Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

7 Plugin Invoice WordPress Terbaik (2020)

3 min read

plugin invoice wordpress

Apakah anda sedang mencari plugin invoice terbaik untuk WordPress?  Sebuah plugin memang dapat memudahkan apapun, termasuk dalam pembuatan invoice, mengelompokkan pesanan, dan mengatur keuangan anda secara otomatis.

Sebagai pelaku bisnis, ada banyak hal yang harus dikelola. Dan harus kami akui bahwa invoice manual dapat menyita waktu secara signifikan. Belum lagi tampilannya yang standart banget, tentu ini gak memberikan benefit apapun terhadap bisnis anda.

Dan menggunakan software invoice yang profesional memungkinkan anda untuk mengotomatiskan semua proses pembuatan invoice dan proses pembayaran, setidaknya ini dapat membuat pengelolaan usaha menjadi lebih efektif dari segi waktu. Pada artikel ini, Jawarakonten akan membagikan beberapa Plugin Invoice WordPress terbaik untuk berbagai kebutuhan.

 

Plugin Invoice Terbaik Untuk WordPress

Ada beberapa plugin WordPress yang dapat anda gunakan untuk membuat invoice secara online, bahkan beberapa diantara bisa langsung menarik pembayaran dari pelanggan. Masing-masing plugin invoice WordPress tentu menawarkan fitur yang berbeda-beda, dan berikut beberapa fitur yang harus anda perhatikan dalam plugin invoice WordPress yang baik adalah :

  • Penarikan pembayaran satu kali dan berulang
  • Opsi pembayaran sebagian
  • Pengurangan dan pelaporan pajak secara otomatis
  • Dashboard tunggal untuk mengelola semua invoice dan pajak
  • Fitur pembayaran dengan kartu kredit dan Payment Gateway lainnya
  • Jadwal pembayaran dan opsi biaya keterlambatan

Akan sedikit sulit menemukan solusi yang memenuhi semua kebutuhan anda terkait pembuatan invoice. Anda harus meninjau fitur dan menemukan solusi yang sesuai dengan proses pembuatan invoice dan permasalahan pembayaran.

 

1. WP Forms

WP Forms adalah formulir plugin WordPress yang paling ramah terhadap website bisnis. Hadir dengan fitur ‘drag and drop’ yang memungkinkan anda dengan mudah membuat segala bentuk formulir termasuk formulir pendaftaran pelanggan, formulir pendaftaran buletin, formulir penawaran, formulir donasi, formulir pembayaran, mengumpulkan respon dari survei, dll.

Dengan WP Forms, anda dapat dengan mudah membuat formulir pemesanan online yang memberi opsi untuk secara otomatis mengirimkan invoice kepada pelanggan. Anda dan pelanggan akan menerima pemberitahuan secara instan melalui email setelah pembayaran diselesaikan.

WP Forms terintegrasi dengan PayPal dan Stripe untuk menerima pembayaran. Ini memungkinkan anda secara mudah menerima pembayaran dari kartu kredit tanpa menggunakan plugin keranjang belanja atau software eCommerce.

 

2. FreshBooks

Freshbooks adalah software akuntansi yang populer untuk website bisnis kecil, yang memungkinkan anda untuk membuat invoice profesional dalam beberapa langkah. Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan invoice dengan menambahkan logo dan catatan pribadi. Freshbooks memiliki sistem otomatis untuk mengirimkan pengingat kepada pelanggan untuk pembayaran yang terlambat.

Selain beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas, melalui plugin ini anda juga dapat menambahkan jam kerja dan jumlah tagihan. Masih kurang? tenang saja, plugin invoice untuk wordpress satu ini juga menawarkan pengelolaan pajak, pemilihan mata uang, kode diskon, dan opsi pra-pembayaran.

 

3. WPInvoicing

WP Invoicing adalah plugin invoice WordPress yang lumayan kaya fitur. Software ini dapat berjalan dengan mulus pada situs WordPress dan dapat membantu membuat dan mengirimkan invoice kepada pelanggan secara otomatis.

WP Invoicing juga secara otomatis mengelola pajak dalam invoice. Hal ini membantu anda menghemat waktu saat mengotomatiskan proses untuk anda dan pelanggan anda.

Plugin ini mendukung beberapa Payment Gateway seperti PayPal, Stripe, Authorize.net, dan banyak lagi. Software ini juga dapat digunakan untuk mengatur pembayaran berulang dan secara otomatis membuat invoice untuk setiap pembayaran.

Walaupun WP Invoicing bisa diakses secara gratis, anda harus membayar untuk setiap ekstensi atau anda juga bisa membeli paket keanggotaan yang merupakan penawaran yang lebih baik.

 

4. Sliced Invoices

Sliced Invoices merupakan plugin invoice WordPress profesional yang memiliki beberapa template dan desain pre-built untuk membuat invoice dengan cepat. Anda juga bisa membuat invoice sendiri dengan menambahkan logo dan teks, sehingga anda bisa mengirimkan kata-kata menyentuh secara langsung kepada pelanggan.

Sliced Invoices memungkinkan Anda untuk men-translate secara otomatis dan  mengirimkan invoice dalam bahasa pelanggan anda. Termasuk ekstensi untuk invoice PDF, pembayaran berulang, invoice setoran, dan banyak lagi.

Sliced Invoices merupakan plugin gratis, tetapi anda harus membayar untuk setiap tambahan ekstensi atau anda dapat membeli paket keanggotaan yang merupakan penawaran yang jauh lebih baik.

 

5. Sprout Invoices

Sprout Invoices adalah plugin invoice untuk situs WordPress yang lengkap, yang mana plugin ini dapat memperkirakan biaya layanan anda dan membuat invoice secara rinci untuk pelanggan. Plugin ini terintegrasi dengan 300+ aplikasi untuk pembayaran, desain invoice, alur kerja, dan lainnya.

Selain itu Sprout Invoices juga memiliki sistem penjadwalan pembayaran yang lengkap untuk menetapkan jumlah pembayaran, tanggal jatuh tempo, biaya keterlambatan, dll.

 

6. WooCommerce PDF Invoices

WooCommerce PDF Invoices adalah ekstensi Woocommerce untuk mengirim invoice PDF dengan email konfirmasi setiap pemesanan. WooCommerce PDF Invoices memiliki template yang sudah jadi untuk invoice PDF dan anda juga bisa membuat template invoice anda sendiri.

WooCommerce PDF Invoices mengelola nomor urut untuk invoice, sehingga anda dapat melacak semua pembayaran. Pelanggan dapat mengunduh invoice dari halaman akun mereka di situs web eCommerce anda.

Anda juga dapat menghubungkan printer dengan plugin untuk mencetak invoice segera setelah pelanggan mengkonfirmasi pesanan. Jika Anda menjalankan toko online menggunakan WooCommerce, maka plugin ini bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan invoice anda.

 

7. WP-Invoice

WP-Invoice adalah plugin invoice WordPress gratis terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda. Software ini sempura untuk agensi digital, general contractors, web developers, dan berbagai macam bisnis yang butuh mengirimkan invoice kepada pelanggan mereka.

WP-Invoice memungkinkan anda untuk membuat invoice di dalam Dashboard WordPress anda sendiri. Ketika anda selesai membuat invoice, pelanggan anda akan menerima email, dan mereka bisa mengikuti link di dalam email tersebut untuk melakukan pembayaran.

Anda juga bisa secara penuh mendesain isi email tersebut. WP-Invoice tidak banyak memiliki fitur, tetapi lebih mudah digunakan untuk banyak bisnis kecil.

 

Nah itulah 7 plugin invoice wordpress yang kami rekomendasikan untuk anda. Lalu, plugin mana yang digunakan jawarakonten untuk membuat invoice dan mengirimkan tagihan kepada pelanggan? untuk invoice sendiri kami menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak terhubung dengan website.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress