Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Siapa Itu Penulis Lepas? Definisi, Syarat & Contoh Artikel Penulis Lepas

5 min read

Contoh artikel penulis lepas

Sebelum teknologi informasi semarak saat ini, penulis lepas seakan-akan tersembunyi dan tergeser dari profesi jurnalis atau penulis novel best seller. Namun semenjak kehadiran blogger, jumlah penulis lepas di dunia semakin bertambah. Banyak penulis lepas yang mengisi situs dengan konten beragam mulai dari genre lifestyle, medis, pendidikan dan sebagainya.

Selain menjadi penulis lepas bagi situsnya sendiri. Beberapa penulis bahkan bekerja sama dengan situs jasa penulis freelance profesional, salah satunya jawarakonten. Sehingga skema perkembangan penulis lepas semakin memuncak tiap tahunnya tidak terkecuali di Indonesia.

Namun apa atau siapa penulis artikel lepas itu? Kami akan mengupas tentang profesi penulis lepas, syarat, dan juga contoh artikelnya. Yuk simak dibawah ini.

Pengertian Penulis Lepas

Penulis lepas adalah bidang profesi yang memiliki tugas untuk menulis atau membuat naskah, baik berupa artikel atau buku yang dibayar per project. Profesi ini mirip dengan ghost writer, yakni penulis bayagan.

Daripada seorang jurnalis atau novel best seller yang memiliki program kerja jangka panjang atau kontrak. Penulis lepas bekerja berdasarkan pada ritmenya sendiri. Mereka memegang kendali penuh terutama jam kerja. Tidak ada jam kantor yang mengikat bahkan keharusan untuk hadir tepat waktu pukul 07.00 pagi.

Seorang penulis lepas bisa memulai pekerjaan mereka di pagi, siang, sore, malam atau dini hari. Asalkan jam pengumpulkan tugas tidak melalui batas waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Berbeda dari jurnalis yang harus meluncur ke lokasi kejadian untuk meliput. Seorang penulis lepas utamanya hanya mengandalkan internet dan sejumlah buku sebagai referensi.

Tidak ada pembicaraan bersama narasumber, tidak ada wawancara formal atau meeting tertentu. Mayoritas pekerjaan dikomunikasikan melalui smartphone. Karena itulah, profesi penulis lepas seringkali dianggap sebelah mata oleh orang lain. Mengapa? Karena pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah bahkan hanya dari rumah.

Tapi jika Anda memang mencari profesi yang bebas berekspresi, tidak terikat waktu dan tekanan tinggi. Profesi sebagai penulis lepas menawarkan kenyamanan tersebut. Anda masih bisa hangout atau pergi nonton ke bioskop bahkan di jam-jam kerja, hal yang mustahil dilakukan oleh pekerja kantoran bukan?

Syarat Menjadi Penulis Lepas

Menjadi seorang penulis lepas bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika Anda mengejar profit dan jenjang karier tinggi. Lantas, apa saja persyaratan yang harus dimiliki jika Anda tertarik menggeluti profesi ini.

1. Kemampuan Menulis yang Baik

Judulnya saja penulis lepas, otomatis sebagai calon penulis lepas Anda harus menguasai teknik penulisan yang baik dan benar. Meski tidak seahli jurnalis atau penulis buku best seller, setidaknya Anda harus bisa menulis mengikuti EYD.

Berlatih akan membantu Anda mengenali teknik dan gaya tulisan unik yang Anda miliki dan membedakan Anda dari penulis lepas lainnya.

2. Belajar Komunikasi Dengan Banyak Orang

Profesi ini bukanlah jenis pekerjaan yang membuat Anda menerima gaji tetap setiap bulannya. Otomatis untuk menjadi penulis lepas yang sukses, Anda harus belajar cara komunikasi dengan baik. Jadi, saat tidak ada orderan tulisan yang masuk. Anda masih bisa bertahan hidup dengan mengambil pekerjaan di kenalan lainnya.

3. Berani Belajar Hal-hal yang Baru

Mereka yang bekerja sebagai jurnalis umumnya diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan satu pokok pembahasan. Contohnya genre bisnis atau lifestyle. Berbanding terbalik dengan penulis lepas yang dituntut untuk menguasai berbagai genre tulisan.

Karena jenis penulis lepas seperti inilah yang paling disukai oleh editor atau pemilik jasa penulis lepas profesional.

4. Tahan Banting Saat Menghadapi Revisi

Apa pun jenis pekerjaannnya tentu memiliki kesulitan tersendiri. Sama seperti profesi penulis yang tidak lepas dari kesalahan, entah itu kesalahan tanda baca atau pembahasan yang melenceng dari judul yang diminta.

Sebagai penulis lepas, Anda harus siap sedia untuk melakukan revisi terhadap tulisan ketika diminta. Jangan menganggap revisi sebagai hal yang negative. Lihat dari sisi positifnya, karena tanpa editor seorang penulis pun tidak bisa berkembang dengan baik.

5. Mahir Mengatur Waktu

Syarat terakhir adalah management waktu. Meskipun memiliki jam kerja yang lebih bebas dari pegawai kantoran. Nyatanya masih banyak penulis lepas yang kesulitan untuk mengumpulkan pekerjaan sebelum deadline. Tentu ini tidak baik untuk project kamu yang selanjutnya.

Contoh Artikel Penulis Lepas

Berniat untuk menjadi seorang penulis lepas, namun tidak tahu seperti apa karya atau contoh artikel penulis lepas? Jangan kuatir, kami akan memberikan beberapa contoh tulisan nya untuk kalian.

Bagaimana Caranya agar Menjadi Penulis?

Bagi Anda yang tengah mengawali perjalanan sebagai seorang penulis, yakinlah bahwa menulis itu sebuah kegiatan yang asyik. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru, sekaligus berkesempatan mengesplorasi banyak hal. Ada beberapa tips yang patut Anda catat, untuk menyukseskan keinginan Anda sebagai penulis.

Cara menjadi penulis bagi pemula
Berikut adalah beberapa catatan penting, untuk membantu debut awal Anda sebagai seorang penulis.

1. Eksplorasi karya
Bagaimana mungkin Anda mengetahui caranya menulis yang benar, jika tak pernah membaca berbagai macam karya? Mengeksplorasi berbagai tulisan akan memberikan Anda pengetahuan tentang hal krusial sebagai penulis, seperti penyusunan alur, pemilihan diksi, hingga pengemasan emosi dalam cerita.

2. Tulis saja dulu
Apapun ide yang terlintas di benak Anda, tulis saja dulu. Jangan berpikir rumit, apakah akan jadi bagus ataukah membosankan nantinya. Menulis membutuhkan latihan dan pembiasaan, Anda tak bisa melakukannya dengan instan. Begitu juga tulisan Anda, butuh proses dan tak bisa langsung jadi dalam sekejap. Karena itu perkara bagus dan tidaknya adalah masalah belakangan, intinya belajarlah untuk membiasakan menulis isi pikiran Anda terlebihdulu.

2. Perhatikan tren pembaca
Memperhatikan tren pembaca sangat penting bagi penulis. Ini bertujuan agar karya Anda nantinya bisa dinikmati oleh orang banyak. Ini bisa Anda lakukan dengan membaca karya tulis terbaru atau melakukan diskusi dan tukar ide dengan sesama rekan penulis.

3. Nikmati prosesnya
Poin penting yang harus Anda catat juga dalam perjalanan memulai sebagai seorang penulis adalah jadikanlah tiap waktu membaca dan menulis sebagai hal yang menyenangkan. Jangan merasa berat, terpaksa, atau terbebani. Dengan begini Anda akan lebih mudah untuk menemukan ide menarik, dan menuliskannya dengan cara-cara unik.

Itulah beberapa catatan menjadi penulis bagi pemula. Selamat menulis!

META
Judul : Bagaimana Caranya agar Menjadi Penulis?
Deskripsi : 3 cara dasar untuk menjadi penulis adalah rajin membaca dan eksplorasi karya tulis, konsisten dalam latihan, memperhatikan tren pembaca dan menikmati prosesnya.
Keyword : –

Apakah Seorang Penulis harus Kuliah?

Apakah jadi penulis hanya untuk mereka yang berkuliah di jurusan tertentu saja? Pertanyaan ini biasanya menghiasi benak para penulis pemula. Rasa penasaran untuk memulai mencoba menulis, namun juga khawatir jika skill menulis ternyata harus ditempuh melalui bangku perkuliahan. Apakah benar begitu? Artikel ini akan menjawabnya.

Apakah jadi Penulis harus Kuliah dulu?
Apakah menjadi penulis membutuhkan gelar khusus? Jawabannya adalah tidak. Semua orang bisa menjadi penulis, tanpa menempuh jenjang perkuliahan tertentu. Berikut penjelasannya.

Latihan menulis bukan hanya milik mahasiswa
Inti dari menjadi seorang penulis adalah latihan yang selalu konsisten, dan ini bisa dilakukan oleh siapapun, bukan hanya dari jurusan kuliah tertentu saja. Dan pastinya bukan dilakukan oleh mahasiswa saja. Karena itu kegiatan perkuliahan tak menjadi acuan seseorang untuk bisa menjadi penulis atau tidak.

Imajinasi tak terbatas gelar
Anda pasti menyadari bahwa jenis karya tulis itu sangat beragam, dan seluruhnya dilAndasi dengan imajinasi serta daya pikir. Nah, kapasitas imajinasi seseorang tak tergantung pada gelarnya. Begitu juga dengan kemampuan dalam menyusun alur dan setting dalam cerita, tak pernah ditentukan dari status kemahasiswaanya. Karena itu menjadi penulis bisa dilakukan setiap orang, tanpa dibatasi oleh kegiatan perkuliahan.

Menjadi penulis tak sama dengan menjadi mahasiswa
Menjadi mahasiswa membutuhkan stAndar waktu tertentu, sehingga bisa lulus dan diwisuda. Namun menjadi penulis tak seperti itu. Proses menjadi penulis bisa sangat beragam, dan melewati begitu banyak pengalaman, karenanya tidak bisa dipatok dalam kurun waktu yang sama. Tak ada hubungannya antara menjadi anak kuliahan, dengan proses menelurkan karya dalam waktu yang tak terbatas.

Menjadi penulis tak mengaharuskan Anda untuk kuliah di jurusan tertentu. Melatih imajinasi, eksplorasi informasi, dan konsiten dalam menulis adalah hak setiap orang. Karena itu jangan pernah ragu untuk memulai tulisan pertama Anda.


META
Judul : Apakah Seorang Penulis harus Kuliah?
Deskripsi : Menjadi penulis bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki konsistensi, imajinasi, ketekunan dan siap menjalankan proses belajar yang panjang.
Keyword : –

3 Platform Menulis Novel Online

Apakah Anda memiliki hobi menulis novel? Jika iya, apakah hobi ini Anda simpan di laptop saja untuk dibaca sendiri ataukah ingin dibagikan dan dbaca oleh ribuan orang di luar sana?

Bagi Anda yang suka menulis dan ingin novelnya dibaca oleh banyak orang, berikut ini adalah 3 platform novel online yang menarik untuk dijajal.

3 Platform Menulis Novel Online
Era yang serba digital ini ternyata memberikan fasilitas menarik bagi Anda yang gemar menulis novel, salah satunya melalui platform menulis online. Berikut informasinya!

1. Wattpad
Wattpad merupakan salah satu platform menulis novel dengan pengguna terbesar di Indonesia saat ini. Banyak karya novel di Wattpad yang diangkut oleh produser, dan disulap menjadi film layar lebar. Anda bisa menulis novel dengan berbagai genre di sini, yang bsia diakses oleh semua pengguna Wattpad.

2. Storial
Pengalaman menggodok novel bersama dengan penulis lain bisa Anda temukan di Storial. Platform ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula, dan ingin mengerjakan proyek menulis novel bersama. Terkenal sebagai media kolaborasi bagi para penulis, Storial juga melebarkan sayapnya dengan menggandeng Nulisbuku.com untuk menerbitkan tulisan-tulisan menaril sebagai bentuk penghargaan kepada para penulis.

3. Steller
Platform ini diambil dari ide story-teller, yang kemudian akrab disebut dengan Steller. Bagi Anda yang gemar menulis novel disertai dengan ilustrasi, Steller ini akan jadi media yang tepat. Anda bisa mempublikasikan karya Anda di sini dengan dibubuhi ilustrasi foto, video, hingga ke alunan musik.

Itulah 3 platform untuk menulis novel online. Sudah siap untuk memulai publikasi karya tulis Anda?


META
Judul : 3 Platform Menulis Novel Online
Deskripsi : 3 platform untuk menulis novel adalah Wattpad, Storial dan Steller.
Keyword : –

Demikianlah definisi, syarat dan contoh artikel penulis lepas yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Setelah menyimak pembahasan di atas, apakah Anda masih tertarik untuk menjalani profesi tersebut? kamu bisa bergabung bersama kami disini jawarakonten.com/lowongan

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti 5 Cara Mencari uang dengan Menulis atau artikel lainnya dikategori Writing for Life

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress