Kamu seorang landscaper yang hobi hunting foto pemandangan? Coba deh bawa kamera mu ke Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ada sebuah tempat epic dengan nama situ cicerem atau telaga biru yang pastinya akan membuat kamu betah berada disana.

Kenapa disebut Telaga Biru?

Karena telaga ini mempunyai air yang jernih dan berwarna kebiruan. Sangat jernih, sampai kamu bisa melihat dengan jelas warna warni ribuan ikan dari beragam jenis seperti ikan bawal, ikan nila dan juga ikan mas.

Meski berisi ribuan ikan, uniknya air Situ Cicerem tetap jernih dan tak berbau amis lho!

 

Keindahan Telaga Biru Situ Cicerem

Situ Cicerem merupakan telaga alami seluas sekitar 3 hektar dengan kedalaman air sekitar 5 meter. Situ ini belum begitu populer karena masih dalam proses pengembangan dibawah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Meskipun demikian, kami yakin bahwa lokasi wisata ini nanti akan menjadi salah satu terpopuler di Kuningan. Kenapa demikian? Yuk kita simak beberapa keunikan dan keindahan telaga Biru situs Cicerem berikut ini.

 

1. Keasrian yang Masih Terjaga

Untuk kamu yang suka dengan suasana alam yang asri, situ Cicerem pasti akan mejadi destinasi yang pas buat kamu. Sebuah telaga dengan warna biru yang dikelilingi oleh pohon yang rindang dan berada didataran tinggi ini memang masih sangat asri dan alami.

Bahkan ada sebuah mata air yang selama ini masih mengeluarkan air jernih yang menuju ketelaga. Cocok banget kamu yang ingin menghilang sejenak dari keriweuhan suana kota yang crowded.

 

2. Terdapat Berbagai Jenis Ikan

Selain warna air yang biru, disini kamu juga akan menemukan banyak jenis ikan air tawar yang menghuni danau Cicerem. Dan yang lebih menariknya, pengujung diperkenankan untuk memberi makan ikan hias yang hidup di danau ini.

Btw, ikan disini jinak banget lho, sudah sangat terbiasa dengan aktivitas manusia. Bahkan ketika kamu memberi makan, mereka akan langsung berkumpul didekat kamu. Namun semua ikan yang ada disini tidak boleh ditangkat dan dibawah pulang ya..

 

3. Banyak Spot Instagramable

Nah bagi para milenial dan landscaper pasti yang sangat suka dengan hal ini, kenapa? karena di situ cicerem terdapat banyak spot instagenic yang dapat kamu jadikan sebagai latar untuk mendapatkan foto keren. Suasana yang asri, air telaga yang biru, dan diisi oleh beragam ikan hias membuat kamu bisa mendapatkan foto yang keren.

Selain itu ada beberapa tempat yang memang shotable, tidak perlu kamera yang bagus, hasil jepretan kamu pasti akan nampak mempesona.

 

Rute Menuju Lokasi

Gimana landscaper? Pasti sudah gak sabar untuk mengeksplor pesona kecantikan Telaga Biru Situ Cicerem kan? Bagi kamu yang ingin kesana tapi belum pernah ke Kuningan, Tenang, lokasi Situ Cicerem relatif mudah dijangkau kok!. Simak petunjuk rute lokasinya berikut ini ya.

  • Jika kamu berasal dari luar kuningan, pastikan kamu sampai dulu di kota Kuningan. Nanti dari arah kota Kuningan, lanjutkan perjalanan menuju bundaran Ciracas (letaknya di sebelah utara melewati Pasar Cilimus), lalu menuju Tugu Mandirancan (800 meter dari pertigaan Cirea – Pasawahan, belok kiri di pertigaan).
  • Dari Tugu Mandirancan, lanjutkan perjalanan ke Desa Pasawahan, nanti di pertigaan dekat lapangan bola kamu belok kanan, ke arah objek wisata Paniis.
  • Dari objek wisata Paniis, lanjutkan perjalanan sampai perempatan dekat Masjid Pasawahan. Belok kanan di perempatan menuju arah Jalan Pasawahan kemudian belok kiri setelah melewati Kantor Polsek Pasawahan.
  • 500 meter setelah Kantor Polsek, di pertigaan dekat Masjid kamu belok kiri menuju arah Jalan Kaduela. Kurang lebih 300 meter setelah pertigaan akan ada gerbang Wisata Situ Cicerem, dan akhirnya kamu sampai deh.

Agar lebih mudah sebaiknya kamu menggunakan bantuan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps atau Waze ya. Selamat berlibur dan jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap sudut keindahan di telaga Biru Situ Cicerem.

 

META

Judul : Situ Cicerem : Telaga Biru Cantik Incaran Landscaper

Deskripsi: Menilik keindahan wisata telaga Biru Situ Cicerem Kuningan yang selama ini menjadi primadona para landscaper. Yuk simak ulasannya.

keyword: –

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *