Sebagai seorang blogger pemula, ada banyak pilihan platform populer dan fleksibel yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola situs, salah satunya WordPress. Faktanya wordpress memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan platform lain, salah satunya adalah ketersediaan plugin WordPress terbaik yang siap memaksimalkan user experience sebuah situs.

Melalui plugin, kita bisa menambahkan banyak fitur pada website dimulai dari peningkatan kualitas SEO, membuat payment gateway, form order otomatis, dan masih banyak lagi lainnya.

 

7 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2019

Dalam setiap harinya ada banyak pugin yang diterbitkkan oleh para develomper, setidaknya pada tahun 2019 ini ada 7 plugin yang cukup disukai webmaster. Dan berikut 7 plugin tersebut.

1. Contact Form 7

Kehadiran plugin ini sangat dibutuhkan terutama jika situs Anda bergerak di bidang penjualan atau jasa. Dengan adanya plugin Contact Form 7, pengunjung atau konsumen bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah. Entah untuk bertanya tentang produk dan jasa atau hal lainnya.

Meskipun mayoritas Contact Form 7 digunakan pada situs belanja, tidak ada salahnya blog dengan konsep story telling menginstall dan menggunakan plugin ini. Setidaknya, Anda bisa terkoneksi dan terhubung dengan penggemar atau pembaca setia Anda bukan?

 

2. Yoast SEO

Siapa yang tidak ingin menjadi nomor satu di search enggine? Bila ditanya pada semua orang, mayoritas jawabannya pasti ingin. Begitu pula dengan blogger pemula yang sangat berharap jika situsnya bisa nangkring di peringkat pertama mesin pencarian.

Untuk mewujudkan harapan tersebut butuh usaha dan kerja keras, termasuk dengan menginstall Yoast SEO. Plugin ini merupakan plugin SEO terpopuler yang hampir digunakan oleh seluruh blogger aktif dan profesional di dunia. Mereka mengaku jika situsnya menjadi lebih user friendly dan kuat pasca menggunakan Yoast SEO karena tersedia parameter dari konten yang akan kita terbitkan.

 

3. Aksimet Anti-Spam

Yang namanya blog aktif dan ramai tentu seringkali diwarnai dengan beragam komentar termasuk komentar bernada sumbang, promosi iklan dan lainnya. Komentar-komentar tersebut yang kemudian dikenal sebagai spam comment.

Agar WordPress Anda isi komentarnya tidak komentar spam semua, gunakan plugin Akismet Anti-Spam. Plugin ini akan menyaring komentar yang masuk pada situs Anda.

 

4. Classic Editor

Plugin WordPress terbaik selanjutnya ini menjadi pro dan kontra di kalangan pengguna WordPress. Karena nyatanya, versi WordPress terbaru telah menggunakan gutenberg. Mirisnya, masih banyak pengguna WordPress yang bertahan dengan Classic Editor. Dan tidak sedikit pengguna yang sudah update editor baru kembali beralih ke Classic Editor.

Masing-masing editor sebenarnya sama bagusnya, hanya saja Classic Editor dianggap sebagai editor paling simple dan nyaman bagi beberapa orang. Banyak pengguna lama yang tidak tertarik untuk pindah haluan dan cenderung mempertahankan plugin ini bahkan merekomendasikannya pada orang lain.

 

5. Jetpack by WordPress.com

Bila tiap-tiap plugin WordPress memiliki satu tugas pokok saja, berbeda dengan Jetpack ini. Plugin besutan WordPress.com ini dibuat untuk mengerjakan berbagai aktivitas dalam satu waktu. Di mana, pengguna WordPress yang menginstall memperoleh data yan valid mengenai traffic sekaligus mengawasi performa situs dan mengamankannya.

Selain kaya akan fitur dan fungsional, Jetpack termasuk plugin free. Inilah yang menyebabkan Jetpack menjadi sangat populer dan digunakan oleh hampir seluruh pengguna WordPress dunia. Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih banyak melalui plugin WordPress terbaik ini silahkan upgrade ke PRO.

Dengan upgrade PRO, pengguna akan memperoleh penawaran scanning sekaligus backup security di samping fitur lainnya.

 

6. Elementor Page Builder

Tidak pintar mendesain atau menggambar bukan berarti Anda tidak bisa mengelola WordPress dengan baik. Buktinya banyak situs yang bagus meskipun adminnya tidak memiliki bakat seni sama sekali, yang mereka manfaatkan hanya satu yaitu Elementor Page Builder.

Dengan plugin ini Anda bisa menghasilkan layout yang super friendly, menarik dan eye catching. Elementor Page Builder seakan-akan menjadi suntikan tambahan di samping artikel menarik yang sudah Anda kemas dengan baik.

Model-model layout yang tersimpan di dalam plugin ini sangat banyak, jadi Anda tidak perlu kehabisan ide untuk berkarya.

 

7. Really Simple SSL

Situs yang diawali dengan HTTPS menggunakan protocol keamanan tingkat tinggi yang telah dienskripsi sehingga tidak bisa diotak-atik dengan mudah oleh orang lain. Cocok sekali bila situs Anda kebetulan bergerak di bidang jasa atau penjualan.

Dengan plugin ini, kita bisa mengubah http menjadi https dengan mudah hanya dalam sekali klik.

 

Itulah ketujuh plugin WordPress terbaik yang sudah semestinya Anda install sejak awal. Sebagai blogger pemula, Anda wajib memahami apa saja plugin yang bermanfaat dan kurang bermanfaat.

 

Meta

Judul: 7 Plugin Worpress Terbaik 2019

Deskripsi: Sedang membuat situs baru di WordPress agar tampak seperti profesional, pastikan gunakan ketujuh plugin WordPress terbaik berikut.

Keyword: plugin WordPress terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *