Perlukah Optimasi RankBrain? Apa itu Bisa Dilakukan?

Perlukah Optimasi RankBrain Dilakukan

Perlukah Optimasi RankBrain? Apa itu Bisa Dilakukan?

Perlukah Optimasi RankBrain? Apa itu Bisa Dilakukan?

 

Jawarakonten.com || Seiring dengan penggunaan RankBrain dalam algoritma mesin pencari Google, tentu akan muncul pertanyaan, salah satunya adalah “apakah ada hal yang berubah dari penerapan strategi SEO? Dan apa kita bisa melakukan optimasi Google RankBrain?”.

Jika mengacu pada artikel sebelumnya yang berjudul “Google RankBrain dan Pengaruhnya Terhadap Masa Depan SEO” kita sudah menjelaskan bahwa untuk tema yang tetap seperti sejarah dan sebagainya, perlakuannya tetap sama.

Namun untuk brand yang memerlukan informasi terbaru, maka kesegaran konten sangat diperlukan.

Lalu apakah strategi SEO yang harus dilakukan berubah?

Jawabannya bisa jadi ya, bisa jadi tidak. Karena algoritma baru ini membuat beberapa strategi SEO tradisional menjadi tidak berlaku lagi dan beberapa hal lainnya masih tetap sama.

Tidak seperti algoritma terdahulu, fokus utama dari RankBrain adalah pada intrepertasi tujuan pencari/pengguna layanan yang maksimal.

Sistem baru ini diistilahkan seperti “kuda berbagai warna”, yang memiliki arti berbeda tergantung dari pemikiran dan tujuan pengguna.

 

Analisa Rand Fishkin Terhadap Algoritma RankBrain

Situs moz.com dalam program Whiteboard Friday yang dibawakan oleh Rand Fishkin mencoba menjawab beberapa pertanyaan soal RankBrain dan hubungannya dengan optimasi SEO.

optimasi google rankbrain

Whiteboard Friday oleh Rand Fishkin

Pembahasan tersebut pada akhirnya akan mencoba menjawab apakah mungkin melakukan optimasi Google RankBrain.

Google telah memperkenalkan algoritma atau komponen algoritma yang kemudian dikenal dengan RankBrain.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, RankBrain akan mempertimbangkan beberapa signal (tanda) yang sebelumnya tidak berpengaruh pada hasil mesin pencari.

Baca Juga : Penerapan Anchor Text untuk Memaksimalkan SEO

Keberadaan RankBrain akan ikut memasukkan faktor seperti lokasi dan berbagai informasi yang terpersonalisasi kedalam algoritma guna menampilkan hasil yang lebih relevan. Metode ini diklaim akan menampilkan urutan hasil pencarian yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Jika saat ini Anda mencoba untuk mencari sebuah kata kunci atau pertanyaan (selanjutnya akan disebut query) dalam mesin pencari Google, secara teori query Anda akan dimasukkan ke dalam model intrepertasi.

Query Anda akan dicocokkan dengan lokasi dan berbagai data personal yang dapat diakses oleh Google. Sekalipun detail pencocokan ini masih belum diketahui secara pasti, secara teori RankBrain akan berusaha menentukan intensi dari pencarian yang Anda lakukan, yang akan menentukan output yang muncul pada halaman hasil.

Whiteboard Friday yang dilakukan oleh Rand Fishki

Rand Fishkin kemudian mencontohkan perbedaan ketika Anda memasukkan query “what to watch on Netflix” (Apa yang sebaiknya saya tonton di Netflix) dan “best shows on Netflix” (acara terbaik di Netflix).

Query pertama cenderung akan diinterpretasikan sebagai film-film terbaik yang bisa Anda dapatkan di Netflix.

Sebaliknya pada query kedua, kata “shows” sendiri akan cenderung diinterpretasikan sebagai acara TV (baik drama series maupun reality shows). Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan interpretasi dapat terjadi pada pencaian yang sekilas tampak sangat serupa.

Sebaliknya, terdapat juga berbagai query yang berbeda namun sebenarnya merujuk pada hasil pencarian yang sama. Pada kondisi ini, RankBrain juga berperan besar untuk membantu Google memberikan jawaban sesuai dengan kebutuhan si pengguna.

 

Signal yang Harus Diperhatikan pada Algoritma RankBrain

Pada artikel yang sama Rand Fishkin juga mengemukakan signals (tanda-tanda) yang mempengaruhi SEO pasca penerapan RankBrain.

 

Matching keyword

Pencocokan kata kunci semata menjadi tidak begitu penting setelah penerapan algoritma RankBrain.

 

Keberagaman tautan

Keberadaan berbagai tautan dalam sebuah konten tidak mengalami perubahan banyak pasca-penerapan RankBrain.

 

Anchor text

Demikian pula dengan keberadaan anchor text pada isi konten juga tidak mendapat perubahan berarti dengan algoritma yang dijalankan RankBrain.

 

Contents freshness

Kesegaran atau kekinian konten yang disajikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Selama ini Google telah melihat pola dimana informasi yang lebih baru cenderung dianggap lebih relevan.

Sekalipun sebuah konten yang dibuat 3-4 tahun yang lalu memiliki link dan dan keywprd match yang baik, tentunya dalam beberapa kasus konten akan dinilai telah tertinggal.

 

Autoritas domain

Google juga lebih mengutamakan domain yang terpecaya dibandingkan dengan domain abal-abal, sekalipun mereka menawarkan konten yang lebih baru.

 

Engagement

Signal yang satu ini memang selalu menjadi faktor penting. Engagement membantu Google melihat kepuasan pencari akan hasil pencarian yang mereka berikan.

Engagement sangat diperlukan terutama untuk mengetahui topik-topik yang dalam daripada sekadar jawaban singkat.

 

Topik-topik yang terkait

Satu hal yang tidak berubah adalah Google akan selalu mencari kata atau frasa yang sesuai dengan keyword yang dimasukkan.

 

Kedalaman konten

Google juga akan mempertimbangkan kedalaman pembahasan sebuah konten. Konten singkat dan kurang informatif dinilai akan kurang menjawab kebutuhan informasi dari si pencari.

Secara garis besar keberadaan, RankBrain sangat membantu Google untuk memilah dan mempertimbangkan signal mana saja yang sesuai dengan intensi si pencari.

 

Bagaimana Respon kita Terhadap Strategi SEO Terbaru?

Pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar penerapan RankBrain akan memengaruhi strategi SEO. Hal ini tentu saja tidak dapat dijawab secara gamblang, baik iya maupun tidak, kecuali kalau suatu hari nanti Google sendiri memberikan informasi terkait hal ini.

Apakah ada cara untuk melakukan strategi SEO pada algoritma RankBrain ini?

Rand Fishkin mengungkapkan bahwa melakukan optimasi terhadap RankBrain adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan, namun kita tentu saja dapat mengoptimasi signal-signal yang ada.

Perlu disadari bahwa signal yang berbeda akan memiliki pengaruh yang berbeda pada konten dan intensi yang berbeda.

Pada query yang bersifat komersial misalnya, signal seperti kecocokan keyword dan anchor text masih sangat dibutuhkan. Untuk query lainnya bisa saja kesegaran atau kedalaman konten lebih diutamakan oleh RankBrain.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tidak ada cara spesifik untuk mengoptimasi SEO khusus untuk RankBrain. Kunci dari keberhasilannya adalah mengidentifikasi signals apa saja yang akan menjadi titik berat algoritma RankBrain.

 

 

Beberapa Tips Untuk Menjalankan SEO Setelah Adanya Rankbrain

Meskipun RankBrain hampir tidak bisa untuk dimanipulasi, namun kita bisa memaksimalkan beberapa signal tersebut. Selain itu ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

 

Katakan tidak pada konsep one-keyword-one-page

Membuat banyak page untuk keyword-keyword serupa menjadi sangat tidak berarti pasca pemberlakuan RankBrain. Satu konten yang memuat semua informasi dan memuaskan penikmatnya cenderung mendapatkan nilai lebih, dibanding banyak konten dengan isi yang sama.

 

Hasil beragam untuk 1 query

Perlu diingat bahwa menginput query yang sama dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh perbedaan prioritas signal yang dinilai Google lebih sesuai kebutuhan masing-masing user. Seperti yang telah dikemukakan di atas, query dengan tujuan yang berbeda akan mengutamakan signal yang berbeda.

 

Kembangkan dan jaga reputasi website

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kepercayaan publik pada suatu domain merupakan salah satu penentu hasil pencarian di Google. Pelajari pola-pola pengunjung website, lalu pastikan mereka mendapatkan apa yang mereka cari.

Baca JugaRekomendasi Tool Plagiarsm Checker Terbaik

Anda bisa membaca “strategi conten marketing” ini untuk mengembangkan reputasi website anda. Dan jika anda sudah siap untuk menjalankannya, dan membutuhikan jasa penulis artikel, silahkan hubungi kami untuk membantu hal tersebut.

Dengan adanya RankBrain, fokus dalam strategi SEO akan mengalami sedikit pergeseran. Mulai saat ini memahami apa yang diinginkan oleh user / pencari informasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan