Editorial Team Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

10 Peralatan Dasar Membuat Podcast dengan Kualitas Juara

3 min read

peralatan podcast

Akhir-akhir ini trend mendengar podcast memang meningkat, hal ini karena podcast mampu menghadirkan obrolan khas tongkrongan yang lebih deep dan personal dibandingkan model hiburan lain, dampaknya banyak dari kita yang tertarik untuk membuat chanel podcast sendiri. Dan pertanyaan yang pertama mereka fikirkan biasanya dalah “apa saja peralatan podcast yang cocok digunakan untuk pemula?

Apakah kamu salah satu content creator yang memiliki pertanyaan sama? Beruntunglah, karena editorial Jawarakonten secara khusus akan membahas beberapa peralatan dasar untuk membuat podcast yang memang cocok dan mudah digunakan oleh pemula.

10 Peralatan untuk Membuat Podcast

Sebenarnya tidak ada standar atau patokan khusus terkait peralata yang harus dimiliki seorang podcaster, asal mereka bisa menghadirkan konten bagus, baik dari segi kualitas teknis atau obrolan. Namun setiaknya ada 10 peralatan dasar yang sangat memudahkan kamu untuk membuat konten dengan kualitas audio terbaik.

1. Mikrofon yang Bagus

Podcast tidak seperti konten video yang ada di youtube atau TikTok. jika video lebih mengandalkan visual, maka podcast tentu saja lebih mengandalkan audio. Maka sebagai seorang content creator podcast, wajib bagi kamu untuk memiliki peralatan dasar ini, yakni mikrofon dengan kualitas mumpuni.

Terkiat dengan microfon, selama ini ada dua jenis yang biasa digunakan oleh podcaster, yakni microfon USB dan Analog. Jika berbicara kualitas maka analog lebih banyak di rekomendasikan, namun jika kamu lebih memerlukan microfon yang simple, USB bisa menjadi pilihan.

2. Perangkat Komputer

Komputer adalah peralatan dasar lain yang harus ada dan tidak bisa di hindarkan. Tidak hanya untuk merekam, editing, dan hal teknis lainnnya terkait pra produksi, namun komputer juga diperlukan ketika kamu akan mengunggahnya di platform podcast, sportify misalnya.

Untuk spesifikasi cenderung bisa disesuaikan, dan tidak membutuhkan yang terlalu tinggi seperti ketika kamu bermain game. Namun jika kamu ingin memiliki hardware dengan performa yang bagus, komputer dengan spesifikasi bagus juga lebih baik.

3. Software Perekam & Editing

Selanjutnya kamu membutuhkan sebuah alat atau bahkan software jika kamu memilih microfon USB, untuk merekam dan mengedit sesi obrolan yang sudah kamu lakukan. Jika memang kamu masih awal dalam memulai bidang ini, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan software perekam dan editing gratis terlebih dahulu.

Bagaimana jika microfon yang dipilih adalah model analog? Alat perekam yang kami butuhkan adalah XLR portable, ini adalah alat ideal yang kamu butuhkan untuk merekam percakapan yang sudah kamu lakukan.

4. Pop Filter

Untuk kamu yang sudah terbiasa di dalam sebuah studio, tentu sudah tidak asing dengan Pop Filter, yakni sebuah peralatan yang digunakan untuk memfilter suara yang masuk dan direkam oleh microfon agar lebih jernih.

Menambahkan pop filter pada microfon dapat membuat kamu mampu menghasilkan konten podcast dengan suara jernih. Ini penting banget jika kamu memang berorientasi pada kualitas, apalagi harganya juga tidak terlalu mahal seperti alat podcast yang sudah kami rekomendasikan.

5. Audio Interface

Peralatan ini juga biasa disebut sebagai soundcard, namun sebenarnya apa sih Audio Interface itu? Audio interface merupakan sebuah peralatan eksternal yang sederhananya memiliki fitur untuk mengeluarkan dan memasukan suara dari komputer.

Alat ini sangat membantu jika kamu ingin mereka suara dari microfon analog ke komputer kamu. Dengan peralatan ini, sangat mudah bagi kita untuk mengkonversi suara analog ke digital yang sudah kita siapkan di komputer.

6. DAW

Ini juga termasuk peralatan podcast yang sangat mudah kita temui pada studio rekaman, DAW yang memiliki kepanjangan Digital Audio Workstation sederhananya adalah software yang dapat digunakan untuk mastering, merekam, mixing, bahkan untuk mengubah suara yang kita rekam.

Alat ini adalah peralatan tambahan yang bisa kamu beli, jika kamu memang ingin memiliki chanel podcast dengan suara juara. Namun jangan kaget kalau harganya bisa mencapai 300 sampai 900 dolar.

7. Headphone

Ini juga termasuk peralatan podcast opsional, namun sangat memudahkan kamu dalam produksi konten. Terlebih pada saat WFH seperti sekarang ini, headphone akan menjadi alat untuk memastikan kamu bisa mendengarkan dengan jelas apa yang dikatakan lawan biacara kamu.

Selain itu headphone juga sangat memudahkan pada saat editing, dengan peralatan ini, kita bisa mendengar dengan lebih jelas apa yang sudah kita rekam dan apa yang akan kita publish ke publik.

8. Akun Hosting

Ini adalah peralatan podcast vital yang tidak banyak di bahas. Setelah file audio kamu jadi, selanjutnya kamu memerlukan hosting yang akan menjadi tempat bagi kamu untuk menyimpan file secara online.

Beruntungnya sekarang ini sudah banyak platform hosting podcast yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan file-file audio kamu, seperti Captivate bills, Buzzspout, dan juga poadbean. Ini adalah platform hosting podcast paling populler.

9. Aplikasi Edit Gambar

Termasuk kedalam peralatan membuat podcast tambahan yang pastinya akan membuat chanel podcast kamu menjadi lebih seru dan menarik. Beberapa platform seperti iTunes dan Sportify bisanya memperbolehkan podcaster untuk memberikan sampul pada podcastnya.

Nah aplikasi edit gambar ini akan memudahkan kamu dalam membuat sampul podcast yang keren. Jika kamu bingung, kamu bisa menggunakan canva yang bisa diakses secara gratis.

10. Pemendek Url

Dan lagi, ini bukanlah peralatan untuk podcast yang utama, namun akan sangat membantu ketika membagikan podcast yang telah kamu buat ke sosial media. Pemendek url adalah sebuah tools yang bisa kita gunakan untuk memendekan sebuah url yang panjang, dengan begitu url yang di bagikan ke sosial media akan lebih menarik.

Beberapa tools pemendek url yang bisa kamu akses secara gratis seperti Bitly, Tinyurl, Owly, dan masih banyak lagi lainnya. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu registrasi saja.

Itulah 10 alat podcast yang sangat memudahkan kamu dalam membuat podcast yang bagus, dan pastinya menarik. Namun, kamu perlu ingat bahwa diatas hanyalah sebuah tools, akan maksimal jika tema atau obrolan podcast yang kamu hadirkan menarik.

Baca juga konten menarik kami lainnya seperti 7 ide konten podcast yang seru atau konten lainnya di kategori podcaster.

Editorial Team Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress