Jasa Penulis Artikel

Sebagai jasa artikel SEO, kami sangat sadar bahwa setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda saat diminta untuk menulis sebuah artikel. Sebagian lebih suka bekerja ditemani suara musik, sementara yang lainnya lebih suka menulis di suasana yang tenang dan sunyi. Terlepas perbedaan pendekatannya, sudah benarkah metode penulisan artikel yang Anda lakukan?

Menulis artikel berbeda dengan menulis cerita fiksi yang penuh dengan khayalan dan imajinasi. Artikel dibuat berdasarkan fakta-fakta yang ada, hasil survey, observasi bahkan pengalaman pribadi. Tujuannya untuk menyajikan informasi komprehensif dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti.

Dalam kesempatan kali ini jasa artikel SEO jawarakonten akan sedikit mengulas tentang teknik menulis artikel lengkap dengan contoh artikel yang sudah terbukti populer.

5 Teknik & Metode Penulisan Artikel

Menulis artikel populer membutuhkan banyak latihan, pengalaman juga metode penulisan yang baik. Dengan ketiganya, Anda bisa menulis artikel jenis apa pun dengan mudah dan tepat. Yuk simak panduan menulis artikel biasa dan ilmiah langsung dari jasa artikel SEO.

1. Menemukan dan Menentukan Ide

Di internet tersedia banyak sekali artikel mulai dari niche pendidikan, lifestyle, olahraga, politik, hiburan dan sebagainya. Dari semua niche tersebut, temukan minimal satu ide untuk membuat artikel baru.

Selain mencari ide artikel dengan banyak membaca artikel yang sudah ada di internet atau media cetak. Anda juga bisa menemukan ide berdasarkan pengalaman pribadi atau kegiatan yang dilakukan.

Misalnya, Anda suka memasak. Manfaatkan hobi tersebut untuk menulis artikel resep makanan. Agar artikel yang Anda buat menarik untuk pembaca, baiknya tulis artikel yang membuat Anda merasa bersemangat. Setelah itu baru Anda eksplorasi niche artikel lainnya.

2. Mencari Informasi Untuk Bahan Artikel

Anda mungkin bukan membuat artikel untuk surat kabar, tapi lakukanlah strategi penulisan ala jurnalistik. Lakukan riset, interview hingga observasi untuk mendapatkan bahan tulisan yang tepat.

Apalagi jika topic yang akan Anda angkat tidak bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencarian Google. Walaupun ada, informasinya sangat sedikit dan dangkal.

Metode penulisan artikel ini mungkin terasa berat dan merepotkan terutama jika Anda tidak terbiasa melakukannya. Tapi di sinilah tantangannya. Semakin sering Anda melakukannya, semakin mahir dan bertambah pula wawasan Anda.

3. Memilih Gaya dan Format Artikel

Saat menemukan ide artikel, pada dasarnya Anda sudah mengetahui pada siapa artikel tersebut ditujukan. Otomatis, Anda juga mengetahui gaya bahasa apa yang paling cocok dan diterima pembaca. Apakah bahasa semi formal atau formal?

Jika artikel ditujukan untuk anak muda, gaya bahasa yang paling sesuai adalah bahasa semi formal. Sementara untuk pembaca dewasa, mereka lebih menyukai artikel berbahasa baku.

Selain menentukan gaya bahasa, metode penulisan artikel berikutnya adalah memilih format tulisannya. Artikel yang dipublikasikan di internet umumnya menggunakan dua format yakni narasi dan listicle. Masing-masing memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Dari skala kesulitan, menurut kami sebagai jasa artikel SEO, menulis artikel narasi jauh lebih sulit dari listicle. Mengapa? Artikel listicle bisa dibuat dengan sedikit penyesuaian. Penulis cukup mengikuti poin-poin yang ada dan menyesuaikannya dengan topic pembahasan juga judul.

4. Mulai Menulis Artikel

Sama seperti penulis novel yang memiliki kerangka karangan, Anda selaku penulis artikel juga bisa membuat kerangka tulisan. Dengan kerangka, artikel yang Anda buat terlihat lebih rapi dan sistematis tidak ada informasi yang tertukar atau dibahas berulang-ulang.

Awali artikel dengan paragraf pembukaan, dilanjutkan dengan menulis ide pokok artikel dan terakhir adalah paragraph penutup. Untuk sementara, Anda bisa mengabaikan detail lainnya. Usahakanlah agar artikelnya selesai terlebih dahulu.

5. Lakukan Penyuntingan

Metode penulisan artikel selanjutnya sangat penting untuk menghindari koreksi langsung dari pembaca. Penyuntingan bukan hanya membantu menyempurnakan tulisan Anda tapi juga mempertajam gaya bahasa.

Apakah tulisan yang Anda buat sudah cukup bagus untuk dipublikasikan? Apakah tulisan tersebut sudah enak dibaca dan sesuai metode penulisan artikel? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab ketika Anda selesai menyunting artikel.

Contoh Metode Penulisan Artikel Populer

Dari panduan diatas, anda sudah bisa membuat karya tulis dalam bentuk artikel, baik untuk dipublikasikan pada sebuah website ataupun karya ilmiah. Untuk memudahkan anda memahami metode diatas, kami akan memberikan contohnya dibawah ini.

3 Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Di Rumah Selama Pandemi

Di masa pandemi, masyarakat terkekang dan tertekan karena tidak bisa bergerak dengan bebas. Jika biasanya hangout bersama teman atau nonton ke bioskop, kebiasaan tersebut harus diredam untuk mengurangi kemungkinan penularan virus. Masalahnya, tidak banyak permainan rumah yang menyenangkan.

Selain bermain bersama anggota keluarga lainnya, ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Aktivitas yang tidak membutuhkan biaya untuk melakukannya. Penasaran? Simak informasi lengkapnya berikut.

1. Menonton Drama dan Film
Hiburan paling menyenangkan yang bisa dilakukan sambil duduk dan rebahan adalah menonton film atau drama. Anda bisa mengakses berbagai channel di televisi kabel atau memanfaatkan YouTube. Cara ini setidaknya bisa mengobati rasa rindu Anda menyaksikan film-film baru di bioskop.

2. Membaca Buku & Artikel
Selain menyaksikan film, Anda juga bisa membunuh waktu dengan membaca. Pilih bahan bacaan yang bermanfaat untuk menambah wawasan. Selain membaca buku cetak, Anda bisa membeli dan mengunduh berbagai ebook online.
Buku-buku yang dijual online tidak kalah beragam dari book store. Mulai dari buku pengetahuan umum, novel hingga dongeng anak-anak.

3. Belajar Memasak Atau Berkebun
Rekomendasi kegiatan terakhir adalah memasak atau berkebun. Keduanya membutuhkan perhatian penuh dan umumnya dilakukan setiap hari. Cara ini juga bisa menghilangkan stress Anda apalagi setelah melihat hasil akhirnya.

Itulah ketiga kegiatan menyenangkan yang bisa Anda coba di rumah selama pandemi. Selain menyenangkan, Anda juga bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan keterampilan baru.

Contoh artikel yang dibuat di atas adalah listicle yang dibuat menggunakan bahasa formal. Tulisan dilakukan mengikuti standar metode penulisan artikel dibuat sistematis dan ringan sehingga bisa dipahami dengan baik oleh seluruh pembaca.

Setelah menyimak seluruh pembahasan mengenai metode penulisan artikel plus contoh listicle di atas. Bisakah Anda membuat artikel yang bagus dan populer? Jika jawabannya ya, mulailah berlatih dan mengenali gaya tulisan artikel yang Anda sukai.

Oh ya, jawarakonten merupakan jasa artikel SEO yang siap membantu kami para pemilik website untuk membuatkan konten yang SEO friendly. Jika kamu membutuhkan bantuan kami, silahkan lihat layanan kami di jawarakonten.com

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti contoh kalimat negosiasi atau artikel lainnya dikategori Teknik Menulis

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post