Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Apa itu SEO Marketing? Pengertian dan Strategi Pemasaran SEO Website

2 min read

SEO Marketing

Untuk anda yang bergulat dengan dunia marketing dan mulai menyusun kembali strategi marketing yang relevan dengan perkembangan zaman, pasti pernah mendengar istilah SEO Marketing. Lalu sebenarnya apa itu SEO Marketing? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa yang harus dilakukan untuk menjalankan strategi ini?

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas hal ini. Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu bahwa jawarakonten adalah layanan pembuatan content atau yang lebih populer disebut sebagai jasa penulis artikel. Selain itu kami juga menyediakan layanan lain seperti jasa pengelolaan website dan jasa pembuatan website.

Dan semua layanan tersebut kami perkenalkan kepada calon konsumen menggunakan SEO Marketing. Ketika artikel ini kami terbitkan, sudah lebih dari 2 tahun website kami ada di internet, dan selama ini kami terus fokus pada SEO (Search Engine Optimization), dan mengabaikan pilihan lain seperti iklan, dan sebagainya.

Ingin tahu hasilnya seperti apa? Bisa dibilang sangat memuaskan, melalui SEO kami berhasil pelanggan potensial, yang kami yakin akan sangat sulit jika pelanggan-pelanggan tersebut kami jangkau menggunakan cara konvensional.

Apa itu SEO Marketing?

SEO Marketing adalah salah satu saluran pemasaran yang masuk dalam sub kategori digital marketing dengan tujuan meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari (memunculkan situs di halaman 1 mesin pencari seperti Google). Jika situs atau website berada di urutan atas mesin pencari, maka ketika orang mencari sesuatu, ada kemungkinan situs anda yang dibuka, dengan begitu mereka mengenal produk anda (leads).

Jika dibandingkan dengan saluran pemasaran digital marketing lain seperti iklan, tingkat konversinya jauh lebih besar SEO Marketing. Kenapa? Karena orang yang menemukan produk anda adalah orang yang memang memiliki tujuan untuk membeli produk. Selain itu SEO Marketing itu masuk kedalam inbound marketing, bukan kita yang mendatangi pelanggan, namun mereka lah yang datang kepada kita untuk menanyakan produk.

Strategi SEO Marketing Website

Dari pengertian diatas, mungkin anda sudah sedikit paham tentang saluran SEO Marketing. Lalu bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya kita bisa mengesekusi rencana ini dengan panduan optimasi SEO website.

Namun bagi orang yang baru mengenal istilah diatas, kami yakin akan lebih pusing membaca artikel tentang optimasi SEO. Maka dari itu, disini kami akan menjelaskannya secara lebih sederhana step by step tentang strategi pemasaran SEO.

website company profile
Build Your Website with Jawarakonten

1. Buat Website

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat website, SEO Marketing wajib membutuhkan website karena memang inilah yang akan kita gunakan untuk mengenalkan produk dan meng-optimalkan untuk muncul di mesin pencari.

Beberapa hal yang kita butuhkan dalam membuat website adalah hosting, domain, dan theme. Untuk hal ini, kami menyarankan anda untuk membeli yang terbaik, karena inilah investasi yang paling krusial dalam menjalankan SEO Marketing.

2. Riset Keyword

Langkah kedua adalah melakukan riset keyword (kata kunci) untuk mengetahui kata yang sering digunakan calon pelanggan untuk mencari produk kita. Riset kata kunci nantinya juga harus dilakukan pada saat akan membuat konten baru untuk website.

Dari riset kata kunci inilah nantinya kita bisa menargetkannya pada halaman produk (landing page) ataupun pada konten yang akan kita buat.

3. Buat Landing Page

Landing page adalah halaman arahan atau halaman produk yang nantinya akan kita gunakan untuk mengenalkan produk. Contohnya seperti halaman awal jawarakonten yang memperkenalkan jasa kepenulisan kami.

Dalam membuat landing page, kita juga harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO. Jika tidak, hal ini akan lebih sulit untuk dilakukan optimasi. Pelajari hal ini lebih lanjut dalam artikel kami Panduan Optimasi On Page.

Jika anda membutuhkan inspirasi landing page, silahkan baca artikel kami tentang contoh-contoh landing page di link ini: jawarakonten.com/landing-page

4. Lakukan Optimasi SEO

Ini adalah lankah terakhir namun tidak singkat, bisa dibilang project yang tidak ada masa akhirnya, alias harus dilakukan secara terus-menerus.

Optimasi SEO adalah serangakain langkah yang dilakukan untuk memunculkan website di mesin pencari seperti Google. Kalau dalam panduan ini, halaman yang akan kita rangking di mesin pencari adalah Landing pagenya tadi.

Prosenya sangat banyak dimulai dari melakukan internal link, menerbitkan artikel baru, sampai melakukan optimasi off page (backlink, sosial media mention, etc). Selalu ingat, optimasi SEO bukanlah project, ini adalah tugas yang harus kita lakukan secara terus-menerus, termasuk ketika website kita sudah di halaman 1 Google.

Nah berikut pengertian tentang SEO Marketing lengkap dengan strategi yang harus kita lakukan untuk menjalankan saluran pemasaran satu ini. Selain jasa penulisan artikel, kami juga menyediakan layanan lain yang bisa anda gunakan untuk memulai strategi ini seperti jasa pembuatan website perusahaan dan pengelolaan website bisnis. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan terkait layanan kami.

[Tanya Jawab]

Benarkah Biaya SEO Marketing itu Murah?

Mahal atau murah itu sebenarnya sangat relatif, kenapa? Karena apa yang akan kita jalankan disini berhubungan dengan media kreatif. Jadi murah atau mahal, sangat tergantung dengan selera dan seperti apa kita membranding merek.

Apa Saja Biaya Bulanan SEO Marketing?

Biaya bulanan yang harus dikeluarkan dalam menjalankan pemasaran SEO adalah biaya pembuatan artikel, biaya backlink, dan hal lain yang dibutuhkan dalam optimasi SEO.

Apa SEO Marketing Bisa dijalankan Tanpa Website?

Tidak bisa, meskipun sosial media bisa dirangking oleh mesin pencari, namun sangat sulit, dan hanya melalui website kita bisa membuat strategi ini berjalan mulus.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress