Split Test Facebook Ads: Uji Asumsi Produk Trending dengan Data

apa itu Split Test Facebook Ads adalah

Split Test Facebook Ads: Uji Asumsi Produk Trending dengan Data

Sebagai seorang penjual, tentu Anda memiliki beberapa produk. Dalam beberapa moment, tentu Anda ingin mengetahui produk mana yang paling banyak diminati konsumen.

Disinilah fungsi dari split test facebook ads, yaitu untuk mengetahui produk yang memiliki trend baik yang nantinya akan kita maksimalkan dalam marketing.

 

Apa itu Split Test Facebook Ads??

Split Test Facebook Ads adalah sebuah fitur dari facebook yang memiliki fungsi untuk memberikan data akurat tengtang produk paling potensial. Data ini diharapkan bisa membantu optimasi penayangan iklan yang dilakukan oleh pengguna.

Fitur ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang karena dianggap dapat meningkatkan tingkat konversi dari target audience yang sudah ditentukan.

Baca Juga : Rekomendasi Tool Instagram untuk Optimasi Terbaik

Jadi secara sederhana uji split facebook ads  adalah sebuah strategi marketing yang membandingkan dua elemen kampanye sehingga dapat menentukan elemen mana yang memiliki hasil terbaik.

 

Jenis Split Test ADS

Dibagi menjadi 2, split test ini memiliki 2 variasi. Variasi ini adalah ads set dan ads. Ads set terdiri dari audience targeting, placement, dan bidding. Sedangkan ads terdiri dari gambar, headline, dan copywriting.

Fungsi dari masing masing variasi pun berbeda. Bergantung pada apa fokus penting yang Anda masukkan sebagai komponen penunjang untuk membuat ads Anda semakin menarik untuk dikunjungi oleh pengguna Facebook

 

Tips Split Test Facebook Ads untuk Pemula

Apakah Anda tertarik menggunakan jasa Split Test Facebook Ads untuk meningkatkan target audience? Jika iya, ikuti panduannya di bawah ini, dan ketika Anda sudah siap, Anda bisa mulai melakukan Uji Split.

 

1. Sebelum melakukan Split Test

Mempertimbangkan beberapa elemen penting. Salah satunya adalah variabel yang akan diuji dan hipotesis yang muncul berdasarkan key performance indicator.

Hipotesis yang muncul juga harus mempertimbangkan angka audience, durasi, dan anggaran yang tepat. Biasanya tes akan dilakukan sekitar 3 – 14 hari untuk mengoptimalkan target audience.

Untuk anggarannya sendiri bergantung pada besar ukuran split dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk dapat melihat hasil yang signifikan.

 

2. Persiapan split test

Saat melakukan persiapan split test, Anda bisa menggunakan power editor atau interface split testing di Ads manager. Fitur ini diduga dapat memantau jumlah audience dan bagaimana variabel variabel tersebut bisa optimal.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk keperluan Lead generation bisnis baru, Mobile App instals, dan website conversions.

 

3. Monitor Test

Setelah Anda selesai membuat Split Test Facebook Ads dan mengunggahnya, Anda disarankan untuk tidak melakukan perubahan apapun saat test sedang berjalan. Karena melakukan perubahan ataupun optimalisasi pada saat test sedang berlangsung akan membuat hasilnya menjadi tidak berarti.

Anda hanya boleh melakukan perubahan ataupun optimalisasi pada saat test untuk mengatasi masalah yang sudah tidak ditolerir lagi.

 

4. Analisa Hasil Test

Saat hasilnya sudah keluar, Anda haruslah memeriksanya dengan seksama dan melakukan analisa untuk mengetahui kesalahan apa yang perlu diperbaiki untuk melakukan ads yang selanjutnya.

Lakukan analisa ini dengan cermat dan teliti, karena kesalahan dengan detail sekecil apapun bisa memberikan efek yang fatal.

 

5. Menindaklanjuti Hasil Test

Setelah melakukan analisa, mengenali kesalahan yang telah diperbuat, dan melakukan perbaikan, langkah selanjutnya yang dapat ditempuh adalah akan menindaklanjuti adanya ads atau tidak.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Hasil yang dikeluarkan bisa menjadi referensi bagi Anda untuk melakukan penerbitan ads dengan melihat iklan mana yang memiliki performa terbaik. Sehingga dapat menentukan strategi marketing yang paling cocok untuk digunakan.

Jika Anda berniat untuk menerbitkan ads tersebut, langkah yang bisa diambil adalah dengan meninjau ulang analisa yang sebelumnya telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan ads mana yang cocok untuk mewakili sesuatu yang akan diiklankan tersebut.

 

Kesimpulan

Split Test Facebook Ads ini dapat digunakan oleh siapapun dengan jenis bisnis apapun. Bagi Anda yang memiliki bisnis kecil atau baru saja memulai sebuah bisnis, tidak usah khawatir tidak bisa menggunakannya karena pada dasarnya Facebook sudah memberikan panduan yang lengkap. Link bisa Anda temukan diatas.

Fitur ini memang sangat memudahkan pengguna karena kita bisa melakukan optimasi berdasarkan data akurat, bukan hanya asumsi semata. Justru dengan segala manfaat yang diberikan, Anda disarankan untuk menggunakannya demi meningkatkan performa dari bisnis Anda.

strategi sosial media marketing

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)