Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Ubersuggest

Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Ubersuggest

Bagi seorang digital marketer, khususnya website, tentu sudah tidak asing dengan istilah riset keyword, yaitu sebuah upaya yang dilakukan untuk menemukan kata kunci atau keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah.

Apa yang akan didapat jika menemukan kata kunci dengan kriteria tersebut?

Tentu saja, website kita akan mendapatkan posisi satu di Google dengan mudah sehingga trafic website akan mengalami peningkatan.

Maka dari itu, pastikan anda membaca artikel kami tentang cara mengetahui keyword yang sering dicari 2019, sebelum membuat atau memesan melalui jasa penulis artikel SEO seperti Jawarakonten.

Silahkan baca artikel sampai habis, pahami, dan jika ada yang bingung Anda bisa menanyakan melalui kolom komentar.

Kenapa Harus Riset Keyword?

Pembahasan kali ini sangat penting untuk Anda yang baru saja membangun website atau ingin menghadirkan konten untuk website.

Tanpa adanya trafik, website bisnis hanya akan membebani biaya tahunan, karena tidak bisa menghasilkan transaksi.

Dalam digital marketing kita mengenal yang namanya konten adalah raja.

Istilah ini tidak berlebihan karena melalui konten kita akan mendapatkan kepercayaan, dari kepercayaan akan terjalin hubungan dan pada akhirnya bisa memberikan revenue positif kedepannya.

Konten yang bagus untuk website adalah konten yang berhasil dengan mudah ditemukan oleh pencarinya. Dan riset keyword menjadi salah satu hal yang paling penting setelah isi dari konten itu sendiri.

sampai disini sudah paham bukan, kenapa riset keyword itu penting?

Kriteria Keyword Terbaik untuk Website

Jika Anda bertanya kriteria keyword yang bagus untuk website itu seperti apa, saya akan menjawabnya dengan “keyword yang bisa memberikan manfaat untuk website Anda”.

Jika website Anda adalah website bisnis, keyword yang bagus itu gak harus yang berhubungan dengan transaksi, tapi keyword yang relevan dan minim persaingan adalah masuk dalam kriteria keyword yang bagus.

Taruhlah Anda memiliki usaha dibidang rokok, nah keyword yang bagus itu gak harus yang berhubungan dengan penjualan seperti “jual rokok enak” gitu, tapi keyword yang relavan dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda misalkan “cara menikmati rokok yang baik dan benar” juga masuk dalam kriteria kata kunci bagus itu.

Selain itu, keyword yang bagus haruslah bisa memberikan trafik untuk website anda.

Bagaimana cara memastikan bahwa keyword tersebut bisa menghadirkan trafik? salah satunya dengan mencari keyword yang memiliki volume pencarian (banyaknya orang mencari) tinggi, namun persaingannya masih rendah.

Dengan persaingan rendah, harapannya artikel yang kita buat bisa langsung menduduki peringkat tanpa perlu melakukan optimasi sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi rangking website anda secara keseluruhan.

Hal Terpenting Dalam Riset Keyword

Riset keyword akan membuat kita untuk tahu kata apa saja yang sering digunakan untuk menemukan informasi terkait sebuah pembahasan.

Sama seperti pentingnya menemukan kata kunci yang tepat, ada beberapa element penting yang harus Anda perhatikan pada tahap ini. keempat element tersebut adalah volume pencarian, tingkat persaingan, saran keyword, dan SERP (Search Engine Result Page).

1. Volume Pencarian

Volume pencarian adalah banyaknya orang yang mencari keyword tersebut dalam suatu periode. Semakin tinggi volume pencarian tentu saja akan semakin bagus karena artinya keyword tersebut banyak dicari oleh orang.

Namun Anda harus ingat bahwa, semakin tinggi volume pencarian biasanya akan sebanding dengan tingkat persaingannya. Untuk website baru tentu akan sulit bersaing pada keyword dengan volume pencarian tinggi.

2. Tingkat Kesulitan

Tingkat kesulitan keyword adalah istilah yang digunakan untuk melihat seberapa ketat persaingan kata kunci dalam sebuah mesin pencari. Beberapa tools seperti Ubersuggest biasanya juga memperlihatkan hal ini yang ditampilkan dengan angka 1 – 100.

Semakin tinggi angka yang ditampilkan, akan semakin sulit keyword tersebut untuk kita optimasi. Dibutuhkan beberapahal seperti backlink agar website kita bisa berada di halaman 1 Google.

3. Saran Keyword

Saran keyword atau yang lebih dikenal dengan keyword suggestion adalah saran kata kunci yang relevan dengan keyword yang akan kita gunakan. Saran keyword ini juga bisa Anda gunakan untuk memperdalam dan melengkapi isi dari artikel yang Anda buat.

Misalkan Anda melakukan riset tentang “perumahan di Jogja” maka saran keywordnya bisa berupa “perumahan murah di Jogja” atau “harga perumahan di Jogja”. Yang artinya, keyword tersebut juga sering diketikan pengguna.

4. SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman yang saat itu menguasai mesin pencari dengan keyword yang sudah Anda dapatkan. Cara melihatnya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan pengecekan langsung melalui Google atau mesin pencari lainnya.

Sebernarnya serp ini berkaitan dengan tingkat kesulitan tadi, SERP akan membantu kita untuk mengetahui seperti apa persaingan kata kunci dan seperti apa kualitas dari halaman yang ada.

Tujuan dari melakukan cek SERP adalah untuk membuat konten yang jauh lebih dari kompetitor, yang harapnnya website kita bisa memiliki posisi yang lebih baik.

Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah dengan Ubersuggest

Sebenarnya cara mengetahui keyword yang sering dicari ini cukup mudah, tapi untuk seorang pemula tentu saja lumayan sulit. Agar lebih mudah anda bisa memanfaatkan Ubersuggest.

Ubersuggest adalah satu Tools riset keyword gratis yang cukup powerfull, hampir semua digital marketer mengenal tool ini. Untuk ukurannya yang gratis, memang tools ini sangat membantu karena ada banyak fitur yang ada didalamnya.

Bagaimana cara menggunakannya? Simak dibawah ini:

a. Silahkan kunjungi alamatnya disini

b. Masukan kata kunci Anda pada box “Enter a domain keyword”. Contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.

cara riset keyword

c. Ganti negaranya dengan Indonesia.

riset keyword dengan ubersuggest

d. Klik menu “SEARCH” yang ada disamping negara.

Setelah itu akan muncul beberapa hal penting terkait keyword tersebut mulai dari volume pencarian, tingkat persaingan, bahkan sampai dengan berapa biaya iklan pcc yang ada pada keyword tersebut. Tampilannya seperti ini:

riset keyword volume tinggi dengan persaingan rendah

Kotak hitam menunjukan volume pencarian, kotak merah menunjukan tingkat persaingan, dan kotak kuning menunjukan nilai ppc yang ada saat ini.

Lalu dimana letak saran keywordnya? Scroll halaman tadi kebawah, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

cara mencari saran keyword

Kotak hitam adalah saran keyword lain yang relevan dengan keyword tersebut. Kotak merah sebelahnya adalah trend yang terjadi pada keyword itu yang ditunjujukan dengan grafik. Dan kuning adalah volume dari keyword saranan tadi.

Jika Anda tertarik untuk melihat keyword yang relevan lainnya, Anda bisa melakukan klik pada menu “View all keyword ideas”.

Bagaimana cara untuk mengetahui SERP pada saat itu? Anda bisa melihatnya secara langsung melalui Google. Namun ubersuggest juga memberikan keterangan itu yang bisa Anda lihat di halaman paling bawah lengkap dengan jumlah backlink yang ada pada masing-masing halaman.

ubersuggest5

Bagaimana, cukup mudah bukan? anda bisa menggunakan cara ini ketika akan mencari kata kunci yang tepat untuk website anda. Oh ya, Jika anda sudah memiliki keyword, jawarakonten juga siap membuatkan anda konten yang SEO friendly sesuai dengan keyword tadi.

Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Share this post

Comments (2)

  • Ridwan Reply

    Bagaimana dengan blog baru yang masih seumur jagung, mana yang lebih bagus untuk di coba, pilih Keyword di bawah 1000 pencarian perbulan atau yang di atas 1000 pencarian perbulan.

    Juni 2, 2019 at 3:36 pm
    • Jawarakonten Reply

      Yang menjadi acuan disini bukan seberapa banyak volume pencariannya mas, tapi lebih kepada seberapa banyak orang yang membahas keyword tersebut.

      Keyword dengan volume pencarian tinggi, dan persaingan masih rendah karena belum banyak orang yang membahas, akan jauh lebih baik untuk website baru.

      Juni 3, 2019 at 8:57 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)