Panduan Belajar Strategi Digital Marketing untuk Pemula

Akhir-akhir ini banyak orang yang ingin belajar digital marketing, hal ini tentu saja karena iklim bisnis sudah bergeser dari yang offline menjadi online.

Bisa dibilang metode-metode advertising tradisional sudah tidak relevan lagi. Metode semacam promosi dari pintu ke pintu atau bahkan cold-calling telah “tamat”.

Anda bisa saja menggunakan metode itu, tapi kalau ada yang lebih efisien, kenapa harus bersusah payah, right?

 

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum membahas lebih jauh, tentu saja Anda harus memahami apa itu digital marketing. Apa itu digital marketing? Kenapa itu menjadi penting?

Wikipedia mengartikan bahwa digital marketing adalah upaya untuk memperkenalkan brand (marketing) yang memanfaatkan media digital karena terbukti mampu menjangkau pelanggan secara realtime dan relevan.

Prkatik ini didalamnya juga menggunakan beberapa hal penting seperti psikologi, humanis, antropologi, dan teknologi yang selanjutnya akan diolah menjadi sebuah media interaktif untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Sedangkan  lexicom menjelaskan bahwa digital marketing adalah Pemasaran produk yang menggunakan saluran digital untuk menjangkau para konsumennya. Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk mempromosikan produk atau brand.

Istilah digital marketing tidak hanya sebatas pemasaran dengan memanfaatkan internet saja. Didalamnya juga termasuk hal lain seperti penggunaan ponsel (baik SMS dan MMS), sosial media marketing, iklan, SEM, SEO, dan media digital lainnya.

Jadi digital marketing itu luas. SEO dan sosial media marketing adalah salah bagian kecil dari strategi yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan produk dengan biaya yang rendah dan tepat sasaran. Point dari pemasaran digital adalah upaya pengenalan produk melalui rencana yang terukur dengan memanfaatkan media digital.

 

Kenapa Harus Digital Marketing?

Kenapa Anda harus bersusah payah mempelajari modul digital marketing?

Fakta menunjukkan bahwa ditahun 2018 lalu orang dewasa di US setiap harinya rata-rata menghabiskan waktu selama 3 jam sampai 35 menit di internet.

Inilah alasan mengapa peran digital marketing menjadi sangat penting. Selain itu Lyfe marketing mengungkapkan bahwa data menunjukkan Facebook ads 3 kali lebih murah dibanding media konvensional seperti televisi, radio, maupun iklan cetak.

Data lain menunjukkan ada 3,5 miliar pencarian yang dilakukan di search engine Google setiap harinya.

Traffic ini menunjukkan peluang iklan yang lebih menjanjikan dibanding media pemasaran traditional. Data-data inilah yang menjadikan alasan kenapa pemasaran traditional sudah tidak efektif lagi, atau bahkan bisa dibilang “TAMAT”.

Dan yang lebih mengesankan lagi, jika Anda mau belajar digital marketing meskipun Anda berstatus sebagai pemula, Anda bisa mendapatkan pelanggan tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak itu, salah satu caranyanya dengan memepelajari SEO yang dalam materi ini juga masuk dalam strategi jangka panjang.

Semua materi terkait Teknik SEO bisa Anda pelajari pada link tersebut.

Ingat, SEO Cuma salah satu strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan, selain itu masih banyak lagi lainnya seperti E-mail marketing.

E-mail juga terbukti menjadi salah satu jalur komunikasi paling efektif. Tercatat bahwa 91% dari pengguna e-mail melakukan pengecekan inbox setiap hari.

Hal ini kemudian berimbas pada tingkat ROI (rasio laba bersih terhadap biaya investasi) yaitu $38 untuk setiap $1 yang dikeluarkan sebagai biaya promosi.

Prosentase pengembalian investasi yang besar inilah yang menjadikan banyak perusahaan tertarik untuk melakukan digital marketing pada produk mereka.

Content is King” juga menjadi istilah yang tidak berlebihan karena kualitas konten terbukti efektif dalam menaikkan traffic website. Website yang secara rutin menerbitkan konten memiliki rata-rata traffic 4 kali lebih tinggi dibanding website pasif.

Keberadaan digital marketing terbukti membuat biaya iklan menjadi lebih murah. Nilai cost-per-sale (biaya yang dikeluarkan setiap satu produk terjual) menurun sebesar 80%.

Oleh karena itu, memahami strategi digital marketing menjadi alternatif yang tepat untuk untuk pertumbuhan yang cepat dan cerdas.

Strategi digital marketing itu sendiri salah satunya memuat rencana terintegrasi tentang bagaimana sosial media, mesin pencari, e-mail, dan konten dimanfaakan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Belajar digital marketing terdengar mudah bukan? Sayangnya hal ini tidak semudah kedengarannya, apalagi jika Anda seorang pemula.

Disini kami akan mengajak Anda untuk belajar digital marketing pemula yang asik dan mudah kita implementasikan. Strategi yang digunakan akan kami rangkum kedalam sebuah rencana yang sudah di kita desain seperti dibawah ini.

 

Road Map

Sebelumnya harus kita selaraskan pandangan terlebih dahulu bahwa pusat dari digital marketing ini terletak pada website Anda. Semua hal yang kita upayakan disini bertujuan untuk menjadikan website sebagai kantor atau toko untuk melayani setiap konsumen Anda.

Menurut Lyfe Marketing, terdapat 6 strategi yang dapat membantu untuk melipat gandakan penjualan. Keenam strategi itu meliputi:

  1. Membangun avatar pelanggan (memahami konsumen).
  2. Meningkatkan Brand Awareness.
  3. Strategi Sosial Media Marketing.
  4. Stretagi SEO Jangka Panjang.
  5. Meningkatkan traffic website.
  6. Mengkonversi traffic.
  7. Meningkatkan nilai konversi.
  8. Meningkatkan penjualan.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin meningkatkan penjualan, Anda harus meningkatkan kesadaran konsumen, meningkatkan traffic, dan tingkat konversi.

Namun sebelum itu dapat kita capai, hal yang paling penting adalah dengan memahami konsumen.

Keenam startegi akan kami kupas dengan detail dan menyeluruh yang dapat Anda Anda temukan pada bab selanjutnya.

 

Penyebab Kegagalan dalam Pemasaran Digital

Sebagian besar pelaku bisnis gagal dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital mereka. Kenapa itu bisa terjadi? Yuk kita cari tahu. Terdapat 3 alasan yang kemungkinan menyebabkan kegagalan tersebut, diantaranya adalah:

1.Tidak Memiliki Pengetahuan.

Melalui materi belajar digital marketing gratis ini kami harap kesenjangan tersebut bisa diatasi sehingga Anda memiliki pengetahuan yang cukup terkait apa yang akan dilakukan.

2. Keterbatasan Waktu.

Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup karena melakukan strategi digital marketing itu tidak instant, selain menggunakan strategi jangka pendek, ada strategi jangka panjang yang sebenarnya menjadi pusat dari apa yang kita pelajari.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya, anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk membangun image brand Anda.

3. Mereka tidak Memiliki Pengalaman.

Trial and eror sudah menjadi bagian yang harus Anda lalui untuk mengubah Anda yang pemula menjadi seorang expert.

Panduan ini tidak dibuat untuk menjadikan Anda langsung menjadi seorang ahli, namun hanya sebatas mengecilkan prosentase kegagalan.

Pastika Anda memiliki tiga hal tersebut sebelum lanjut pada metode yang selanjutnya.

 

Belajar Strategi Digital Marketing Pemula

Internet sebenarnya sangat sederhana. Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Anda dengan mudah dapat menemukan konten-konten favorit di Google atau Youtube. Anda dapat membaca blog dan belajar hal-hal baru. Anda dapat bertukar e-mail, bahkan yang paling penting Anda dapat menghabiskan uang di Internet.

Jika Anda melihat adanya peluang dari kemudahan yang diberikan internet bagi orang-orang untuk menghabiskan uang mereka, maka Anda memerlukan strategi untuk memaksimalkan penggunaan internet.

Dalam panduan belajar digital marketing online kali ini kami memberikan 5 langkah penting yang harus dilalui untuk mencapai target peningkatan penjualan menggunakan digital marketing.

Kelima tahap ini memiliki peranan masing-masing dan sangat penting sehingga kita tidak boleh mengabaiknnya.

1. Persiapan Konversi Traffik Menjadi Penjualan

Tahap pertama adalah menyiapkan website yang nantinya akan kita gunakan untuk mengkonversi traffic menjadi penjualan. Selalu ingat bahwa pusat dari digital marketing yang kita lakukan disini terletak pada website Anda.

Dalam melakukan desain web, perhatikan beberapa point krusial ini:

  • Membuat tampilan yang menarik dan simple.
  • User-friendly.
  • Responsive pada semua perangkat.
  • Copy iklan yang ciamik.

Dengan website yang seperti ini, kedepan kita akan lebih mudah dalam konversi traffik menjadi penjualan.

2. Peningkatan Brand Awareness dan Visibilitas

Tahap kedua adalah menumbuhkan Brand awareness (kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek) dan visibilitas (keadaan dapat dilihat dan diamati) website di mesin pencari.

Pada titik ini, strategi investasi jangka panjang diterapkan. Aset berupa brand atau merek dibangun dengan menggunakan promosi berbiaya kecil, seperti sosial media, SEO, Conten Marketing, Google My Business, dan e-mail marketing.

Strategi ini membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 12 bulan sampai pada kita dapat melihat hasilnya.

Strategi Digital Marketing Jangka Panjang

Beberapa strategi jangka panjang yang harus Anda terapkan seperti dibawah ini.

  • SEO: Betujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari dengan melakukan optimasi onpage dan offpage.
  • Content Marketing: bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan SEO. Ini adalah upaya untuk merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang tujuan akhirnya untuk mengenalkan produk Anda.
  • Social Media Marketing: bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffik, dan SEO juga.
  • Email Marketing: Pengumpulan email-email pelanggan yang nantinya akan kita gunakan untuk meningkatkan traffik website.
  • Google Bisnisku: upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan visibilitas website.

Pembangunan brand awareness dapat kita lakukan dengan penerbiatan konten yang relevan dengan produk Anda. Pelajari strategi content marketing yang sudah kami bahas sebelumnya.

Sedangkan hal lainnya masuk kedalam rencana untuk memberikan visibilitas pada website Anda. Materi Terkait strategi jangka panjang akan kami bahas dalam bab selanjutnya.

3. Meningkatkan Trafik Dengan Cepat

Tahap ketiga adalah meningkatkan traffic website secara cepat. Strategi jangka pendek perlu diterapakan pada tahap ini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic adalah dengan memanfaatkan sosial media untuk menjangkau lebih banyak user atau menggunakan email yang sebelumnya sudah anda kumpulkan.

Apa hanya itu? tentu saja tidak.

Strategi Jangka Pendek

Berikut beberapa strategi jangka pendek yang bisa Anda gunakan untuk mendpatkan trafik.

  • Pay Per Click: merupakan sebuah kerjasama dengan pihak lain dalam penerbiatan iklan yang biayanya dibebankan berdasarkan jumlah klik menuju website kita.
  • Affiliate Marketing: ini juga jenis periklanan dimana pihak yang melakukan kerjasama dengan kita akan mendapatkan bayarannya jika mereka berhasil menjualkan produk.

Keduga strategi diatas memperlukan biaya, dan hasil baru kita lihat setelah 3 sampai 6 bulan kerja. Materi terkait strategi jangka pendek akan kami bahas dalam bab selanjutnya.

4. Konversi Trafik Menjadi Penjualan

Tahap keempat adalah meningkatkan conversion rate dari website. Pada tahap ini fokus utama adalah meningkatkan interaksi pengunjung dengan brand yang kita tawarkan.

Pada tahap ini investasi yang bisa dilakukan adalah yang berfokus pada remarketing, e-mail marketing, dan content marketing. Buat konten yang mampu melihatkan citra diri Anda, jika Anda menggunakan jasa konten marketing, pastikan mereka adalah pihak terpercaya.

Selain itu anda juga

5. Meningkatkan Penjualan

And last but not least adalah meningkatkan penjualan. Tahap ini adalah titik akhir yang menjadi alasan kenapa tahap-tahap sebelumnya perlu dilakukan.

Pada titik ini dapat dilihat bagaimana pengaruh digital marketing terhadap penjualan melalui tahap-tahap yang sebelumnya disebutkan.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dimulai dari membuat event, menghadirkan program-program menarik yang nanti bisa anda publikasikan melalui sosial media atau melalui email dari pelanggan potensial yang anda miliki, dan masih banyak lagi lainnya.

Masih belum mendapatkan gambaran yang detail? Tenang saja, karena dalam bab selanjutnya kami akan menjelaskannya secara lebih detail lagi. Yang anda perlukan disini adalah pahami step by step yang ada.

 

Menghemat Anggara dengan Mengiliminasi Strategi Jangka Pendek

Digital marketing memang dipilih banyak orang karena mampu mengemat biaya yang kita gunakan untuk pemasaran produk. Meskipun demikian, kita masih bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Disini kami akan memberikan sebuah cara atau Strategi Digital Marketing dengan anggaran yang kecil. Cara ini cocok untuk startup yang tidak ingin menghabur-hamburkan uang untuk marketing.

Cara ini juga kami terapkan dalam pengembangan marketing jawarakonten dan terbukti, meskipun biaya marketing kami tidak banyak, Jawarakonten berhasil menjangkau pelanggan-pelanggan potensial.

Caranya seperti apa? Yaitu dengan mengeliminasi strategi jangka pendek yang memang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Kami lebih berfokus pada strategi jangka panjang seperti pembuatan content dan optimasi SEO, dengan begitu anggaran yang harusnya digunakan untuk iklan dapat kami manfaatkan untuk dua hal tadi (pembuatan conten marketing seperti yang anda baca saat ini dan content placment untuk SEO) sehingga memunculkan brand awareness dan meningkatkan visibilitas website  di mesin pencari.

Cara ini memang mampu membangun sebuah brand dengan biaya marketing yang lebih rendah namun ada masalah pada waktu dimana hasil baru bisa kita nikmati setelah 6 sampai 12 bulan.

 

Kesimpulan

Jenis pemasaran digital memang mampu menjangkau beberapa hal yang sulit untuk dilakukan pada pemasaran traditional. Tidak hanya itu, jenis pemasaran ini juga mampu mengeliminasi beberapa penggunaan biaya yang berlebihan sehingga tingkat ROI (Return On Invesment) jauh lebih baik.

Namun itu semua akan menjadi percuma jika Anda salah dalam menerapakan strategi dan tidak ada value pada produk Anda.

Pemasaran digital terbukti dapat membantu Anda menggandakan penjualan dengan biaya seminimal mungkin. Untuk membangun awareness terhadap bisnis Anda, investasi pada optimasi search engine (SEO), manajemen sosial media, dan email marketing sangat penting untuk dilakukan. Hal-hal tersebut akan membantu Anda membangun aset-aset digital.

Kelemahan dari metode diatas adalah strategi tersebut merupakan strategi jangka panjang. Butuh waktu 6 hingga 12 bulan sebelum hasil nyata dari pemasaran digital dapat terlihat. Anda harus melakukan usaha terus-menerus selama masa pengenalan hingga akhirnya brand bisnis Anda terbentuk.

Jika Anda menginginkan jalan yang lebih cepat, iklan online mungkin merupakan jawaban yang tepat. Platform seperti Google dan Facebook telah memiliki reputasi yang baik untuk biaya yang tergolong murah. Traffic website Anda dapat dengan cepat mengalami peningkatan signifikan.

Meskipun demikian, iklan online juga memerlukan perhatian khusus dan pengetahuan khusus yang harUs Anda pahami sebelumnya. Kuncinya adalah memilih lead magnet yang tepat dan menjaga interaksi dengan lead yang Anda miliki.

Terakhir, website adalah poros atau inti dari semua strategi Anda. Karena merupakan inti dari proses promosi yang lainnya, pastikan website Anda menarik. Tidak hanya menarik, website harus mampu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli produk.

Bagian yang kami sampaikan disini merupakan pendahuluan, silahkan baca bab selanjutnya untuk memahami materi digital marketing secara utuh dan lengkap.

cara memahami konsumen

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *