Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Cara Membuat Press Release yang Baik dan Benar + Contoh

2 min read

Cara Membuat Press Release yang Baik dan Benar + Contoh

Dalam dunia bisnis memanfaatkan media untuk memperkenalkan brand, produk atau event merupakan hal biasa. Hampir semua perusahaan besar melakukannya. Sayangnya, tidak semua perusahaan memahami tata cara membuat press release yang baik dan benar. Sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak tertangkap oleh orang lain dan berakhir dengan sia-sia.

Dan satu lagi, ditengah dunia yang bisa di katakan too much information seperti sekarang, masih penting kah adanya press release? Tentu saja penting, karena dari sinilah para jurnalis bisa mengembangkan konten terkait brand anda. Paling tidak, ini bisa jadi sebuah hal untuk memberikan brief, terkait apa yang akan media katakan atau citrakan terhadap brand anda.

Sehingga pada akhirnya, apa yang media katakan masih sejakan dengan nilai atau konsep awal yang sudah anda buat.

 

Cara Membuat Press Relase yang Benar

Membuat press release berbeda dengan membuat artikel biasa. Konsep atau gaya bahasa yang digunakan lebih condong menggunakan teknik piramida terbalik. Karena tujuan dibuat press release adalah menginformasikan sesuatu pada public.

Supaya press release yang Anda buat diterima oleh banyak orang terutama media massa, ikuti beberapa tips berikut ini:

 

1. Buatlah Judul Orisinil

Tidak semua penulis mampu membuat judul yang bagus, orisinil dan tajam. Tapi khusus pembuatan press release, judul harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Selain memilih judul yang simple, pastikan judul tersebut tepat sasaran dan orisinil.

Mereka yang berkecimpung lama di dunia tulis menulis biasanya menyarankan judul untuk dibuat di akhir setelah penulisan press release usai. Sebagai tambahan, pastikan untuk menyisipkan keyword pada judul siaran pers jika anda juga menargetkan SEO.

 

2. Mulai Menulis Tubuh Naskah

Sama seperti model tulisan lainnya, press release juga memiliki dasar atau standar penulisan. Anda harus mempelajari struktur penulisannya terlebih dahulu untuk memahami bagaimana cara menulis tubuh naskah yang benar.

Ketika membuat kalimat pertama press release gunakan kalimat yang menggugah sehingga bisa menarik perhatian public. Karena press release memiliki karakter tulisan seperti artikel wartawan, biasakan gunakan kata singkat dan tajam. Jangan memaksakan diri untuk membuat paragraph yang panjang tanpa maksud dan tujuan yang jelas

Karena mereka yang membaca press release umumnya orang-orang yang sibuk yang tidak bisa membaca artikel panjang dengan mudah. Kebanyakan lebih suka membaca kalimat pertama atau paragraph utama press release.

Pastikan pula jika batang tubuh press release memuat fakta-fakta yang berkaitan dengan tujuan dibuatnya press release.

 

3. Gunakan Formula 5W IH

Siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana merupakan formula penulisan press release yang tidak boleh Anda sepelekan. Ketika seorang penulis membuat artikel dengan formula 5W IH bisa dipastikan jika pembaca akan langsung memahami informasi yang tertulis.

Contohnya jika Anda membuat press release komik baru yang diselenggarakan oleh Press Publishing. Masukkan formula 5W IH termasuk siapa yang menyeleggarakan acara? Apa maksud penyelenggaraan acara? Dan kapan acara diadakan hingga detail lainnya.

Informasi-informasi yang dijelaskan tersebut bisa ditangkap dengan mudah oleh pembaca. Mereka tidak perlu lagi membaca keseluruhan press release jika tidak memiliki banyak kesempatan.

 

4. Buat Press Release Singkat dan Tajam

Menulis press release mungkin terkesan mudah, semua orang bisa melakukannya setelah mempelajari tekniknya. Ironisnya, tidak semua press release yang dibuat akan diterima dengan tangan terbuka oleh media pers.

Penting bagi seorang penulis membuat press release yang singkat dan tajam. Juga jenis siaran pers yang bisa dibaca dan dipahami dengan mudah. Media massa yang menerima press release Anda tidak akan langsung menyetujuinya apalagi jika dalam press release tersebut masih memiliki banyak kekurangan.

Karena sama seperti Anda yang tidak ingin menyiayiakan waktu, pihak pers juga tidak ingin membaca sesuatu yang tidak layak dibaca. Jadi sebelum mengirimkan press release di media pers atau editor, pastikan kembali jika press release buatan Anda sudah benar-benar matang dan sempurna.

 

5. Beri Tautan Informasi Pendukung

Tidak ada salahnya memberikan tautan informasi pendukung pada siaran pers yang Anda buat. Mereka yang membaca press release Anda bisa membuka tautan tersebut dan menerima informasi berharga.

Agar tautan informasi pendukung yang Anda lampirkan berguna, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai Anda membuat tautan yang ternyata tidak ada relevansinya dengan press release. Silahkan, lihat berbagai contoh press release terbaik yang ada di internet. Coba bandingkan dengan press release yang sudah Anda buat.

 

Contoh Press Release

Menulis press release utamanya dilakukan oleh wartawan, karena mereka memiliki keterampilan dan wawasan yang mumpuni. Jika Anda sangat tertarik dan ingin belajar menulis press release, simak baik-baik satu contoh press release di bawah ini:

[porto_blockquote footer_before=”Contoh Press Release” footer_after=”Jawarakonten”]

Contoh Press Release Kegiatan Lomba

Self Publishing Webtoon

Siaran Pers

Lomba Membuat Komik Se-Indonesia

Dalam rangka mengembangkan keterampilan emas masyarakat Indonesia akan dunia gambar, maka Self Publishing Webtoon pada 19 April 2020 akan menyelenggarakan lomba membuat komik se-Indonesia. Lomba ini dibuka untuk umum dan bisa diikuti oleh berbagai generasi usia.

Penyelenggaran lomba dibuka mulai 19 April 2020 dan ditutup hingga 19 Mei 2020. Lomba yang kami selenggarakan tidak dipungut biaya dan berhadiah puluhan juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, silahkan hubungi Self Publishing Webtoon di nomor kontak Anti (08129485039).

[/porto_blockquote]

Dengan mempelajari step by step cara membuat press release lantas melihat contohnya, niscaya Anda akan menjadi lebih mahir. Semakin sering Anda mencoba membuatnya, semakin bagus pula contoh tulisan press release yang Anda buat.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress