Tips Jitu Menulis Artikel Lomba

tips menulis artikel lomba

Tips Jitu Menulis Artikel Lomba

Tips Menulis Artikel Lomba || Punya hobi menulis? Jangan hanya disimpan seorang diri. Anda harus mengeluarkan bakat menulis ini agar bisa berkembang dan memperoleh hasil. Sekarang ini, banyak lomba-lomba menulis yang bisa Anda ikuti, secara online maupun offline. Tidak harus memilih lomba yang berbayar, sudah banyak lomba menulis yang tidak memungut biaya apapun, jadi kita bisa mengikutinya tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Proses pengirimannya juga lebih mudah, yaitu menggunakan email, meskipun ada juga yang harus dikirimkan ke kantor penyelenggara. Untuk anda yang saat ini akan mengikuti lomba, akan jauh lebih baik jika anda membaca tips menulis artikel lomba yang kami hadirkan berikut ini.

Tips Menulis Artikel Lomba

  1. Lakukan Riset

tips menulis artikel lomba yang pertama adalah melalukan riset terlebih dahulu.Sebelum menulis, pastikan Anda telah memperluas wawasan mengenai tema artikel yang dilombakan. Misalnya, tema yang diangkat adalah pola asuh anak, maka Anda harus membaca apa yang dimaksud pola asuh anak, jenis-jenis pola asuh anak, cara pola asuh yang baik dan lain sebagainya.

Semakin banyak dan berkualitas tulisan yang Anda baca, maka semakin bagus pula tulisan yang akan Anda hasilkan. Dan tentu saja, peluang anda untuk memenangkan lomba akan semakin besar.

  1. Buatlah judul yang memikat

Judul menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Banyaknya peserta lomba yang ikut, membuat juri tidak dapat membacanya satu per satu. Salah satu cara juri untuk memudahkannya dalam seleksi karya artikel adalah cukup dengan membaca judul artikelnya saja.

Tidak heran jika artikel dengan judul tidak menarik akan terbuang lebih awal tanpa juri membaca isinya terlebih dahulu. Mengenakan bukan? Jadi, pastikan bahwa judul Anda mampu menarik minat para juri.

  1. Buat Kerangka Artikel

Seringkali kita membuka dan menutup kembali laptop atau komputer karena ide yang belum juga muncul. Pada akhirnya, Anda tidak jadi menulis lagi. Dan tips menulis artikel lomba yang ketiga kali ini adalah untuk mensiasati hal ini, Anda harus menulis kerangka tulisan terlebih dahulu, mulai dari pembukaan, isi, penutup dan poin-poin apa saja yang ingin dibahas.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO dengan Plugin YOAST

Selain memudahkan, pembuatan kerangka ini juga membuat pembahasan kita menjadi lebih runtut dan sistematis.

  1. Pastikan jika artikel Anda unik

Banyaknya peserta yang mengikuti lomba seringkali membuat juri bosan sehingga mereka enggan untuk memilih artikel tersebut. Oleh karena itu, buatlah artikel yang unik dan tidak pasaran. Pembahasan yang unik dan istimewa akan membuat tulisan kita jadi lebih berkesan. Meninggalkan kesan pada para juri menjadi cara yang ampuh untuk membuat artikel kita dipilih.

  1. Patuhi ketentuan lomba

Dan untuk tips menulis artikel lomba yang kelima ini adalah hal mutlak yang harus anda lakukan, pastikan anda sudah mematuhi peraturan lomba yang diterapkan oleh juri. Setiap lomba memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Pada umumnya, lomba menulis gratis mengharuskan pesertanya untuk membagikan informasi lomba ke media sosial, maka Anda harus melakukannya.

Baca dan pahami setiap ketentuan yang diberikan. Apabila Anda melewatkan satu saja ketentuannya, bisa jadi artikel Anda akan langsung terisih karena tidak memenuhi ketentuan.

  1. Jangan menulis ketika mepet dateline

Dateline yang panjang merupakan keuntungan bagi kita karena kita bisa mempersiapkan diri lebih baik dan lebih matang lagi. Jangan karena dateline yang masih lama, kita menunda-nunda untuk menulis artikel. Pembuatan artikel yang mendekati dateline biasanya ada saja kesalahan yang terjadi. Selain itu, persiapan kita untuk menulis juga lebih sedikit sehingga kualitas artikel bisa menurun.

  1. Jangan sampai ada typo

Tentu saja yang namanya lomba diperuntukan untuk para profesional, dan tips menulis artikel lomba yang terkahir ini wajib untuk anda perhatikan dengan baik. Perlihatkan bahwa anda adalah penulis profesional dan berpengalaman.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Viral

Salah satu cirinya adalah sedikit atau bahkan tidak ada kesalahan penulisan (typo). Untuk menghindari typo, Anda harus membacanya kembali dan menelitinya, apakah masih ada tulisan yang typo.

Banyak lomba menulis yang bisa Anda ikuti dan manfaatkan sebagai jalur mengembangkan bakat menulis. Tidak masalah jika belum bisa menang karena dengan mengikutinya saja, Anda sudah mendapatkan manfaatnya. Selamat menerapkan tips menulis artikel lomba yang kami hadirkan dan semoga bermanfaat!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat WhatsApp