Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

Bagi seorang digital marketer, khususnya website, tentu sudah tidak asing dengan istilah riset keyword, yaitu sebuah upaya yang dilakukan untuk menemukan kata kunci atau keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah.

Apa yang akan didapat jika menemukan kata kunci dengan kriteria tersebut?

Tentu saja, website kita akan mendapatkan posisi satu di Google dengan mudah sehingga trafic website akan mengalami peningkatan.

Maka dari itu, pastikan anda membaca artikel kami tentang cara mengetahui keyword yang sering dicari 2019, sebelum membuat atau memesan melalui jasa penulis artikel SEO seperti Jawarakonten.

Berawal dari banyaknya pelanggan yang ingin memesan artikel namun belum memiliki keyword, Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah dan juga long tail keyword.

Silahkan baca artikel sampai habis, pahami, dan jika ada yang bingung Anda bisa menanyakan melalui kolom komentar.

 

Kenapa Harus Riset Keyword?

Pembahasan kali ini sangat penting untuk Anda yang baru saja membangun website atau ingin menghadirkan konten untuk website. Sebelum membuat konten website, baca artikel kami tentang “Kriteria Konten Berkualitas

Atau sebelum menggunakan layanan kami, Anda juga bisa melakukan riset keyword yang paling sesuai dengan produk Anda.

Ini sangat penting untuk dilakukan.

Perlu Anda ketahui bahwa artikel SEO tidak bisa bekerja sendirian, selain konten dikerjakan oleh tim kami, Anda sebagai pengorder juga harus membantu agar artikel yang kami buat lebih mudah diterima oleh Google.

Meskipun artikel dibuat oleh tim kami yang sudah terbukti PAHAM SEO, namun hal ini akan percuma jika artikel tersebut di publish pada website yang salah.

Analoginya seperti ini.

Misalkan Anda memiliki artikel dengan keyword “jasa content marketing”, halaman awal sudah dipenuhi oleh website autority, dan Anda mau mempublish konten tersebut pada website yang baru saja berumur 5 hari.

Apakah mungkin content Anda akan ada dihalaman 1 Google?

Sangat sulit, biasanya hal seperti ini baru bisa dilihat setelah 3 bulan. dan itupun Anda harus melakukan optimasi off-page sama seperti website lainnya.

Lain halnya jika Anda bisa menemukan keyword volume pencarian tinggi dengan persaingan rendah, yang artinya keyword tersebut banyak dicari namun persaingan masih kecil atau belum banyak orang yang bahas.

Setelah artikel Anda publish, website Anda akan langsung berada di halaman 1 dan ini akan sangat sulit untuk digeser oleh kompetitor Anda.

 

Kriteria Keyword Terbaik untuk Website

Jika Anda bertanya kriteria keyword yang bagus untuk website itu seperti apa, saya akan menjawabnya dengan “keyword yang bisa memberikan manfaat untuk website Anda”.

Jika website Anda adalah website bisnis, keyword yang bagus itu gak harus yang berhubungan dengan transaksi, tapi keyword yang relevan dan minim persaingan adalah masuk dalam kriteria keyword yang bagus.

Taruhlah Anda memiliki usaha dibidang rokok, nah keyword yang bagus itu gak harus yang berhubungan dengan penjualan seperti “jual rokok enak” gitu, tapi keyword yang relavan dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda misalkan “cara menikmati rokok yang baik dan benar” juga masuk dalam kriteria kata kunci bagus itu.

Sampai disini paham bukan? Jika sudah lanjut ke cara riset keyword untuk webiste Anda.

 

Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

Sebenarnya cara mengetahui keyword yang sering dicari ini cukup mudah, tapi untuk seorang pemula tentu saja lumayan sulit.

Disini saya akan mencoba mejelaskan dengan sangat detil, dimulai dari menemukan asumsi dan diuji menggunakan beberapa tools gratis yang sudah ada di internet seperti Google Planer dan Ubersuggest.

Dan tanpa basa-basi lagi, silahkan simak materi saya kali ini.

 

1. Tentukan Tema Konten

Sebelum mengetahui cara mengetahui keyword atau kata yang sering dicari, Anda harus menentukan tema dari konten yang akan dibuat atau Anda pesan.

Kalau masih kesulitan, Anda bisa membaca artikel saya beberapa waktu terkait “Cara Menentukan Tema dalam sebuah Artikel lengkap dengan Contohnya”.

Disana ada banyak hal yang saya bahas mulai dari pentingnya tema, syarat sebuah tema, sampai dengan cara mendapatkan.

Intinya tema ini akan menjadi garis besar dari konten yang akan Anda buat. Melalui tema ini, pemabahasan dari konten akan akan menjadi lebih spesifik dan memiliki pembatas agar pembahasan tidak melebar.

 

2. Asumsikan Kata Kunci

Jika tema sudah Anda temukan, sekarang fikirkan kata kunci yang mungkin akan diketikan di mesin pencari oleh orang yang membutuhkan artikel tersebut.

Karena ini asumsi, jadi Anda tidak perlu memikirkan terlalu dalam, cukup gunakan apa yang terlintas di kepala Anda ketika memikirkan kata tersebut.

Karena pelanggan kami beberapa waktu banyak yang berhubungan dengan dunia property, jadi saya akan menggunakan contoh keyword itu.

Taruhlah Anda memiliki usaha dibidang property di daerah Jogja, dan Anda ingin membuat konten untuk berjualan.

Asumsi kata kunci yang bisa Anda gunakan bisa seperti ini “perumahan Jogja” “aparttement jogja” dan sebagainya.

 

3. Manfaatkan Mesin Pencari

Setelah asumsi kata kunci sudah Anda temukan, cara mengetahui keyword yang sering dicari selanjutnya adalah dengan mengetikan langsung di mesin pencari seperti halnya Google.

Ini untuk memastikan bahwa asumsi kata kunci Anda memang adalah yang paling banyak digunakan orang untuk menemukan koten tersebut.

Untuk contoh yang sama seperti diatas, Anda bisa pergi ke Google dan mulai memasukan keyword tadi. Dan setelah itu silahkan scrol kebawah, disana akan ada beberapa keyword turunan yang paling banyak diketikan orang terkait keyword tersebut, dan inilah kata kunci yang saya maksud.

cara mencari keyword yang banyak dicari

Apakah semua itu data real dan bisa kita gunakan?

Tidak, bagaimanapun mesin pencari layaknya Google menggunakan data history untuk menampilkan hasil lain yang relevan, dan beberapa keyword seperti “perumahan di Jogja 2018” tentu sudah tidak bagus untuk Anda gunakan.

Lalu apakah keyword itu diabaikan saja?

Tidak juga, Anda bisa memanfaatkannya dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini seperti mengganti tahunnya dengan masa sekarang seperti 2019 dan sebagainya.

Keyword-keyword ini bisa Anda gunakan untuk halaman penjualan, meskipun persaingan sangat ketat, namun hal ini tetap harus dilakukan sembari nanti kita lakukan optimasi.

 

4. Manfaatkan Ubersuggest

Banyak orang yang mengingikan artikel terkait cara Riset Keyword dengan Ubersuggest, yaitu sebuah tools research keyword yang dihadirkan oleh Neilpatel.

Ini adalah salah satu tool riset keyword gratis dan cukup powerfull, dan mudahnya lagi, dalam tools ini kita juga diberitahu mengenai seberapa banyak volume pencarian dari keyword tersebut.

Dan ini adalah cara terbaik untuk keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah.

Untuk artikel utama atau halaman sales, Anda bisa menggunakan keyword dengan volume tinggi yang disarankan oleh Google tadi.

Namun untuk artikel Blog dan pendukung On-page lainnya, kami sarankan untuk menggunakan artikel dengan kata kunci persaingan rendah. Fungsinya agar website Anda memiliki posisi terbaik dan mendapatkan trafic.

Cara mencari kata kunci dengan Ubersuhhest caranya bagaimana?

Silahkan copy kata kunci yang Anda ketikan di Google tadi, lalu kunjungi website ubersuggest Disini, setelah itu copykan pada kolom yang sudah disediakan.

Jangan lupa ganti English / United States menjadi Indonesia, dan klik menu “SEARCH”, dan hasilnya seperti ini.

cara riset keyword dengan ubersuggest

Dari sini kita menemukan keyword baru yang dicari banyak orang seperti “perumahan green hills jogja” dengan pencarian 10. Namun Anda tidak perlu terpaku pada volume itu, memang data yang diberikan oleh Ubersugest kurang real, tapi udah cukup bagus untuk ukuran tools keyword gratisan.

Klik salah satu keyword dan lihat siapa saja yang menduduki urutan 1 -10 untuk keyword tersebut.

Untuk mengetahui mana aja keyword yang sesuai dengan website Anda, silahkan copy keyword yang ada disana pada Google, jika yang bahas lebih dari 8 website, Anda juga bisa mengunakan keyword itu, dengan catatan domain scor Anda jauh lebih baik dari yang ada disana.

Tapi domain score bukan menjadi satu-satunya penentu, Anda juga akan mendapatkan halaman satu jika ternyata keyword tersebut belum dibahas. Silahkan copy keyword tadi di Google, dan lihat seberapa banyak orang yang sudah membahasanya.

cara menemukan keyword yang paling banyak diketikan

Greenhils Jogja sudah banyak sekali yang bahas, dan juga bisa mendapatkan posisi satu jika memabahas keyword ini, namun membutuhkan waktu dan Anda juga harus melakukan optimasi Off-page.

Itulah pembahasan saya terkait cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kata kunci potensial. Silahkan gunakan cara ini dan kombinasikan dengan teknik yang sudah Anda miliki.

Jika pembaca lain memiliki cara lain bisa sampaikan di kolom komentar agar teman-teman lain bisa membaca. Atau kalau ada pertanyaan juga boleh disampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan