google rankbrain

Q&A: Pertanyaan Umum Tentang Algoritma Google RankBrain

Jawarakonten.com || Saat ini google menggunakan kecerdasan buatan yang menerapkan sistem machine-learning.

Sistem ini dinamankan RankBrain yang merupakan alat bantu dalam penentuan urutan hasil pencarian dalam Google search engine yang banyak pihak berspekulasi bisa mempengaruhi masa depan seo modern.

Ada banyak pertanyaan terkait cara kerja dan bagaimana langkah selanjutnya untuk menyesuaikan diri dengan RankBrain. Apakah kamu salah satu pihak yang memiliki banyak pertanyaan terkait Rank brain? Mungkin pertanyaanmu masuk kedalam pembahasan kali ini.

 

Pertanyaan Tentang Google RankBraind

Kali ini, akan dibahas berbagai hal terkair RankBrain sesuai dengan yang dikemukakan oleh Danny Sullivan melalui website searchengineland.com.

 

1. Apa itu RankBrain?

RankBrain adalah nama dari sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) yang dikembangkan Google dengan menerapkan machine-learning.

Sistem ini dikembangkan untuk membantu memunculkan hasil pencarian mesin yang lebih relevan.

 

2. Apa itu Machine-learning?

Secara sederhana machine-learning adalah kemampuan komputer untuk “mengajari” dirinya sendiri, tidak tergantung pada input yang diberikan manusia ataupun pemrogramman yang detail.

 

3. Apa itu Artificial Intelegence?

Kecerdasan buatan (artificial intelegence)  pada dasarnya mengacu pada proses membuat komputer yang dapat menyamai kecerdasan otak manusia, terutama dalam hal menangkap sebuah pengetahuan dan membuat koneksi baru.

Baca Juga : Cara Mencari Jasa Penulis Artikel Terbaik untuk Website

Tentu saja AI yang “sebenarnya” ini saat ini hanya dapat ditemukan dalam novel-novel fiksi. Kenyataannya AI yang ada saat ini masih pada tahap mampu “belajar” secara mandiri.

Lalu apakah AI berbeda dengan machine-learning? Pada kasus RankBrain keduanya adalah hal yang sama, karena machine-learning merupakan salah satu ciri dari AI.

 

4. Jadi apakah RankBrain yang menentukan urutan hasil pencarian Google?

Ini kurang tepat, karena RankBrain sendiri merupakan bagian dari algoritma Google. Algoritma inilah yang mencari dari sekian banyak halaman yang ada dan menentukan hasil apa yang paling relevan.

 

5. Apa nama algoritma Google tersebut?

Algoritma itu diberi nama Hummingbird, nama tersebut baru resmi digunakan pada tahun 2013 setelah bertahun-tahun tidak memiliki nama resmi.

 

6. Apakah RankBrain bagian dari algoritma Hummingbird?

Bisa dikatakan demikian. Hummingbird dapat diibaratkan sebagai sebuah mobil. Agar dapat berjalan mobil memerlukan berbagai komponen, salah satu komponen misalnya adalah mesin. Mesin sendiri juga terdiri atas berbagai komponen lagi.

Dalam hal ini RankBrain dianggap sebagai komponen terbaru dari keseluruhan sistem Hummingbird.

Hal ini dikemukakan melalui artikel Bloomberg, yang mengatakan bahwa RankBrain tidak menentukan hasil pencarian, tetapi keseluruhan algoritmalah yang menentukan.

Bagian-bagian lain dari  Hummingbird contohnya adalah Panda, Penguin, dan Payday yang didesain untuk melawan spam, Pigeon untuk meningkatkan hasil local results, dan Top-heavy untuk mengurangi halaman ad-heavy.

Selain itu ada pula Mobide Friendly untuk kenyamanan halaman mobile, dan Pirate untuk penegakan hak cipta.

 

7. Bukankah Algoritma Google bernama PageRank?

PageRankmerupakan bagian dari keseluruhan sistem algoritma Hummingbird. Bagin ini berfungsi untuk menilai sebuah halaman berdasarkan link-link dari website lain yang mengarah kepadanya.

PageRank sendiri cukup spesial karena merupakan bagian dari algoritmanya yang namanya pertama kali disebutkan ke publik pada tahun 1998.

 

8. Apa itu Signals yang digunakan Google dalam menentukan ranking?

Signals (tanda-tanda) adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan Google dalam menentukan ranking hasil pencarian pada search engine-nya.

Contohnya jika sebuah kata dimasukkan pada kolom pencarian Google, kata tersebut akan menjadi satu signal. Jika kita melakukan pencarian melalui smartphone, itu akan memberi signal lain untuk kemungkinan halaman mobile friendly.

Semua singnal akan diproses melalui keseluruhan algoritma Hummingbird, untuk pada akhirnya di urutkan sesuai dengan relevansinya.

 

9. Ada berapa banyak singnals itu?

Google pernah mengemukakan ada lebih dari 200 signals utama, dengan 10.00 variasi dari sub-signals. Dalam artikel Bloomberg fakta ini disederhanakan dengan menyebut bahwa ada “ribuan” signals yang menentukan sebuah hasil pencarian.

 

10. Dan RankBrain merupakan signal paling penting diurutan ke 3?

Ya, benar. Google sendiri yang mengatakan bahwa RankBrain adalah signal terpenting nomor 3.

 

11. Kemudians signals yang terpenting pada peringkat 1 dan 2?

Situs searchengineland.com mengemukakan kemungkinan terbesar adalah links (tautan yang mengarah ke sebuah halaman) dan words (kata yang menjadi acuan pencarian).

Pada tahun 2016 Google membernarkan hal ini dengan mengatakan bahwa konten dan links adalah 2 peringkat teratas, namun tidak menyebutkan yang mana yang menempati peringkat pertama.

Itu artinya konten SEO tetap menjadi faktor penentu terkait suksesnya optimasi yang anda lakukan.

Baca JugaRahasia Menulis Artikel SEO friendly by JAWARAKONTEN

 

12. Apa tepatnya yang RankBrain lakukan?

RankBrain pada dasarnya digunakan sebagai alat untuk melakuan interpretasi atas pencarian yang dimasukkan. Hal ini untuk melihat tujuan yang memiliki kemungkinan berbeda dari apa yang diketikkan pada kolom pencarian.

 

13. Bukankah Google telah memiliki cara untuk menemukan hasil diluar kata yang mereka masukkan?

Ya. Beberapa tahun yang lalu contohnya jika kata “shoe” (sepatu, tunggal) dimasukkan, Google tidak akan mengeluarkan hasil yang mengandung kata “shoes” (sepatu, jamak dan lebih sering digunakan).

Hal ini karena dua kata ini dianggap tidak sama.

Melalui “stemming”, Google menjadi lebih cerdas dan dapat mengerti adanya variasi dari sebuah kata.

Google juga memiliki sistem yang dapat memahami sinonim. Contohnya jika kita mencari “sneakers”, maka pencarian mengenai “sepatu lari” juga mungkin dapat muncul.

Google juga dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang arti sebuah kata. Contohnya kata “apple” yang dapat merujuk pada halaman tentang buah apel atau halaman tentang perusahaan  teknologi terkemuka.

 

14. Bagaimana dengan Knowledge Graph?

Knowledge Graph diluncurkan pada tahun 2012 dan menjadi senjata Google untuk lebih cerdas dalam memahami hubungan antar-kata.

Contohnya jika kita mencari “kapan istri Obama lahir”, hasil akan menunjukkan berbagai informasi terkait dengan Michele Obama, tanpa perlu menyebutkan nama Michele Obama sama sekali.

 

15. Bagaimana RankBrain menyaring query yang dimasukkan?

Secara sederhana, Google telah membuat daftar stemming, daftar sinonim, dan database yang berisi hubungan antara berbagai kata.

Tentu saja pembuatan database ini dilakukan dengan automatisasi, namun diyakini kinerja manusia menjadi faktor terpenting.

RankBrain memiliki peran penting untuk membantu mencari intensi atau tujuan sebenarnya dari sebuah query yang dimasukkan. RankBrain membantu melihat pola dari pencarian-pencarian kompleks dan menemukan hasil yang paling mendekatinya.

 

16. Bagaimana contohnya?

Halaman searchengineland.com mencontohkan pencarian query berupa “disebut apa konsumen tingkat teratas rantai makanan”. Secara sederhana kata “konsumen” tentunya merujuk pada konsumen dalam dunia ekonomi dan bisnis.

Namun karena dipadankan dengan “rantai makanan” konsumen disini merupakan sebuah istilah biologi. Pemahaman inilah yang kemudian akan memunculkan hasil “predator” pada kolom hasil pencarian.

 

17. Bisakah RankNet dari Bing melakukan hal yang sama?

Sejak tahun 2005, Microsoft telah menggunakan sistem machine-learning mereka sendiri yang dikenal dengan nama RankNet. Informasi terkait RankNet sendiri masih sangat terbatas, karena pihak Bing tidak banyak mengungkapkan ke publik.

Danny Sullivan sendiri mengemukakan bahwa hasil pencarian Bing sendiri tidak jauh dari hasil pencarian Google, namun tetap saja masih sulit membandingkan RankNet dengan RankBrain.

 

18. Apakah keberadaan RankBrain membantu?

Sesuai dengan klaim Google, Danny Sullivan juga menambahkan bahwa ia setuju bahwa keberadaan RankBrain memberikan dampak besar.

RankBrain juga berhasil menjadi signal terpenting nomor 3, dan ini menunjukkan bahwa RankBrain memiliki keunggulan dalam jalannya mesin pencari Google.

 

19. Kapan RankBrain dimulai?

RankBrain mulai diterapkan secara parsial pada awal 2015, dan berlaku sepenuhnya pada 2016.

 

20. Apa saja yang terpengaruh RankBrain?

Pada 2015 hanya 15% dari query yang dipengaruhi oleh RankBrain. Pada Juni 2016, dinyatakan bahwa seluruh query yang masuk ke Google diproses melalui RankBrain.

Baca Juga : Perlukah Optimasi RankBrain? Apa itu Bisa Dilakukan?

 

21. Apakah RankBrain selalu “belajar”?

Sebelumnya Google mengemukakan bahwa proses “belajar” yang dijalankan oleh RankBrain berlangsung secara offline. Jika hal ini berjalan baik, belajar akan dijalankan secara live (secara langsung saat dijalankan).

RankBrain sendiri masih menyimpan banyak misteri, terutama terkait apa saja yang dapat dilakukannya. Jika hanya melakukan penyortiran atau mencari hubungan antara kata-kata, menurut Danny Sullivan belum dapat dikatakan sebagai sebuah signal.

Hal ini menjadi pertanyaan mengingat Google sendiri mengidentifikasi RankBrain sebagai signal terpenting ketiga. Oleh karena itu masih banyak hal baru yang mungkin akan diungkapkan Google terkait RankBrain kedepannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *