Cara Membuat Proposal Pengajuan Kerjasama

proposal Pengajuan Kerjasama

Cara Membuat Proposal Pengajuan Kerjasama

Ketika Anda memiliki usaha dan ingin menawarkan kepada pihak lain, umumnya Anda diminta untuk mengajukan proposal tawaran kerjasama atau juga bisa berupa Quotation.

Beberapa orang sering merasa kesulitan ketika akan membuatnya, apakah termasuk Anda?

Bagi Anda yang kesulitan dalam membuat proposal atau Quotation, kami akan menjelaskannya untuk Anda.

 

Apa itu Proposal?

Proposal adalah suatu permohonan mengenai sebuah rencana kegiatan  yang dituangkan kedalam sebuah lembar tulisan yang rinci dan sistematis.

Berangkat dari definisi itu, kita bisa mengartikan sebagai perhomohonan atas kerjasama.

Proposal pengajuan kerjasama adalah bentuk proposal yang diajukan oleh pihak pertama sebagai pelaksana dan pihak kedua sebagai pihak terkait dalam kepentingan kerjasama baik kegiatan bisnis maupun non bisnis.

Baca Juga: Cara Membuat Company Profile

Proposal ini hadir dalam kaitannya untuk memperkuat atau melegalkan satu kesepakatan antara dua belah pihak yang menjalin upaya-upaya tertentu bagi kemajuan bersama.

 

Format Proposal

Seperti banyak proposal lainnya, menyusun jenis proposal ini juga perlu memperhatikan berbagai hal agar detil-detil yang menyangkut legalitas dalam perjanjian kerjasama yang akan dimulai bisa tercantum dengan benar dan tidak ada yang terlewatkan.

Oleh karenanya pada saat penyusunan, perlu memperhatikan beberapa hal sebagaimana berikut ini :

1. Pendahuluan

Dalam pendahuluan biasnaya terdapat beberapa hal yang menjadi pengantar mengenai kerjasama tersebut yang meliputi cover, latar belakang, daftar isi, dan juga lembar pengesahan.

2. Isi dan Materi

Setiap materi proposal perlu dirumuskan oleh pihak-pihak pemohon. Didalamnya memuat tentang kerjasama bulai dari bentuk kerjasama sampai dengan tujuannya. Sampaikan juga mengenai produk yang ingin Anda tawarkan.

3. Data Pelengkap

Dan terakhir adalah data lain yang dibutuhkan dalam kerjasama tersebut dimulai dari harga dari produk Anda ataupun hal lain yang mendukung.

Tiga hal di atas adalah hal yang harus diperhatikan pada saat menyusun jenis proposal ini. Selanjutnya yang tentu harus diketahui adalah bagaimana langkah-langkah atau cara-cara menyusun proposal semacam ini yang baik dan benar.

 

Tips dan Cara Menyusun Proposal Pengajuan Kerjasama

Beberapa pihak kerapkali mengeluhkan bahwa proposal yang diajukan tak kunjung mendapat jawaban. Bisa jadi penyebabnya adalah kesalah pada saat penyusunan, imbasnya tentu saja penolakan atau lebih parah lagi digantung oleh pihak terkait yang hendak diajak bekerjasama.

Untuk itu kenali metode membuatnya sebagai berikut:

  • Lakukan Survei Kebutuhan

Proposal yang baik tentu merangkum penjelasan-penjelasan mengenai minat serta ketertarikan pihak-pihak terkait.

Ini hanya bisa dimulai dari survei atau riset dasar untuk mengenali seperti apa kebutuhan yang menjadi minat dan kepentingan pihak terkait yang hendak diajak bekerjasama.

  • Buat Draft

Beberapa proposal direvisi hingga berkali-kali sehingga mencapai hasil yang paling mutlak. Ini maksudnya, tujuan utama proposal memang berkaitan dengan kepentingan pihak pertama tapi yang sulit adalah bagaimana pihak-pihak terkait kemudian tertarik dan siap diajak bekerjasama dalam kepentingan tersebut.

Oleh karenanya rumuskan pada sebuah draft proposal terelibih dahulu. Draft ini fungsinya hanya untuk tim pihak pertama atau yang mengajukan kerjasama agar menghasilkan proposal yang efektif menarik minat.

  • Tetapkan Format

Salah satu bentuk proposal ajakan bekerjasama paling populer adalah proposal sponsorship atau partnership. Keduanya merujuk pada ajakan pihak terkait agar berkenan mendukung serta memberikan support pada tujuan pihak pertama.

Untuk itu, sangat perlu dirancang satu format batasan quota baik produk maupun jasa yang ingin dihadirkan oleh pihak pertama dari pihak terkait.

Karenanya formulir ancangan quota atau yang sering dikenal dengan istilah format quotation menjadi salah satu lampiran penyusunan proposal tersebut.

Untuk saat ini jensi form semacam ini sudah banyak bertebaran di internet dan bisa diunduh untuk diedit secara mudah dan cepat. Pergunakan sebagai template dasar menyusun quotation atau penjelasan tentang kuota kerjasama yang efektif untuk menarik perhatian pihak terkait.

  • Adakan Meeting Pendahuluan

Meeting atau pertemuan bisnis adalah hal yang lumrah menuju satu kerjasam yang disahkan dalam sebuah proposal. Meeting pendahuluan bertujuan membahas poin-poin kerjasama yang akan tercantum di dalam proposal tersebut.

  • Revisi Sebelum Agreement

Puncak dari pengajuan proposal tentu terjadinya agreement atau persetujuan antara kedua belah pihak sebagaimana dicantumkan dalam proposal tersebut. Setiap pihak yang bekerjasama hendaknya melakukan revisi proposal secara bersama agar tidak ada poin yang luput untuk dibahas.

 

Contoh

Sebagai gambaran awal dalam melakukan kerjasama, Anda bisa mendownload contoh proposal penawaran kerjasama dengan format word berikut ini. link disini

Itulah tadi pembahasan singkat tentang apasaja yang perlu diperhatikan saat menyusun proposal pengajuan kerjasama sistematika adalah dasar paling penting dalam setiap proposal apapun tujuan disusun atau dibuatnya proposal tersebut.

Baca Juga: Cara Promosi Produk yang Efektif

Hindari pembahasan berbelit, pasal kerjasama yang tidak jelas, serta retorika berlebihan di dalam sebuah proposal karena hanya akan berujung pada penolakan kerjasama yang diajukan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan