SEO Travel: Tips Bersaing dengan Perusahaan Besar Low Budged

Tips SEO Travel Agency Cara Bersaing dengan Perusahaan Besar

SEO Travel: Tips Bersaing dengan Perusahaan Besar Low Budged

Banyak perusahaan kecil yang menganggap bahwa tips SEO website travel bukanlah sesuatu hal yang penting dan bermanfaat bagi mereka.

Sebagian besar orang menganggap bahwa mesin-mesin pencari seperti Google akan lebih mengutamakan dan memberikan penilaian lebih terhadap perusahaan besar sehingga hampir tidak mungkin perusahaan kecil dapat bersaing.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Perusahaan kecil masih bisa bersaing, namun diperlukan usaha lebih dengan strategi yang terukur.

 

Seperti apa Persaingan Bisnis Travel?

Dalam SEO modern kita mengenal yang namanya Expertise Authoritativeness and Trustworthiness (A-A-T) yang pada intinya mesin pencari menanyakan siapa saja orang dibalik website tersebut, apakah memiliki kemampuan?

Perusahaan besar seperti traveloka tentu memiliki peluang lebih besar karena memang nama mereka sudah benar dan sanggup memenuhi EAT.

Namun apakah perusahaan kecil tidak dapat bersaing?

Tentu saja masih bisa.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan kecil untuk bersaing mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian organik mesin pencari. Cara-cara ini secara tidak langsung akan membantu bisnis anda berkembang dengan biaya yang cukup murah.

Baca Juga: Strategi Optimasi SEO Lokal

Faktanya, masih banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh website perusahaan kecil dalam menghadrikan layanan travelnya.

Model bisnis website travel berbeda dengan ceruk dunia bisnis lainnya seperti website kesehatan yang sudah pasti dan sulit dikembangkan. Perusahaan besar seperti halodokter tentu saja lebih dipertimbangkan oleh Google karena semua orang yang terlibat adalah orang ahli.

Namun perusahaan travel memiliki kemungkinan untuk dikembangkan sedemikian rupa.

Jika kemungkinan-kemungkinan pengembangan ini dieksplor dengan baik oleh perusahaan kecil, maka untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar menjadi sangat mungkin.

 

Seperti apa Strategi untuk Bersaing?

Potensi perusahaan kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar dalam bidan travel atau perjalanan bahkan lebih besar lahir karena beberapa alasan.

Pertama, semakin banyaknya orang yang suka berpergian dan berlibur dan yang kedua adalah proses bagi para wisatawan itu untuk melakukan booking tiket, hotel, dan paket wisata sangatlah kompleks.

Disinilah muncul peluang bagi perusahaan jasa wisata kecil untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar.

Secara umum, perusahaan kecil akan lebih mudah untuk membuat konten-konten khusus dan menarik dengan pemikiran personal yang berada dalam “ceruk” bidang mereka. Apalagi sekarang ini Google lebih suka dengan website yang fokus dan ahli dalam suatu bidang.

Hal ini berbanding terbalik dengan perusahaan-perusahaan besar yang cenderung menggunakan agen atau penulis-penulis yang merupakan karyawan di perusahaan tersebut.

Selain itu perusahaan kecil juga dapat memuat banyak sekali topik-topik menarik di niche atau bidang khusus yang mungkin tidak dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar karena perusahaan besar cenderung untuk memfokuskan diri pada frase-frase popular yang digunakan oleh para wisatawan saat menggunakan mesin pencari.

Disinilah kesempatan anda, fokuskan pada ceruk kecil yang spesifik dan mungkin untuk anda raih. Lalu mulai berkembang seiring dengan kemampuan perusahaan anda.

 

Tips SEO Website Perusahaan Travel Kecil

Berikut ini adalah 7 langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan kecil untuk bersaing dengan website perusahaan besar yang sebenarnya dikelompokkan dalam 3 bagian  yaitu isi, teknis, dan promosi.

Namun saya akan menjelaskannya dalam 7 bagian yang dapat anda ikuti step by stepnya.

 

1. Riset Kata Kunci

Tips SEO yang pertama adalah melakukan riset kata kunci. Jika perusahaan besar berusaha untuk memasukkan banyak kata kunci atau frase populer ke dalam websitenya untuk menjaring traffic, maka  perusahaan kecil dapat mencoba untuk memasukkan kata-kata kunci yang lebih detail.

Ingat, apa yang anda lakukan harus terukur sehingga anggaran yang anda keluarkan bisa maksimal.

Lakukan analisa terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh calon wisatawan dari mulai mereka melakukan pencarian sampai pada akhirnya melakukan pemesanan perjalanan atau paket wisata.

Dengan kata lain perdalam dan detailkan kata-kata kunci kedalam bagian yang lebih spesifik.

Contoh

Alih-alih memasukkan kata kunci umum seperti liburan di Bali, anda dapat menelusuri “perjalanan” calon wisatawan dalam mencari dan memesan paket wisata dengan memasukkan kata-kata kunci seperti ini:

  • Tempat terbaik untuk dikunjungi di bulan April
  • Liburan di Bali
  • Kota terbaik di Bali untuk keluarga
  • Apa yang dapat dilakukan di Kute
  • Restoran di Denpasar yang ramah keluarga
  • Hotel keluarga mewah di pusat kota Denpasar

Dengan memasukkan kata-kata tersebut website anda akan lebih mudah ditemui dalam hasil pencarian tanpa lawan dari perusahaan-perusahaan besar karena perusahan besar tidak akan memasukkan kata-kata kunci detail seperti itu.

Anda juga bisa menggunakan beberapa tools berbayar untuk melakukan riset kata kunci,

2. Pembuatan Konten

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perusahaan kecil memiliki keuntungan yaitu berupa kekhususan topik yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar.

Tips SEO ini menyarankan anda untuk menyajikan sesuatu yang baru, terfokus, serta mengandung pemikiran yang unik untuk menarik pembaca.

Karena anda bermain pada niche lokal, seharusnya anda memiliki pemahaman jauh lebih baik dari pada perusahaan besar yang kantornya berada di Jakarta. Selain itu, anda juga bisa memiliki kecepatan dalam perubahan informasi.

Gunakan ini sebagai sesuatu yang baru dalam setiap konten website anda ini akan membuat calon pelanggan lebih memilih anda untuk mengetahui sesuatu dengan lebih jelas.

Terfokus akan membuat konten anda mendapatkan tempat dimesin pencari. Saya bisa memastikan bahwa semua kata kunci yang populler pasti sudah dikuasai oleh website besar, anda sulit untuk bersaing pada ceruk ini.

Dan terkahir, pemikiran yang unik akan membuat hubungan personal antara anda dan pelanggan jauh lebih baik. Fakatanya, perusahaan kecil biasanya memiliki hubungan personal yang lebih baik dibandingkan perusahaan besar.

Manfaatkan dengan baik kelemahan perusahaan besar satu ini, hadirkan pemikiran unik pada konten anda untuk membangun hubungan personal antara anda sebagai perusahaan dan pelanggan.

3 element ini tentu akan menarik pembaca dan secara tidak langsung akan membuat website perusahaan kecil mejadi lebih unggul.

Namun hanya dengan menulis topik khusus yang menarik saja tidaklah cukup.

Karena tingginya tingkat persaingan di perusahaan jasa perjalanan, Struktur penulisan dan halaman juga harus benar diperhatikan, misalnya adanya menu isi halaman, struktur header yang bagus serta tingkat kedalaman pembahasan.

Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, silahkan simak pembahasan saya beberapa waktu lalu terkait SEO On page disini https://jawarakonten.com/optimasi-seo-onpage/

Lakukan hal diatas dan saya yakin akan semakin banya calon-calon wisatawan potensial yang akan berkunjung ke website anda hingga akhirnya menjadi pelanggan.

Satu lagi keuntungan yang didapatkan dengan menulis konten-konten khusus adalah bahwa hal ini menunjukkan anda benar-benar ahli dalam bidangnya dan jika reputasi website meningkat, peluang terjadinya transaksi juga meningkat. it’s fact

 

3. Barnacle SEO

Jika anda telah menulis hal-hal menarik dengan topik-topik khusus di website, namun masih belum mampu untuk bersaing dengan website perusahaan besar, mungkin Barnacle SEO adalah jawabannya.

Apa itu Barnacle SEO?

Barnacle SEO adalah sebuah istilah yang dikenalkan oleh Will Scot pada tahun 2011 untuk membuat website anda lebih dikenal dengan cara menambahkan menambahkan pada entitas lebih tinggi seperti website direktori.

Saya sendiri memahaminya seperti optimasi off page yaitu pemberian backlink pada website.

Domain anda mungkin tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk bersaing dengan website-website perusahaan besar meskipun anda sudah menyajikan sesuatu yang menarik.

Dan sebagai solusinya adalah dengan mencari website-website editorial terkemuka dan anda bisa menuliskan artikel pada website tersebut dengan mencatutkan link menuju website perusahaan anda.

Carilah website yang benar-benar menggambarkan atau mewakili kekhususan bidang dari perusahaan travel anda, misalnya blog-blog mengenai travelling dan tawarkan artikel ada pada mereka.

Konten juga harus anda buat seperti pada poin-poin yang sebelumnya sudah saya jelaskan, namun alih-alih menuliskannya ke dalam website perusahaan sendiri, tulisan tersebut nantinya akan anda diterbitkan pada blog travelling tadi.

Selain link, Anda juga dapat memasukkan nomor kontak di dalam artikel atau jika tidak memungkinkan, anda dapat memasukkan keterangan mengenai penulis di akhir artikel.

Yang penting dengan menulis di blog atau website yang terkemuka anda telah menyebarluaskan konten atau layanan perusahaan anda ke kebih banyak calon pelanggan potensial.

Langkah terakhir adalah anda tinggal melakukan monitoring terhadap postingan anda, apakah banyak pengunjung atau tidak. Jika ternyata postingan anda tidak mendapatkan tanggapan yang baik, jangan buru-buru menyalahkan blog atau website tempat anda menulis karena bisa saja memang kualitas tulisan anda yang tidak cukup bagus.

Jika anda kesulitan untuk membuat konten seperti ini, anda bisa menggunakan layanan jasa penulis artikel dari Jawarakonten.

 

4. Maksimalkan SEO Teknis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perusahaan-perusahaan besar tidak memfokuskan diri pada kata-kata kunci khusus yang bersifat personal namun mereka mencari kata-kata kunci umum yang banyak digunakan orang.

Kembali saya sampaikan, Hal ini membuka peluang tersendiri bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk bersaing dengan menggunakan kata-kata kunci personal yang jarang dilirik perusahaan besar.

Setelah anda mendapatkan kata kunci tadi, maksimalkan dengan SEO teknis yang selama ini digunakan banyak webmaster.

SEO teknis ini melibatkan kata-kata kunci detail atau khusus seperti “desa wisata di Kabupaten Sleman”. Jika dalam hasil pencarian Google anda mendapati hasil berupa kotak jawaban dan bukan daftar halaman website pada bagian atasnya, ini adalah peluang besar.

SEO teknis website travel

Yang perlu dilakukan adalah melakukan riset mengenai kata kunci tersebut dan buatlah konten yang menarik dan dengan struktur yang benar seperti sample yang anda dapatkan.

Jika hal ini bisa anda manfaatkan dengan baik, posisi atas dari hasil pencarian kata kunci tersebut bisa menjadi milik anda.

Keuntungan lain dari bersaing di bisnis travel adalah anda dapat mencari contoh kesuksesan konten-konten khusus seperti itu hanya dengan mengganti lokasi di kata kunci yang anda incar. Ini adalah ide brilian yang belum banyak dimanfaatkan orang.

Misalnya anda menemukan kata kunci dengan hasil seperti itu untuk “desa wisata di kabupaten Cianjur”, jika hasilnya bukan merupakan kotak jawaban dari Google dan berupa website, anda dapat melihat isinya dan menjadikannya contoh untuk konten yang akan anda buat dengan struktur konten seperti yang berhasil menjadi jawaban tadi.

 

5. Pemasaran Kreatif

Tiga tips selanjutnya adalah bagian terakhir dari tips SEO yang dapat digunakan untuk meningkatkan persaingan bisnis dengan perusahaan-perusahaan besar.

Jika perusahaan besar cenderung mengeluarkan banyak biaya promosi untuk memasukkan link website mereka ke banyak blog maupun website lain mengenai travelling, anda tidak perlu mengikutinya karena biasanya akan sangat mahal.

Masih ada cara bagi perusahaan kecil untuk melakukan hal tersebut tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dan yang pertama adalah melalui pemasaran kreatif.

Perusahaan besar akan cenderung lambat dalam mengambil keputusa karena harus melewati banyak sekali proses dan pertimbangan, baik dari manajemen maupun dari pemegang saham.

Selain itu perusahaan besar juga cenderung akan menolak ide-ide yang terlihat tidak biasa dan tidak terjamin keberhasilannya. Hal seperti ini tentu saja tidak terjadi dengan perusahaan kecil yang strukturnya lebih kecil dan misalnya mereka mengalami kegagalan, akan lebih cepat untuk bangkit.

Laman searchenginejournal.com menyebutkan bahwa mereka memberikan ide kepada klien yang notabene merupakan perusahaan travel kecil untuk membuat sebuat produk baru yang benar-benar diluar kebiasaan perusahaan, yaitu menawarkan “pacar” Instagram yang tugasnya adalah untuk mengambil foto-foto candid sang wisatawan selama berlibur.

Program unik ini merupakan layanan dari perusahaan perjalanan yang belum pernah ada sebelumnya dan karena keunikannya layanan ini mendapatkan 300 ulasan di berbagai tempat ditambah 100 buah link dari banyak website dan media terkemuka.

Tidak membutuhkan banyak biaya, namun cukup efektif untuk mengenalkan usaha travel anda.

Anda bisa menggunakan cara ini, atau menemukan ide lain yang lebih brilian untuk media pemsarana kreatif anda.

 

6. Newsjacking atau Membajak Berita

Tips SEO ini juga bisa membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke website anda dengan cara memantau berita dan mencatat topik-topik hangat atau trending. Dengan topik tersebut buatlah konten yang akan meningkatkan traffic website anda atau mendapatkan link.

Anda dapat melakukan  beberapa wawancara yang relevan, menuliskan konten pada Google News, atau membuat artikel-artikel yang berhubungan dengan topik tersebut.

Dengan ini semua maka anda akan dapat mengumpulkan tautan dari banyak situs terkemuka dimana pada akhirnya itu akan meningkatkan traffic website anda.

 

7. Hubungan Pribadi

Mungkin ini adalah tips SEO website travel yang paling tidak teknis dan memerlukan kemampuan sosial yang baik. Dalam mendapatkan link, perusahaan besar biasanya mengandalkan pihak ketiga atau tim yang memang khusus ditugaskan untuk mambangun tautan.

Dengan pendekatan seperti ini dapat dipastikan bahwa pihak blog atau website akan meminta uang sebagai bayaran untuk link yang akan mereka muat. Bagaimanapun, perusahaan besar memiliki budged yang unlimited, dan ini tentu saja tidak bisa anda ikuti.

Tujuan kita tetap sama, mendapatkan link. Namun gunakan pendekatan yang lebih kreatif dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Biasanya, proses pendekatan pada perusahaan kecil dilakukan langsung oleh pemilik atau pegawai senior yang berpengaruh akan menimbulkan kemungkinan pemilik website untuk berdiskusi dan melakukan kerjasama yang saling menguntungkan.

Selain itu kemungkinan untuk bekerja sama dalam jangka waktu yang lama juga mungkin akan terjadi.

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengidentifikasi website-website besar dan berpengaruh yang akan didekati, kemudian ikutilah mereka, cari tahu dimana mereka sering berkumpul. Setelah anda mengetahui seperti apa mereka dan seperti apa bentuk kerja sama yang bisa anda tawarkan, mulailah mengontak mereka.

Terbentuknya tautan dari website besar adalah keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan, jika anda terus membina hubungan yang baik dengan mereka, makan akan ada banyak keuntungan-keuntungan lain di masa depan yang bisa anda dapatkan.

Baca Juga: Faktor Penentu Rangking di Google

Itulah beberapa tips SEO website travel yang bisa dilakukan oleh perusahan agen perjalanan kecil untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar. Perusahaan kecil dapat dengan mudah mengalahkan perusahaan besar dengan trik pemasaran yang jitu serta memanfaat ukuran perusahaan yang lebih kecil. Ikuti tips-tips diatas dan lihat seperti apa trafiknya.

Any questions? sampaikan melalui kolom komentar :))

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)