembali kebelakang sebentar untuk melakukan audit dan mengetahui konten mana yang paling baik dan mana yang paling buruk.

Beberapa metrik yang membutuhkan audit dalam website Anda adalah organic traffic, bounce rate, backlinks, time on page, unique visitors, pages per session, traffic sources, conversions, hingga pelanggan baru dan yang kembali lagi.

9. Optimasi Gambar

Tanpa optimasi gambar, Anda menyia-nyiakan aset SEO on page yang sudah Anda bangun. Tidak banyak pemilik website yang memanfaatkan gambar, padahal gambar juga bisa menjadi jalan bagi trafik.

Maka dari itu, inilah beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk mengoptimasi gambar.

  • Pilih Format yang Tepat

Bagi sebuah website, format gambar yang paling umum digunakan adalah PNG dan JPEG. Format PNG menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik, tetapi ukuran file-nya lebih besar.

Sedang dengan JPEG kualitas gambar bisa menurun, tetapi Anda bisa mengatur kualitas untuk menemukan keseimbangan.

  • Kompress Gambar Anda

Gambar memakai ruang sebesar 21% dari total seluruh beban website. Oleh karena itu, Anda perlu kompress gambar sebelum diupload ke website. Dengan gambar yang telah terkompress, kecepatan website dapat meningkat hingga 33% atau 2 detik.

  • Buat Gambar yang Unik

Jika gambar Anda sama saja dengan ribuan situs lain, maka website Anda tidak akan mencolok. Semakin orisinal gambar Anda, maka akan semakin baik bagi pengguna dan dapat meningkatkan peluang Anda dalam rangking dan pencarian yang relevan.

  • Hati-hati dengan Copyright

Apapun gambar yang ingin Anda masukkan nanti, hati-hatilah dengan konflik karena hak cipta. Sebagai alternatif, Anda dapat mengambil gambar dari situs yang menyediakan gambar gratis.

  • Nama file Gambar

Anda juga perlu mengganti nama file dari gambar yang akan dimasukkan. Nama yang baik dapat memudahkan pengunjung dan mesin pencari memahami gambar.

Misalnya, jika ada beberapa gambar sepatu yang akan dimasukkan, jangan namai file dengan nama “sepatu” kemudian “sepatu1”, “sepatu2” dst. Cobalah untuk menggantinya, mungkin anda bisa menamai dengan “sepatu khusus basket” misalnya.

  • Alt Text yang SEO-Friendly

Dalam dunia website dan SEO on page, alt text adalah teks alternatif bagi gambar ketika browser tidak dapat menampilkannya. Alt text berfungsi untuk mendeskripsikan isi kontem dari gambar tersebut.

Menambahkan alt text yang baik dapat membantu website Anda mencapai rangking yang lebih baik di mesin pencari dengan keyword yang diasosiasikan dengan gambar.

  • Page Title and Description

Goofle menyebutkan bahwa mereka juga menggunakan judul dan deskripsi sebagai bagian dari algoritma pencarian gambar. Maka dari itu, semua dasar-dasar SEO on page seperti metadata, header, struktur data, dan lainnya berpengaruh pada cara Google merangking gambar Anda.

  • Buat Gambar lebih Mobile-friendly

Anda sebaiknya menggunakan gambar yang responsif. Artinya, gambar dapat menyesuaikan ukuran pada perangkat yang digunakan pengguna, baik desktop atau telepon.

  • Tambahkan Gambar pada Sitemap

Anda juga perlu menambahkan gambar pada sitemap Anda. Meletakkan gambar pada sitemap dapat membantu menaikkan kesempatan untuk mesin pencari melakukan crawling dan indexing gambar Anda. Sehingga, akan ada hasil lebih pada trafik situs Anda.

10. User Engagement

Ada Google yang tanpa lelah megupdate sistem algoritmanya untuk menyesuaikan dengan minat pengunjung. Padahal, minat ini yang selalu berubah dengan cepat bahkan tidak dapat diikuti oleh Google.

Anda bisa kehilangan calon pengunjung jika Anda kehilangan perhatian mereka.

Sehingga, keterkaitan Anda dengan pengunjung adalah hal penting dalam SEO on page. Untuk meningkatkannya, Anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut.

  • Site Speed

Website dengan kecepatan loading yang lambat merupakan musuh besar bagi para pengunjung. Maka dari itu, selalu berusahalah untuk menaikkan kecepatan website Anda.

Cara yang bisa Anda coba adalah mengoptimasi gambar, menyerdehanakan kode halaman, mengaktifkan browser caching dll.

  • User Experience

Berikan pengunjung Anda waktu dan pengalaman terbaik, maka mereka akan kembali dengan sendirinya. Bagaimana caranya? Dengan meminimalisir popups, membuat desain yang menarik, load dengan cepat, dan memperbaiki segala eror secepat mungkin, dan konten yang berkualitas.

Jangan lupa, pesan artikel berkaulitas Anda di Jawarakonten

  • Mobile Optimization

Website Anda tidak selalu diakses lewat desktop, banyak pula yang mengakese lewat handphone. Sehingga web Anda harus lebih bisa responsif. Anda juga bisa memberikan teks yang lebih besar, kemudian juga jangan menggunakan software yang tidak didukung di mobile.

  • Content Optimization

Bukan masalah SEO on page (meskipun ini juga membantu), tetapi juga mengenai bagaimana pengunjung bisa mencerna konten Anda dengan mudah melalui teks, gambar, hingga video yang Anda masukkan.

  • Link Diantara Halaman yang Relevan

Engagement terjadi ketika pengunjung berinterkasi dengan mengklik link dalam website Anda. Misalnumya, ketika pengunjung ingin mendownload sesuatu dari website Anda yang harus dilakukan dengan klik link terlebih dahulu.

  • Navigasi yang mudah

Tentu saja konten dan halaman Anda akan bertambah setiap saat bukan? Maka dari itu, Anda membutuhkan navigation and search bar yang bisa digunakan pengunjung.

  • Interactive Content

Pengunjung lebih menyukai konten-konten yang interaktif yang disertai dengan video, quiz, games, survey, audio, slideshows dan sebagainya. Jadi, mengapa tidak mulai menambahkan mereka?

  • Social Media

Mempromosikan website Anda melalui media sosial merupakan cara yang cukup kuat untuk tumbuh dan berinteraksi dengan audiens. Anda bisa menambahkan berbagai plugin yang bisa mengububungkan langsung website dengan sosial media Anda.

  • Google Analytics

Amda bisa menggunakan tool yang satu ini untuk mendapatkan segala informasi mengenai kelakuan pegunjung website Anda. Sehingga, optimasi website akan bisa berjalan lebih baik.

  • Gaya Menulis yang Sesuai

Setiap pengguna adalah unik, tetapi mereka memiliki sesuatu yang sama yang membuat mereka menjadi pengunjung website Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa menyiapkan bagaimana cara Anda menulis selain hal apa yang harus ditulis.

Bagi setiap audiens di luar sana, konten yang ditulis dengan optimal dapat meningkatkan bahkan memaksimalkan engagement rates website Anda.

Baca Juga : Faktor Penentu Rangking di Google

KESIMPULAN

Ada 10 cara optimasi SEO On page yang saya hadirkan untuk anda, dan semua bagian ini bisa dikatakan adalah bagian yang akan menentukan kemana arah website anda.

Bagian ini sebaiknya dilakukan pada saat akan membangun website, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam mengelola semua bagian yang ada pada situs anda. Jika anda melakukan perencanaan struktur onpage pada saat sudah berjalan, biasanya struktur tidak akan rapi.

Ada pertanyaan? pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya. Jangan lupa untuk berkomentar :))

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)