Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Monthly Plan: Rencana Bulanan Pengelolaan Website Bisnis

3 min read

pengelolaan website bisnis

Beberapa orang mengangap kalau kita udah memiliki website, pada saat itu semua hal yang berhubungan tentang website sudah selesai. Kalau website fungsinya hanya sebagai pelengkap, tentu hal tersebut sah-sah saja.

Namun kalau kita menjadikan website sebagai media pemasaran, atau juga mengandalkan SEO Chanel seperti web pada umumnya, maka kita juga harus melakukan perencanaan pengelolaan bulanan agar website kita bisa sampai pada target yang sudah ditentukan.

Apa saja hal yang yang harus dilakukan dalam mengelola website? Ada banyak dimulai dari backup data, perencanaan content marketing, optimasi offpage jika kamu menargetkan SEO, anggaran iklan untuk memaksimalkan paid chanell, dan masih banyak lagi lainnya.

Rencana Pengelolaan Website Bisnis

Nah jawarakonten yang menghadirkan layanan jasa penulisan artikel SEO ingin sedikit berbagi mengenai rencana bulanan dalam mengelola website bisnis. Kalau kamu saat ini masih belum ada gambaran dalam pengelolaan website perusahaan, kamu bisa menggunakan perencanaan ini sebagai SOP sederhana untuk memaksimalkan website bisnis kamu.

Hal pertama yang biasa kami lakukan sebelum melakukan perencaan pengelolaan website adalah menentukan anggaran. Untuk anggaran tentu setiap organisasi memiliki kemampuan dan sistem yang berbeda-beda, dan untuk kami biasanya anggaran kami tentukan dari profit bulan lalu.

Lalu bagaimana dengan organisasi baru yang notabene belum ada profit? Terkait hal ini, manajemen perusahaan kami yakin sudah memiliki angkanya sendiri. Jika anggaran sudah ditentukan, kita bisa mengalokasikan kebeberapa pos berikut ini.

1. Upgrade Server

Sebenarnya ini bukan anggaran bulanan, namun kami juga sudah mengalokasikan jika suatu saat ada hal-hal yang mengharuskan kita untuk upgrade server, misalkan traffic udah terlalu banyak sehingga server sudah tidak kuat menampung atau server provider yang kita pilih ternyata layanan buruk.

Untuk pos ini, kami selalu memasukannya kedalam patty cash, meskipun tidak setiap bulan anggaran ini kami gunakan, namun setidaknya bisa digunakan untuk jaga-jaga agar server selalu bekerja, karena jika server down, apalagi pada jam prime time, ini akan mengilangkan banyak transaksi.

2. Content Marketing

Content marketing menjadi pos kedua yang selalu kami anggarkan setiap bulannya. Jika kamu membaca beberapa artikel kami sebelumnya, mungkin kamu sudah tahu bahwa semua transaksi di Jawarakonten mengandalkan SEO Channel, sedangkan paid chanel dan dirrect chanel tidak kami lakukan.

Dan pilihan kami ini mengharuskan kita untuk terus melakukan rencana strategi content marketing, yaitu perencanaan terkait pembuatan dan pendistribusian konten. Konten-konten yang kami produksi adalah berupa artikel seperti yang kamu baca saat ini.

3. Guest Post

Pos anggaran yang ketiga adalah untuk kebutuhan guest post untuk tujuan akuisisi audience dan traffic, selain untuk mendapatkan backlink tentunya. Dalam setiap bulannya kami biasanya menghubungi 3-5 blogger untuk melakukan kerjasama berupa guest post.

Terkait kriteria websitenya standart seperti yang diulas blog lain, yaitu yang memiliki pembahasan tema seragam, bahkan kadang ada juga yang temanya diluar jawarakonten. Terkait hal ini, kita membutuhkan biaya untuk guest postnya sendiri dan pembuatan konten.

4. Backlink

Kami percaya, orang yang baru memulai melakukan perencanaan pengelolaan website rata-rata akan menjadi webmaster yang baik, dalam artian mereka akan tunduk dan patuh terhadap aturan Google, termasuk tidak mengalokasikan anggaran untuk membeli backlink. Karena membeli backlink adalah black hat SEO, tidak akan baik untuk website.

Jika tanpa membeli backlink website bisnis kamu bisa mendapatkan backlink, hal seperti ini tentu bagus. Tapi bagaimana kalau website kita benar-benar baru? Kira-kira apakah akan ada orang yang memberikan backlink secara Cuma-Cuma?

Mustahil, maka mengalokasikan anggaran untuk mendapatkan backlink adalah hal wajib yang sangat kami rekomendasikan untuk akuisi traffic. Namun bagian ini harus sangat hati-hati, karena jika salah dalam menerapkan praktik link building, Google tidak akan segan-segan untuk menghilangkan website kamu dari SERP.

5. Onpage Audit

Onpage audit sebenarnya cakupannya sangat luas, intinya pos ini mencakup perbaikan website kita mulai dari memperbarui konten yang sudah tidak relevan, menghapus link mati, mengganti tampilan (bahkan sampai theme), sampai dengan memperbaiki struktur internal link. Jika beberapa pos diatas membutuhkan anggaran, maka sebenarnya pos kelima ini tidak harus mengeluarkan anggaran, karena sangat mudah untuk kalian lakukan sendiri.

Terkecuali jika ingin mengubah tampilan yang mengharuskan kita membeli tema baru, tentu akan lain ceritanya.

6. Social Media Mention

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak hal yang menjadi acuan Google untuk menentukan apakah website kamu layak di halaman 1 atau tidak, salah satunya yang sering dikatakan oleh praktisi SEO adalah seberapa sering website kamu diperbincangkan di sosial media.

Jika website kamu masih jarang dibicarakan netizen, maka kita bisa mengalokasikan anggaran untuk pos ini. Misalkan dengan melakukan give away, dengan syarat membagikan postingan website ke sosial media, bekerjasama dengan influencer, dan masih banyak lagi lainnya. Ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan sosial signal dalam upaya memperbaiki SERP.

7. Paid Channels

Selain menggunakan SEO Channel, kita juga bisa memaksimalkan penjualan dengan akuisisi traffic dari paid channel. Ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan dimulai dari FB ads, instagram Ads, Google ads, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentukan seberapa besar anggaran yang kamu alokasikan untuk ini harus ditentukan terlebih dahulu, dan lakukan rutin setiap bulannya, atau kamu juga bisa memberikan anggaran yang lebih pada moment tertentu, misalkan untuk menghabiskan stock di gudang dan sebagainya.

Oke, 7 pos dalam pengelolaan website bisnis ini kami rasa sudah cukup untuk memaksimalkan dan memastikan traffic website kita selalu mengalami perkembangan. Selain ini tentu saja kamu bisa memasukan beberapa strategi lain yang dirasa perlu.

Oh ya, jika kamu membutuhkan Artikel yang Human friendly dan SEO Ready, jawarakonten siap membantu kamu. Lihat produk unggulan kami di halaman awal atau kamu bisa konsultasi terlebih dahulu.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress