contoh teks negosiasi

Pengetian Struktur dan 5 Contoh Teks Negosiasi

Jika Anda pernah melakukan penawaran untuk menurunkan sebuah harga, maka hal tersebut termasuk dalam kategori negoisasi yang mana tertuang berupa teks. Lalu apa teks negosiasi itu? dan seperti apa contoh teks negosiasi itu?

Jenis teks negosiasi ini merupakan bagian dari tulisan yang mengandung adanya kesepakatan dari interaksi seperti hasil tawar menawar ataupun diskusi dari dua pihak atau lebih.

Pada umumnya, jenis teks negoisasi bertujuan untuk mencapai hasil yang dapat disetujui oleh pihak-pihak terkait dalam akhir kesepakatan nanti. Kesepakatan tersebut biasanya merupakan jalan tengah yang diambil dimana akan diusahakan untuk tidak merugikan pihak manapun.

Struktur dalam Teks Negosiasi

Menulis artikel negoisasi ternyata tidak sembarangan dan asal-asalan. Sama seperti penulisan pada jenis lainnya, teks negoisasi juga memiliki struktur yang harus disesuaikan. Berikut adalah struktur yang dapat Anda ikuti.

1. Orientasi

Untuk memulai menulis teks negoisasi, diperlukan orientasi guna membuka perkenalan antara kedua belah pihak. Pada orientasi si pembeli atau peminat harus mengetahui tujuan apa yang diinginkan, seperti membeli sebuah barang maupun jasa.

2. Pengajuan

Dalam proses negosiasi, ada hal yang disebut dengan pengajuan atau permintaan. Hal ini berkaitan dengan barang apa yang ingin dimiliki dan nantinya akan ditawarkan.

3. Penawaran

Dalam hal penawaran, yang akan menentukan keberhasilan dari harga yang dirasa masuk akal dan sesuai dengan pasaran. Penawaran ini biasanya dibuka dengan harga di atas pasaran guna mendapatkan untung.

4. Persetujuan

Agar suatu hal atau barang yang diinginkan sesuai dengan harga, tentunya harus mendapatkan persetujuan. Persetujuan ini pun harus disepakati oleh kedua belah pihak atau lebih dimana tidak satupun yang merasa diberatkan sama sekali.

5 Contoh Teks Negosiasi

Untuk memahami lebih dalam mengenai teks negosiasi, Anda dapat membuat contoh berdasarkan struktur yang telah dijelaskan. Berikut ini ada beberapa contoh teks negoisasi yang dapat Anda ikuti sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing.

1. Negosiasi Singkat

Negosiasi singkat biasanya mencakup penawaran yang tidak lama dan relatif memakan waktu lebih cepat. Contohnya adalah sebagai berikut.

Penumpang: Bang, berapa kalau mau ke simpang depan?

Tukang Becak: 20 ribu aja

Penumpang: 10 ribu ya, bang. Biasanya juga segitu, kok.

Tukang Becak: 15 ribulah, dek.

Penumpang: 12 ribu aja ya, bang. Deket kok. Lagipula saya turun tidak pas di simpang. Ya?

Tukang Becak: Ya sudah. Naik, dek.

2. Dalam Bentuk Narasi

Teks negosiasi dalam bentuk narasi tidak ada bentuk percakapan langsung. Semua pbentuk penawaran dijelaskan dalam bentuk cerita dengan menggunakan percakapan tidak langsung. Di bawah ini adalah contohnya.

Siang itu, Bu Rima ingin membeli bedak compact. Ia pun mendatangi sebuah toko kosmetik di pasar. Ia menanyakan bedak yang biasa digunakannya kepada si penjual. Kebetulan bedak tersebut masih tersedia. Ia pun menanyakan harga bedak itu.

Bedak itu dijual seharga Rp 45.000. Ia menawar bedak tersebut dengan menguranginya menjadi Rp 35.000. Harga tersebut merupakan nominal biasa yang ia beli. Kemudian si penjual menurunkan harga menjadi Rp 38.000. Harga tersebut merupakan nilai akhir yang ditawarkan dan tak bisa dinego lagi.

Bu Rima pun menyetujui harga tersebut dan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan nilai yang disepakati.

3. Negosiasi Jual Beli

Transaksi jual beli dapat terjadi dimana saja. Di kantin sekolah, toko, maupun pasar. Berikut ini adalah contoh dari jual beli yang terjadi di sebuah pasar.

Pembeli: Bu, berapa cabai merah sekilo?

Penjual: 25 ribu

Pembeli: Kok mahal? 18 ribu ya.

Penjual: Memang lagi naik, bu. Nggak bisa kalau segitu. 22 ribu aja lah.

Pembeli: Ya sudah, bu. Saya ambil sekilo aja. Ini uangnya.

Penjual: Itu aja bu? Ada lagi yang lain?

Pembeli: Udah, itu aja.

Penjual: Ini, bu.

4. Negosiasi Jual Beli HP

Negosiasi dapat pula dilakukan dalam jual beli HP yang sering Anda jumpai. Berikut adalah contoh dari teks terkiat hal tersebut.

Pembeli: Bang, ada Samsung Galaxy S10?

Penjual: Ada, Dek. Ini contohnya.

Pembeli: Berapa, bang?

Penjual: 14 juta.

Pembeli: Nggak bisa kurang, bang?

Penjual: Mau kurang berapa, dek?

Pembeli: 12 juta ya, bang.

Penjual: Waduh, nggak bisa dek. 13,5 juta aja.

Pembeli: Janganlah, bang.

Penjual: Kurangi 2 ratus lagi.

Pembeli: 12,5 ya.

Penjual: Belum bisa, dek. Belum dapat harga segitu. Gini ajalah, kami kasih harga 13 juta.

Pembeli: Nggak bisa kurang lagi, bang?

Penjual: Nggak bisa, dek.

Pembeli: Ya sudah, bang. Tapi saya mau yang warna biru, ya.

Penjual: Sebentar, saya ambilkan.

Pembeli: Sekalian dicek kondisinya, ya.

Penjual: Kita cek, ya. Semuanya dalam kondisi bagus, ya.

Pembeli: Ini uangnya. Makasih ya, bang.

Penjual: Sama-sama

5. Negosiasi 3 Orang

Negosiasi dapat terjadi dalam 3 orang. Biasanya negosiasi seperti ini dilakukan dalam sebuah diskusi atau pembahasan suatu hal. Dibawah ini adalah contoh teks negosiasi dari 3 orang siswa yang sedang memutuskan lokasi pengerjaan tugas kelompok.

Rika: Gimana kalau kita kerjain tugas kelompok di rumah Hesti aja?

Hesti: Jangan di rumahku. Rumahku masih dalam perbaikan. Atapnya ada yang bocor. Rumah Bella aja.

Bella: Yakin? Rumahku rame, loh. Banyak keponakan yang masih main-main. Paling kalau mau jangan sampai sore kali. Karena mereka kalau udah sore berisik. Nanti kita pasti terganggu.

Rika: Kalau begitu, mau nggak mau ya dirumahku. Tapi harap maklum ya, karena rumah orangtuaku nggak besar.

Bella: Siap, Ka! Selama Rika bersedia biar tugas kita juga selesai.

Rika: Jadi deal nih ya, kita ngerjain tugasnya di rumahku? Tapi kalian bawa camilan, ya. Kalian tau sendiri kan, dirumah mamaku jarang buat camilan?

Hesti: Beres, Ka!

Butuh jasa penulis artikel berkualitas? serahkan pada Jawarakonten, kamu bisa melihat penawaran kami pada halaman depan atau klik link diatas.

Memahami dan membuat contoh teks negosiasi tidaklah sulit ketika telah mengerti strukturnya. Negosiasi akan berjalan lancar dengan mampu melakukan penawaran dengan baik.

Baca juga artikel menarik lain tentang contoh copywriting atau materi menarik lainnya di teknik menulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *