Cara Menentukan Tema dalam Sebuah Artikel dan Contohnya

cara menentukan tema artikel dan contohnya

Cara Menentukan Tema dalam Sebuah Artikel dan Contohnya

Penulis Artikel – Ternyata selama ini masih banyak penulis pemula yang tidak mengetahui cara menentukan tema dalam sebuah artikel, padahal ini adalalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah tulisan, jika kamu tidak mengetahui cara menentukan tema artikel, pembahasan kamu pasti akan melebar kesana-kemari.

Apakah kamu selama ini masih bingung dalam menentukan tema tulisan?

Tenang, kamu tak perlu kuatir karena kali ini saya ingin menghadirkan tema ini kamu pembaca setia Jawarakonten.

Sudah tidak sabar? Yuk ikuti beberapa introduce dibawah.

 

Apa itu Tema Tulisan?

Jika diartikan, tema adalah ide yang menjadi latarbelakang sebuah tulisan, baik itu artikel maupun karya ilmiah yang diambil dari istilah Yunani dari kata “thithenai” yang jika kita artikan dalam bahasa indonesia adalah hal yang sudah kita uraiakan.

Tanpa adanya tema, kita akan kesulitan dalam memberikan garis besar pada tulisan.

Bahkan sangking pentingnya, setiap penulisan dianjurkan untuk memberikan tema terlebih dahulu.

Jenis temapun beragam, misalnya seperti romance, sosial, keagamaan, kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya. Tema adalah batasan pertama dalam sebuah tulisan yang nantinya masih bisa kita turunkan lagi.

 

Pentingnya Tema dalam Sebuah Karya

Kenapa tema menjadi sangat penting? Ada banyak hal yang membuat kamu harus memperhatikan tema dari setiap karya yang kamu buat.

Disini saya ingin menjelaskan dari beberapa hal yang memang selama ini menjadi alasan kenapa tema harus ada dalam setiap artikel.

Pertama, karena tema adalah pondasi.

contoh tema artikel

Kamu tentu sudah paham bagaimana pentingnya pondasi dalam sebuah rumah bukan? Jika sebuah rumah tidak dibangun dengan sebuah pondasi, apakah rumah itu akan berdiri? Apakah membuat rumah tanpa pondasi itu mungkin untuk dilakukan?

Itu analogi pertama pentingnya tema dalam sebuah karya ilmiah.

Begitu juga dengan tulisan kamu, tanpa adanya tema, kamu tidak bisa membuat tulisan itu sendiri. Selama ini mungkin kamu terbiasa menulis tanpa memperhatikan tema, namun saya yakin tulisan kamu juga memiliki tema, meskipun mungkin temanya masih kurang spesifik.

Kedua, karena tema bisa berfungsi sebagai batasan.

Batasan adalah salah satu unsur yang membuat kita lebih mudah dalam membuat artikel, khususnya untuk pemula. Pertama kali menulis, tentu kita sering menyelesaikan sebuah tulisan, namun pas dibaca topinya masih melebar.

Nah inilah fungsinya tema, kita akan memiliki beberapa batasan, apa saja yang tidak boleh dibahas dalam artikel tersebut. Sangat membantu bukan? Apalagi jika kamu ingin mengulas sesuatu secara spesifik.

Ketiga, tema bisa menjadi identitas

Apakah kamu ingin menjadikan dunia tulis menulis sebagai tujuan utama yang ingin kamu capai? Jika demikian, tema akan sedikit bisa memuluskan jalan itu.

Model pemasaran semakin berkembang pesat, dan suatu hal yang dulu tidak terlalu diperhatikan kini menjadi perhatian utama, salah satunya mengenai identitas.

Jika kamu rutin menghadirkan tulisan dengan tema tertentu, orang akan mengenal kamu sebagai suatu profesional dibidang tersebut.

Dan inilah yang memberikan keuntungan diera pemasaran sekarang ini, percaya atau tidak, kamu akan mendapat banyak tawaran mengenai bidang yang relevan dengan tema yang kamu kuasai, untuk dijadikan sebagai brand abasador misalnya.

Semakin semangat dan segera ingin tahu cara menentukan tema artikel? Sabar dulu, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

 

Syarat Pemilihan Tema dalam Sebuah Tulisan

Bagaiamanapun, tulisan yang kamu buat harus bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan dapat dipertanggung jawabkan isinya. Hal inlah yang dalam membuar sebuah jurnal atau makalah, penulis harus memenuhi beberapa syarat.

Apakah kamu selama ini pernah membuat makalah dari dosen?

Kenapa beberapa dosennya membebaskan mahasiswanya untuk memilih temanya sendiri? salah satunya karena beberapa syarat yang harus ada dalam pemilihan tema.

Sebelum membahasa lebih jauh mengenai cara menentukan tema artikel, kamu harus memenuhi beberapa syarat ini.

Interest: syarat pertama adalah tema itu harus menarik dimata penulis. Kamu harus memilih tema yang menurut kamu paling menarik. Dengan demikian kamu akan melakukan semuanya dengan maksimal yang akhirnya tulisan juga maksimal.

Memiliki Keahlian: seperti yang sudah saya sampaikan, tulisan harus memberikan manfaat bagi orang lain. dan untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat, kamu harus ahli dibidang tersebut, jadi syarat yang kedua adalah kamu harus memiliki keahlian dibidang tersebut.

Data Tersedia: pernah melihat seorang mahasiswa yang sudah melakan banyak hal, namun ketika akan melakukan penelitian, data yang digunakan tidak ada dan akhirnya harus mengganti tema? Jangan biarkan itu terjadi, dalam memilih tema kamu harus memastikan datanya ada.

Ruang Lingkup: gunakan tema sebagai instrument yang membuat kerjaan kamu lebih mudah. Maksud saya, kamu bisa menggunakan tema sebagai ruang lingkup, cari bagaian mana aja yang boleh kamu bahas dan mana yang tidak boleh.

 

Bagaiamana Cara Menentukan Tema Artikel??

Mari kita spesfikan pembahasan kita, lalu bagaimana cara menentukan tema artikel atau dalam sebuah karya ilmiah?

Untuk mencari tema atau topik yang bagus untuk tulisan kamu, ikuti beberapa hal dibawah ini. saya akan coba menjelaskan lengkap dengan contohnya.

1. Penuhi Syaratnya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara menentukan tema artikel adalah memenuhi beberapa syarat seperti yang sudah saya jelaskan. Hal ini untuk memastikan beberapa point pada pembahasan syara diatas.

Pastikan tema yang kamu pilih memenuhi syarat dimulai dari ketertarikan, ahli dibidang tersebut, ketersediaan data, sampai memberikan ruang lingkup.

Contoh, misalkan kamu ahli dibidang pemasaran dan suatu hari ingin menjadi seorang CEO (Chief Executive Officer) Marketing dalam sebuah perusahaan, maka kamu bisa memilih tema tersebut dimana semua data terkait tersebut bisa kamu akses.

2. Gunakan Artikel lain

Cara mencari tema atau ide tulisan adalah dengan menggunkan artikel yang dibuat orang lain. kalau dalam jurnal penelitian, biasanya tema yang bisa kamu pilih ada pada bagian saran dan kesimpulan.

Silahkan cari artikel atau tulisan yang memenuhi syarat untuk kamu kerjakan, lalu ambil tema yang mungkin bisa kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui, dalam sebuah penelitian ada kesimpulan dan saran, ini adalah hasil akhir dari penelitian tersebut. kamu bisa menggunakan saran sebagai tema yang selanjutnya kamu olah. Atau jika tidak ada, lihat kesimpulannya.

Jika selama ini kesimpulan itu masih menjadi perdebatan, itu bisa kamu pilih sebagai sebuah tema yang tentu saja menarik untuk kamu bahas.

3. Minta Saran

Dan ini adalah cara mencari tema dalam sebuah artikel jika dua cara diatas juga tidak membuahkan hasil.

Kamu bisa mencoba untuk menanyakan hal tersebut kepada seorang yang kamu fikir ahli dalam hal tersebut.

Receh banget sih tips atau cara menentukan tema dalam artikel yang ketiga ini, namun itu bisa menjadi jalan keluar dari masalah tersebut.

Itulah tiga cara menentukan tema artikel lengkap denga contohnya yang saya harap bisa memudahkan kamu dalam membuat tulisan, baik untuk website atau tulisan lainnya. Jika kamu suka dengan menulis dan ingin menghasilkan uang melalui tulisan kamu, silahkan gabung dengan Jawarakonten melalui link ini Lowongan Penulis

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)