Tips Jitu Optimasi SEO untuk Website Baru

cara optimasi webiste baru

Tips Jitu Optimasi SEO untuk Website Baru

Memiliki website dengan tampilan yang eye catching dan kecepatan loading yang stabil merupakan nilai plus bagi seorang bloger pemula. Namun apabila Anda menginginkan website baru Anda muncul dalam halaman utama Search Engine, tentunya Anda harus memperhatikan bagaimana cara optimasi SEO web baru. Mungkin para bloger baru belum paham tentang SEO.

Apa itu SEO?

Istilah SEO seringkali digembar-gemborkan oleh para web master. Beramai-ramai para bloger berusaha meng-optimasi untuk web barunya. Hal ini bisa menjadi ancaman serius untuk para bloger yang belum begitu paham mengenai Optimasi SEO yang cocok untuk web baru.

SEO adalah singkatan dari search engine optimization (pengoptimalan mesin telusur) atau search engine optimizer, suatu metode yang digunakan untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman utama mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo Search.

Lalu bagaimana cara optimasi SEO untuk web baru?

Cara optimasi SEO untuk web baru sebernarnya sama saja seperti web yang sudah lama berdiri, yaitu dengan memperhatikan onpage SEO dan offpage SEO.

Onpage SEO adalah cara optimasi SEO yang dilakukan secara internal oleh website itu sendiri. Sedangkan offpage SEO adalah cara optimasi SEO dengan bantuan website lain dengan cara memberikan backlink ke website baru Anda.

Onpage

  • tema
  • konten
  • keyword
  • hal lain yang ada dalam web (hosting misal)

Offpage

  • Backlin
  • Promosi

Kedua cara optimasi SEO web baru ini sangatlah penting, keduanya ikut andil untuk menentukan posisi webiste di search engine. Maka dari itu, jika Anda adalah seorang bloger pemula, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup perihal SEO demi keberhasilan optimasi SEO web baru Anda.

Bisa dibilang bahwa mindset yang benar tentang Optimasi SEO wajib dimiliki oleh bloger pemula. Lalu, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar optimasi ini berhasil?

Ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan antara lain:

 

  1. Memilih Platform Yang Tepat

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam meng-optimasi SEO web baru Anda adalah dengan membuat sebuah blog dalam website baru Anda. Pilih sebuah platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak platform web, namun yang paling populler adalah wordpress dan blogger. Keduanya bisa dicustum domain, namun untuk wordpress.org kita mendapatkan biasaya tambahan berupa hosting.

Untuk otimasi, wordpress memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari pada blogger, hanya dengan sedikit sentuhan offpage saja webiste kita sudah bisa memiliki kualitas SEO yang bagus.

 

  1. Persiapkan SEO onpage dan offpage

SEO onpage bisa dilakukan dengan optimasi penggunaan keyword pada meta title dan meta deskripsi, sesuai dengan riset keyword.

SEO offpage bisa dilakukan dengan menggunakan backlink, submit ke social bookmark (tidak direkomendasikan untuk sekarang), commenting, backlink wheel, dan sebagainya. Soal backlink, lakukan dengan hati-hati. Pastikan semua backlink yang Anda tanam terlihat senatural nmungkin.

 

  1. Menganalisa keyword/ kata kunci

Optimasi SEO web baru juga bisa dilakukan dengan menganalisa keyword yang akan digunakan. Mulailah dengan membuat keyword yang ringan dengan potensi persaingan kecil muncul di pencarian, lalu tingkatkan sedikit demi sedikit dengan keyword yang persaingannya berat. Tidak perlu langsung mengincar keyword dengan pesaing yang sudah banyak muncul di search engine, yang penting keyword Anda muncul dulu di search engine.

 

  1. Tema blog yang menarik dengan postingan yang relevan.

Tentukan tema atau topik blog yang nantinya akan menjadi judul pada blog Anda kemudian jabarkan dengan kalimat yang mudah dipahami pembaca pada bagian deskripsi blog. Jangan lupa kalau judul blog harus relevan dengan website Anda secara keseluruhan untuk mempermudah proses optimasi SEO untuk web baru Anda berhasil.

Baca Juga : Belajar SEM (Search Enggine Marketing)

Postingan di blog juga harus relevan dengan website. Buatlah konten yang berkualitas, unik, informatif, bermanfaat dan tidak keluar dari topik utama blog Anda.

Sertakan link antar halaman agar pengunjung juga membaca halaman lainnya dari blog Anda. Ingatlah bahwa semakin banyak pengunjung, optimasi SEO web baru Anda semakin bagus karena blog Anda dianggap berkualitas.

 

  1. Perhatikan keberadaan website Anda, sudahkah terindeks oleh Google?

Ada cara mudah membuat postingan Anda terindeks keberadaannya oleh Google, yaitu dengan membagikan postingan ke sosial media lain seperti Twitter, Skype, Facebook, Instagram, Google Plus, dan lain-lain. Jika cara ini masih belum berhasil, silahkan gunakan fitur fect as di webmaster tool.

 

  1. Posting Artikel Secara Teratur

Bangun blog Anda dengan memposting artikel-artikel yang relevan secara keseluruhan dengan tema website dan update konten dengan muatan/ isi yang berkualitas dan informatif.

Lupakan berapa posisi serp blog Anda, bekerjalah layaknya penulis artikel profesional yang hanya fokus membuat konten, meskipun masih memiliki peringkat yang jelek, Anda harus selalu melakukan update artikel secara terus-menerus.

Baca Juga : Cara Menulis Ulang Artikel Dengan Teknik Rewrite

Bayangkan bahwa website Anda adalah sebuah toko, dan pada suatu ketika ada orang yang ingin membeli namun tidak menemukan produk yang mereka cari.

Tentunya, orang tersebut akan mencari informasi lain yang masih relevan bukan? Di sinilah fungsi sebuah blog. Blog merupakan salah satu unsur penting supaya website baru Anda terarah pada tujuan. Jika konten yang disajikan oleh blog dalam website Anda berkualitas dan selalu update, maka pemburu informasi dari search engine akan semakin suka dan tujuan optimasi SEO untuk web baru Anda bisa tercapai.

Saya yakin, jika Anda mencoba kelima langkah di atas, optimasi SEO web baru Anda akan berhasil. Yang perlu Anda lakukan adalah praktek, praktek, dan praktek, lalu tunggu kejutan dari Google untuk website baru Anda. Selamat mencoba.

Share this post

Comments (2)

  • niken swastika Reply

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di joscoid
    salam sukses selalu 🙂

    October 24, 2018 at 9:12 am
    • Jawarakonten Reply

      sama-sama gan

      October 26, 2018 at 4:59 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat WhatsApp