Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Apa itu SEM? Manfaat Search Engine Marketing untuk Bisnis + Contoh

3 min read

Apa itu SEM

Manfaat SEM – Persaingan bisnis online semakin hari semakin ketat. Jika kita tidak teguh dan bekerja keras, tidak mustahil jika bisnis kita akan menurun dan berakhir. Salah satu pencapaian besar dalam bisnis online adalah menempati halaman 1 pada mesin pencari. Dengan demikian, website kita akan lebih populer dan mendapatkan keuntungan yang lebih, termasuk dalam hal finansial.

Namun, untuk bisa mencapai hal tersebut, Anda harus berkutat dengan teknik manajemen berupa SEO dan SEM. Bagi Anda yang sudah berkecimpung lama di dunia ini pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini. Sebelum memilihnya, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu SEO dan apa itu SEM.

Apa itu SEM?

SEM adalah kepanjangan dari search engine marketing, yang sering didefinisikan sebagai sebuah strategi atau upaya untuk meningkatkan dominasi hasil pencarian pada sebuah mesin pencari dengan pendekatan paid search atau iklan pencarian. Secara harfiah, istilah SEM bisa kita definiskan sebagai teknik pemasaran mesin pencari.

Dahulunya, SEM sendiri memiliki scope yang luas, yakni mencakup SEO dan iklan mesin pencari. Namun merujuk hal ini, akhir-akhir ini istilah SEM adalah sebagai strategi yang lebih spesifik, yakni fokus pada paid search aja, seperti Google Ads, Bing, dan Yahoo.

Sederhananya, pemilik brand akan membeli slot iklan pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing agar produk mereka muncul di hasil pencarian terkait keyword yang diketikan oleh pengguna.

Perbedaan SEO dengan SEM

Pada dasarnya, SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama, yaitu mengoptimalkan kinerja website agar lebih populer dan dikenal oleh pengguna mesin pencari. Namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya, yaitu waktu.

Website yang menggunakan SEO harus menunggu lebih lama untuk bisa mencapai halaman satu pada mesin pencari, bisa sampai 12 bulan atau lebih. Bahkan, banyak juga mereka sudah menggunakan SEO tapi ternyata website tak kunjung naik ke helaman satu mesin pencari. Hal ini sudah lumrah terjadi karena ketatnya persaingan SEO, jadi tergantung dengan keyword yang digunakan.

Berbeda dengan SEM, website Anda bisa menduduki halaman 1 mesin pencari dalam kurun waktu yang cepat, yakni ketika membeli slot iklan di sebuah mesin pencari.

SEM vs Social Media Marketing?

Selain mesin pencari, platform perikalanan yang akhir-akhir ini dilirik oleh pemilik bisnis adalah social media advertising, kemudian pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah SEM sama dengan social media advertising?

Jawabannya adalah tidak sama, SEM dan social media advertising adalah dua hal yang sangat berbeda jika dilihat dari cara kerjanya. Sosial media advertising sering kali menggunakan pendekatan targeting untuk memunculkan iklan, yakni dengan melihat data, kesukaan, dan juga lokasi pengguna.

SEM tidak demikian, dimana iklan akan dimunculkan ketika ada pengguna yang menggunakan sebuah kata kunci pada mesin pencari, yang mirip atau relevan dengan brand yang sudah memesan slot iklan.

Meskipun ini adalah dua hal yang berbeda, namun antara SEM dan social media advertising adalah dua hal yang tidak bisa kita bandingkan, karena memang dua hal ini tidak apple to apple. Sebaliknya, kita bisa mengkolaborasikan kedua jenis perikalanan ini untuk tujuan yang berbeda-beda, misalkan social media advertising untuk brand awareness dan SEM untuk meningkatkan konversi.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM) untuk Bisnis

Jika anda saat ini lebih sering menggunakan social media untuk memaksimalkan brand awareness, mungkin anda akan bertanya, apa manfaat SEM untuk sebuah bisnis? Berikut beberapa benefit yang bisa anda rasakan ketika menggunakan pendekatan satu ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh marketer untuk meningkatkan brand awareness di mesin pencari, yakni SEO dan SEM. SEO memang adalah cara yang paling populler, hal ini karena tingkat konversi yang tinggi dan tidak memberlukan biaya, selain biaya pengelolaan website.

Namun kekurangan dari SEO adalah waktunya yang tidak instant, paling tidak kita membutuhkan satu tahun untuk melihat hasil optimasi yang kita lakukan.

SEM menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh SEO, yakni bisa meningkatkan brand awareness dalam waktu yang relatif singkat, yakni ketika anda sudah memesan slot iklan. Tanpa menunggu waktu yang lama, dan di pusingkan dengan teknik SEO, brand kita sudah muncul di halaman paling atas mesin pencari.

2. Sangat Scaleable untuk UMKM

Ini adalah cara mudah untuk membuat bisnis anda berkembang dengan sangat cepat, dan tidak membutuhkan terlalu banyak karyawan. Hal ini membuat SEM tidak hanya cocok untuk bisnis besar saja, namun juga UMKM yang umumnya tidak memiliki banyak karyawan. Jika anda mencari platform perikalanan yang scaleable, maka SEM bisa menjadi salah satu solusi.

Anda bisa memulainya dengan anggaran yang kecil, dan melakukan serangkaian uji coba. Lalu eliminasi pendekatan dan model iklan yang kurang efektif. Disaat transaksi meningkat, anda bisa mulai menaikan anggaran iklan dengan model atau metode yang sudah anda sesuaikan tadi.

3. Transaksi yang Cepat

Sekedar informasi saja, ketika optimasi SEO sedang menurun, biasanya internet marketer akan memanfaatkan SEM untuk memenuhi target transaksi harian, dan ini terbukti sangat efektif. Melalui SEM, anda bisa mendapatkan transaksi yang sangat cepat, hal ini karena di dukung oleh sisitem yang memang menguntungkan oleh para pengiklan.

4. Platform yang Tepat

Kita mulai dari pertanyaan yang sederhana saja, sekarang ini, apa yang dilakukan orang ketika membutuhkan informasi? Termasuk ketika ingin membeli sesuatu? Behavior dari masyarakat dunia adalah dengan mencarinya terlebih dahulu di mesin pencari.

Hal ini menunjukan bahwa SEM adalah platform yang ideal untuk mengiklankan bisnis anda. Tidak peduli apa produk anda, melalui SEM anda akan menemukan pelanggan, diwaktu dan tempat yang terbaik untuk mengenalkan sebuah produk.

5. Biaya Relatif Murah

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa salah satu kekurangan UMKM dalam mengenalkan produknya adalah biaya periklanan yang relatif mahal jika menggunakan teknik marketing traditional. SEM memberikan angin segar untuk anda, karena biaya iklan yang anda keluarkan jauh lebih murah, bahkan bisa disesuiakan dengan kemampuan anda.

Perlu anda ketahui bahwa sebagain besar platform PPC yang biasa digunakan untuk SEM membolehkan marketer untuk menyeting biaya harian sebesar 10$ saja, bukankah ini jauh lebih murah dengan biaya marketing traditional?

6. Cocock untuk Semua Segmen

Manfaat SEM yang selanjutnya adalah cocok untuk segala segmen pasar, yang kami maksud segmen disini adalah jangkauan pasar anda, apakah lokal, nasional, atau bahkan dunia.

Tidak hanya cocok untuk target pasar lokal saja, SEM juga tidak kalah efektifnya untuk menargetkan pelanggan tigkat nasional, bahkan dunia, hal ini karena hampir semua orang didunia ini sudah biaya menggunakan mesin pencari.

Contoh Platform SEM

Jika anda ingin memulai untuk mengimplementasikan SEM pada bisnis anda, ada beberapa platform yang layak untuk anda coba, yakni:

Google Ads

Ini adalah salah satu contoh SEM dan platorm yang bisa anda gunakan untuk memulai strategi SEM. Google merupakan salah satu mesin pencarian terbesar dan paling banyak digunakan untuk saat ini. Contoh iklannya seperti dibawah ini.

Contoh SEM

Bing Ads

Bing ads juga termasuk platform SEM yang tidak kalah menarik, karena mereka bisa menghadirkan saluran yang tidak dapat ditemukan di Google. Sejauh ini Bing juga berkolaborasi dengan mesin pencari lain seperti Yahoo dan MSN, jadi ketika menggunakan Bing Ads, iklan anda juga akan tampil disana.

Contoh SEM

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti strategi digital marketing atau konten lainnya di teknis SEO

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress