Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Apa itu Tools? Pengertian, Fungsi, dan Contoh Real

2 min read

Apa itu Toools pengertian

Kehadiran teknologi tidak henti-hentinya membuat manusia berdecak kagum. Dulu, untuk melakukan satu pekerjaan butuh effort besar dan waktu yang lama. Kini sudah tidak lagi, perkerjaan terasa lebih ringan, mudah, dan cepat. Nah, tools adalah komponen yang berperan penting di dalamnya.

Adanya tools sebagai produk teknologi yang juga dikembangkan oleh manusia ini bahkan berhasil membuat orang bisa multitasking.  Tapi, apa sih sebenarnya tools itu? Fungsinya seperti apa? contoh realnya apa saja? Yuk simak selengkapnya di penjelasan berikut ini

Apa itu Tools?

Pengertian Tools dalam bahasa indonesia disebut juga dengan alat atau perkakas. Jadi tools adalah benda, peralatan, perkakas yang bisa memudahkan pekerjaan manusia sehari-harinya. Dan dari waktu ke waktu, tools berkembang dengan sangat pesat dimulai dari yang sederhana dan manual sampai sekarang sudah berbau teknologi dan serba otomatis.

Baca Juga: Pengertian Big Data dan Contohnya

Tools disebut sebagai salah satu tahap penting dalam sejarah evolusi manusia. Mengapa demikian? Karena penggunaan tools setiap zaman terus berkembang. Mulai dari tools sederhana yang ada di zaman purbakala, sampai sekarang zaman di mana manusia hidup berdampingan dengan teknologi. Kegunaan tools pun terus terupgrade, yakni semakin mempermudah.

Eits, tapi bukan hanya manusia lho yang bisa mengembangkan tools. Beberapa binatang bahkan menggunakan tools agar kehidupanya lebih mudah. Contonhnya monyet, berang-berang laut, dan beberapa macam burung.

Fungsi Tools Adalah

Secara luas, tools memiliki bebera fungsi. Ingin tahu apa saja fungsi dari tool? Di antaranya adalah:

1. Memudahkan pekerjaan

Seperti yang telah disebutkan tadi, tools adalah komponen yang bisa mempermudah perkerjaan manusia. Entah itu pekerjaan dalam rumah, kantor, maupun pekerjaan di luar ruangan.

Tools mampu menyederhanakan segala macam pekerjaan yang merepotkan. Misalnya pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci dan mengeringkan baju, menyapu, hingga memasak. Keberadaan tools dan kecanggihan teknologi membuat pekerjaan tersebut lebih ringan.

2. Melengkapi kebutuhan

Bukan hanya memudahkan, keberaan tools sebenarnya adalah kebutuhan untuk membuat keadaan menjadi lebih nyaman. Misalnya adanya peralatan kulkas untuk tempat penyimpanan bahan supaya lebih awet.

 Ada pula AC untuk mendinginkan ruangan agar tetap nyaman berada di dalam ruangan, lampu untuk menerangi ruang, gawai sebagai alat informasi, hingga beberapa jenis hand tool untuk keperluan otomotif

3. Media hiburan

Berbagai macam tools juga berfungsi sebagai media hiburan. Yang paling umum diguanakan sampai saat ini ialah smartphone dan televisi. Teknologi yang semakin canggih membuat manusia bisa menikmati hiburan dari berbagai negara.

Contoh Tools dimasa Sekarang

Supaya tidak bingung, berikut beberapa contoh tools yang perlu kamu tahu

1. Hand Tools

Hand tools merupakan jenis tools yang dalam pengoperasiannya mengandalkan tenaga manusia. Jenis tools ini biasanya dipakai untuk kegunaan otomotif untuk memudahkan pekerjaan mekanik. Misalnya memperbaiki motor atau mobil.

Contoh dari hand tools antara lain: kunci/spanne/wrench untuk memutar mur atau baut, obeng untuk mengencangkan atau membuka sekrup, tang untuk menjepit benda kerja, palu untuk memberikan tekanan benda kerja, dan lain sebagainya.

2. Power Tools

Berbeda dengan hand tools, power tools merupakan jenis alat yang mengandalkan tenaga luar selain manusia. Misalnya sumber tenaga listrik, hidrolik, mesin penggerak, dan lainnya.

Contohnya gerinda sebagai alat pemotong dengan sumber listrik, air chuck untuk mengisi angin ban, bor sebagai alat membuat lubang, dan masih banyak lagi.

3. Digital Marketing Tools

Merupakan alat yang digunakan mengembangkan produk dan layanan agar mudah dikenal masyarakat. Sesuai namanya, marketing dilakukan secara digital. Tools ini menjadi kebutuhan para digital marketing. Contohnya google analytics, google ads, facebook ads, twitter ads, hootsuite, dan tools riset keyword,

Baca Juga: Video Tiktok Lucu dan Seru di Internet

Segala macam jenis dan contoh tools di atas telah melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Karena itu, menggunakan tools adalah kebutuhan yang perlu dilakukan manusia agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress