SEO Lokal Strategi Tingkatkan Trafik Konversi Local

SEO Lokal: Strategi Tingkatkan Trafik & Konversi Local

Strategi SEO lokal menjadi salah satu jalan yang sering dilakukan oleh para pemilik website bisnis untuk mendapatkan pelanggan.

Kenapa saya tahu? Karena pelanggan kami, khususnya yang memiliki bisnis dengan taget pelanggan menargetkan sebuah wilayah sering melakukan ini.

Jika bisnis Anda melakukan strategi marketing menggunakan webiste dan menargetkan sebuah wilayah, ada baiknya untuk mulai berkenalan dengan SEO lokal.

 

Apa itu SEO Lokal?

SEO lokal adalah sub kategori dari SEO (Search Enggine Optimization) yang berfokus pada area tertentu saja dalam sebuah wilayah (biasanya kota).

Beberapa usaha yang sering melakukan teknik ini seperti tukang service ac, tukang sumur, tukang bangunan, arsitek, travel agent, paket wisata, hotel, dan usaha lain.

Contoh yang lebih konkrit terkait teknik ini seperti:

  • Service ac sidoarjo
  • Tukang sumur jember
  • Arsitek di surabaya
  • Travel madiun
  • Hotel di telaga ngebel

Mereka berusaha untuk memenangkan persaingan mesin pencari yang ditargetkan pada keyword lokal.

 

Kenapa Local SEO menjadi Penting?

Sebuah data yang diterbitkan Searchenggineland menunjukan bahwa 50 % orang yang pada hari itu melakukan pencarian lokal akan melakukan transaksi dengan mengunjungi toko.

Itu artinya mereka akan mencari informasi terlebih dahulu di internet, lalu membuktikannya sendiri dengan mengunjungi toko sesuai dengan informasi yang sudah didapatkan.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO On-Page

Ketika Anda melakukan optimasi terkait daerah target Anda, mungkin transaksi tidak terjadi pada website, namun mereka akan melakukan transaksi ke toko secara langsung berkat informasi yang didapat dari website Anda.

Hal tersebut sesuai dengan survey yang juga masih dari sumber yang sama dimana 70% orang melakukan pencarian lokal untuk mengetahui keberadaan toko offline dan mengunjunginya untuk pertama kali.

Itu artinya, jika bisnis Anda menjangkau suatu wilayah saja, local SEO menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan dari website Anda.

 

Apa Strategi SEO lokal yang Paling Penting?

Secara garis besar, apa yang kita lakukan terkait teknis SEO masih sama. Hanya saja penggunaan keyword, konten, dan anchor link lebih memaksimalkan pada pencarian lokal.

Berikut saya akan ulas masing-masing bagian yang harus Anda lakukan dalam melakukan optimasi local SEO.

 

1. Riset Keyword

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci.

Cara yang harus Anda tempuh juga tidak jauh berbeda, Anda tetap bisa mengunakan cara lama yang kami bahas sebelumnya pada link ini https://jawarakonten.com/riset-keyword/ dan melakukan sedikit inovasi.

Inovasi yang saya maksud disini adalah menyesuaikan bagaimana kebiasaan orang dalam mencari informasi, baik melalui Google maupun layanan lainnya.

Jika Anda sadar, ada sedikit perbedaam tentang bagaimana orang dalam mencari informasi seperti pada saat mereka menggunakan Amazon Echo atau Google Home, terlebih pada saat melakukan pencarian local.

Orang lebih suka untuk mengatakan “restoran terdekat” atau “ cari dokter spesialist didekat saya” dari pada harus mengetikannya melalui mesin pencari.

Jika Anda jeli mengenai contoh diatas, Anda akan menemukan sedikit perbedaan pada jenis keyword, yaitu keyword berupa pertanyaan.

Maka dari, tidak ada salahnya jika Anda juga menargetkan kata kunci yang khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terjadi dalam ruang lingkup lokal.

 

2. Konten akan Tetap Utama

Konten akan tetap menjadi bagian yang terpenting dalam melakukan optimasi, bahkan dalam SEO modern ini bagian yang sangat fundamental.

Begitu juga ketika Anda akan melakukan optimasi SEO lokal, namun yang membedakan terletak pada fokusnya, yaitu pencarian lokal.

Setelah Anda menemukan keyword pencarian local, mulailah untuk merancang konten website Anda. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan layanan jasa content writer dari Jawarakonten.

Ingat, fokus pada konten yang menjaring pencarian local.

Ada tiga point penting dalam membuat konten untuk strategi ini yaitu fokus pembahasan yang spesifik, pembahasan yang detil, dan masukan pengetahuan terkait informasi local.

Jika Anda bisa meracik konten yang seperti ini, Anda akan dengan mudah memenangkan persaingan yang pada akhirnya merajai untuk query pencarian lokal.

Namun sesekali Anda juga boleh melupakan tentang kedalaman, kadang pengunjung justru suka dengan konten yang ringkas dan langsung menjawab pertanyaan.

Artinya, Anda tidak harus selalu membuat konten yang panjang, artikel yang singkat dan padat kadang lebih disukai, tergantung dari kata kunci yang akan Anda maksimalkan.

 

3. Link Building Local

Anda tidak bisa menyamakan pembangunan tautan menuju website yang menjaring pencarian lokal dengan SEO organik pada umumnya, karena ada sedikit perbedaan mengenai hal ini.

Salah satu perbedaanya adalah jenis website yang harus Anda dapatkan. Sedangkan untuk kesamaanya terletak pada pedoman umum yang sudah diberikan oleh Google.

Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca pedoman websmaster dari Google dan menemukan situs yang tepat untuk membangun link building situs Anda.

Beberapa situs terbaik untuk meningkatkan pencarian lokal seperti dibawah ini:

  • Direktori local
  • Website mitra lokal
  • Website berita lokal
  • Forum perdagangan lokal
  • Situs industri lokal

 

4. Manfaatkan Google Bussines

Sebagai tambahan, Anda juga harus memaksimalkan hal lain yang ssangat penting untuk perkembangan bisnis Anda, salah satunya adalah Google Bussines.

Ketika Anda mendaftarkan bisnis ke Google Bussines, Google juga akan menyertakan pada hasil pencarian yang mencakup query local. Kurang lebih tampilannya seperti ini.

google bussines seo lokal

Gambar diatas saya ambil dengan melakukan pencarian pada wilayah ponorogo. Perhatikan, saya gak memasukan keyword yang menyasar bisnis lokal, namun Google bussines langsung menyarankan bisnis yang saya cari dari yang terdekat dan memiliki kualitas bagus. Karena memang ini fitur utama Google Bussines.

Lebih mudahnya, beberapa hal yang sifatnya teknis tidak terlalu ribet dan sesulit melakukan optimasi webiste, cukup buat akun, lengkapi informasi pendukung, Anda sudah memiliki kesempatan untuk dilihat lebih banyak orang.

Namun Google hanya akan menampilkan tiga bisnis untuk satu kali pencarian, dan bisnis yang akan ditampilkan dilihat dari banyaknya review, bintang pada review, dan seberapa sering bisnis tersebut mendapatkan review.

 

Bagaimana Masa Depan SEO local?

Sejauh ini, banyaknya kemudahan dalam mengakses semarphone membuat orang lebih suka menggunakan pencarian suara. Hal ini juga sejalan dengan terjadinya peningkatan trend pada pencarian lokal.

Baca Juga: Faktor Penentu Rangking di Google

Terobosan baru dari perusahaan teknologi masih dan mungkin saja akan terus terjadi. Google misalnya yang selalu mengeluarkan produk baru dengan teknologi dan algoritma mendekati sempurna.

Sejauh ini SEO local memang sudah masuk dan memiliki grafik yang meningkat. Namun jika akan seperti apa kedepannya, sepertinya masih sulit untuk menentukannya mengingat beberapa raksasa masih gencar melakukan inovasi.

Strategi SEO lokal ini mungkin juga akan mengalami perubahan, tergantung dari perilaku penguna ketika melakukan pencarian dengan query lokal. Silahkan amati, dan sampaikan pendapat atau pertanyaan Anda pada kolom dibawah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *