Struktur & Element Landing Page yang Baik Tingkat Konversi Tinggi

struktur element landing page

Struktur & Element Landing Page yang Baik Tingkat Konversi Tinggi

Untuk Anda yang berjualan online, khususnya website tentu sudah mengenal yang namanya landing page, yaitu halaman yang akan menjadi pintu bagi pengunjung untuk menemukan website Anda.

Landing page atau sales page adalah halaman yang sangat penting karena halaman ini adalah yang pertama kali dikunjungi.

Jika element landing page Anda menarik, kemungkinan pengunjung untuk menjelajah ke produk lainnya akan semakin tinggi dan hal ini juga berlaku untuk sebaliknya.

Mengingat sebegitu pentingnya halaman sales, tentu wajar jika beberapa orang disana mematok jasa pembuatan landing page dengan harga cukup mahal.

Baca Juga: Ide Konten untuk Website Perusahaan

NOTE: Jawarakonten merupakan vendor penulisan artikel SEO untuk startup, UKM, Perusahaan, dan siapa saja yang ingin menghadirkan konten untuk websitenya.

Namun Anda tidak perlu kuatir, karena sebenarnya Anda bisa membuat ini sendiri, dengan catatan Anda mengetahui seperti struktur landing page dan terbukti mampu meningkatkan konversi rate.

Point Penting dalam Membuat Sales Page

Sebelum membahas lebih jauh mengenai anatomi dari landing page, saya akan mengajak Anda untuk mengetahui beberapa hal penting yang menjadi kunci kesuksan halaman sales Anda.

Beberapa hal penting tersebut adalah:

  • Desain: desain adalah hal yang sangat penting, melalui desain yang menarik akan membuat pengunjung lebih tertarik untuk membaca penawaran produk Anda. Namun membuat desain halaman website bukan hal yang mudah, setidaknya Anda harus memahami bahasa pemograman. Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan elemenator yang cukup mudah di oprasikan dengan fitur drop downnya.
  • Konten: konten juga tidak kalah penting, setiap huruf dan gambar yang Anda gunakan pada halaman sales akan sangat menentukan seberapa baik landing page tersebut. Melalui konten Anda juga bisa menjelaskan produk Anda dengan lebih baik, bahkan konten juga bisa mempersuasi pengunjung.
  • SEO Onpage: ini penting untuk Anda perhatikan jika Anda menargetkan pencarian organik juga pada halaman penawaran produk. Tanpa onpage yang bagus, halaman ini akan sulit mendapatkan posisi terbaik. SEO On page sendiri cakupannya cukup luas dimulai dari konten, struktur H1 H2 H3, internal link, sampai dengan url.

Struktur Landing Page yang Baik untu Halaman Sales

Saya yakin, sebagian besar dari Anda bingung akan memasukan apa saja pada halaman sales tersebut. Namun kebingungan Anda tersebut akan segera sirna ketika mengetahui struktur yang ada pada sebuah landing page yang saya bahas kali ini.

Pada umumnya, struktur yang ada pada landingpage adalah seperti ini:

  • Lead
  • Pembukaan
  • Penawaran Produk
  • Kelebihan Produk
  • Harga Produk
  • Portofolio
  • Sampaikan Kembali Lead
  • Call to Action

Sales page yang seperti ini akan mampu membuat konversi Anda semakin melejit, dengan catatan Anda juga bisa mendesain sedemikian rupa pada halaman sales ini. Dibawah akan saya jelaskan lebih detil mengenai point-point tersebut.

1. Lead yang Menarik

Lead adalah paragraf awal yang ada pada sebuah halaman. Buatlah lead yang mampu menggugah minat pengunjung untuk mengenal produk Anda lebih jauh.

Bayangkan jika Anda mengunjungi sebuah produk yang pada paragraf awal saja sudah membosankan, apa yang Anda lakukan?

Tentu saja meninggalkan halaman tersebut dan mencari halaman lain yang lebih menarik.

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat lead yang menarik, yaitu menyampaikan kelebihan produk secara global, atau langsung spesifik mengatakan mengenai produk Anda.

Jika Anda juga mengejar SEO Friendly, saran saya juga tempatkan keyword produk Anda pada bagian lead ini. Dengan begitu Anda akan mudah untuk mendapatkan peringkat atas Google.

2. Pembukaan

Setelah Anda membuat lead, Anda sebenarnya boleh saja untuk langsung menawarkan produk. Namun cara ini kurang menarik, dan Anda akan mudah kehabisan ide untuk mendesain halaman.

Mulai rencanakan membuat narasi yang akan membuat produk Anda lebih menarik. Tidak usah terlalu panjang dan bertele-tele, beberapa baris saja rasanya sudah cukup.

Misalkan Anda menawarkan paket wisata untuk pasangan penganting baru, Anda bisa membuat narasi pembukaan yang sesuai dengan menguatkan keinginan pengunjung untuk segera melakukan honeymoon.

Misalkan dengan mengatakan efek positif dari honeymoon, kelebihan liburan bareng pasangan, dan masih banyak ide lainnya.

Cek kompetitor anda, jangan sampai pembukaan anda sama dengan mereka. Masih banyak ide yang bisa anda kembangkan dari pada harus sama dengan kompetitor Anda.

3. Penawaran Produk

Dalam tahap ini Anda bisa mulai mengenalkan siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan untuk pengunjung. Anda juga bisa menyisipkan beberapa kata yang ada pada lead untuk memaksimalkan citra Anda sebagai pembuat produk.

Biasanya beberapa pihak senang menyampaikan sekilas tentang perusahaan pada bagian ini.

Anda bisa mencotoh ide ini, sampaikan sekilas tentang perusahaan lalu hubungkan pada bagian company profile perusahaan Anda.

4. Kelebihan

Tidak ada seorang yang mau memberikan uangnya kepada Anda secara Cuma-Cuma, sebagai pembeli, mereka pasti akan memilih produk yang terbaik.

Setuju dengan hal tersebut?

Maka dari itu, Anda harus menyampaikan kelebihan produk Anda dibandingkan para pesaing lainnya. Sampaikan semuanya dengan jelas, lebih banyak akan lebih baik.

Disini Anda juga mencantumkan beberapa penawaran menarik seperti diskon atau include dengan fasilitas lainnya.

Namun hindari penawaran yang berlebihan, Anda harus menyampaikan kelebihan yang memang ada pada produk Anda.

5. Harga

Setelah itu, struktur landing page yang selanjutnya adalah harga dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jika produk Anda harganya cukup terjangkau, biasanya pengunjung akan semakin tertarik.

Lalu bagaimana jika produk Anda harganya cukup mahal?

Anda bisa membuat narasi yang membuat harga tersebut adalah hal yang wajar mengingat produk Anda juga memiliki kualitas yang baik.

6. Portofolio

Anda harus menyampaikan beberapa pencapaian yang sudah Anda raih, terlebih jika produk Anda memiliki harga yang cukup mahal, portofolio akan membuat harga mahal menjadi wajar mengingat produk Anda juga berkualitas.

Pilih beberapa pelanggan potensial yang sudah memiliki nama besar, sampaikan bahwa sudah banyak perusahaan besar atau kelompok bonafide lain yang menggunakan jasa atau produk Anda.

7. Sampaikan Kembali Lead

Sampaikan kembali lead yang ada pada paragraf awal tadi, Anda bisa sedikit merubahnya atau bahkan sama dengan yang ada pada paragraf awal.

Fungsinya lead dismpaikan kembali disini agar emosi dari pengunjung yang akan membeli produk Anda lebih tergugah.

Anda tidak boleh mengabaikan kesempatan, karena tahap inilah pengunjung akan memutuskan untuk membeli atau tidak. Secara sederhana, ini adalah rayuan untuk menghilangkan keraguan setelah pengunjung melihat harga dari produk Anda.

8. Call to Action

Dan saatnya mengarahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan sales page Anda, apakah itu menghubung, membeli produk, atau melakukan pembayaran.

Untuk struktur pada bagian ini buat berbeda dari sebelumnya, entah dari segi desain, warna, atau font yang Anda gunakan. Biasanya beberapa orang lebih suka menggunakan tombol menu pada bagaian ini.

Baca Juga: Contoh Landing Page Terbaik untuk Perusahaan

Itulah beberapa struktur landing page yang baik dan menarik yang tidak hanya bagus untuk mesin pencari, namun juga mampu meningkatkan konversi penjualan Anda.

Sesutua yang direncanakan dan di siapkan dengan detil akan jauh lebih baik dari pada membuat sesuatu tanpa rencana, termasuk halaman sales page anda”

Jika Anda kesulitan untuk membuat seperti ini, Anda bisa menggunakan layanan jasa copywriting landing page kami.

Ada pertanyaan? Sampaikan melalui kolom komentar. Dan jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, masukan email Anda di kolom bawah untuk mendapatkan informasi artikel baru kami lainnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)